Viral Video Mobil Wapres Ma'ruf Amin isi BBM Eceran Pakai Jeriken yang Bikin Geleng-geleng Kepala, Ini Penjelasan Istana...

Oleh : Candra Mata | Minggu, 12 Juli 2020 - 01:39 WIB

Viral Mobil Wapres Isu Bensin Eceran (ist)
Viral Mobil Wapres Isu Bensin Eceran (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Video Mobil dinas Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang sedang mengisi bahan bakar dengan menggunakan jeriken menjadi viral di berbagai platform sosial media. 

Video yang berdurasi 15 detik tersebut memperlihatkan sebuah mobil sedan hitam, dengan pelat merah bertuliskan INDONESIA 2 dan Bendera Merah Putih terpasang di depannya, tengah terparkir di sebuah jalan raya yang ramai

Dalam video itu, tampak seorang pria berpakaian batik coklat menuangkan isi jeriken abu-abu ke dalam lubang pengisian bahan bakar mobil sedan kenegaraan itu. Sejumlah pria berbatik juga terlihat memantau proses pengisian bahan bakar tersebut.

Dilansir dari Antara Sabtu malam (11/7), video itu diunggah oleh akun Man_lee di Youtube. 

"Mobil wapres ini kehabisan BBM saat setelah melakukan kunjungan ke pesantren asobariah, mobil wapres tersebut lupa untuk mengisi bahan bakar mobilnya !!!!!!!!!!" sebutnya. 

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar membantah kabar mobil dinas Wapres kehabisan bensin. 

Menurutnya rekaman peristiwa yang beredar tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli 2020.

Dikatakannya mobil VVIP yang sedang diisi bahan bakar minyak (BBM) dalam video itu, tidak sedang digunakan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam kunjungannya ke Sukabumi.

"Mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM itu berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," katanya beberapa waktu lalu. 

Oemar juga menjelaskan sudah menjadi ketentuan umum bila dalam setiap rangkaian kendaraan "very very important person" (VVIP), selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken yang ditempatkan di mobil teknisi.

Penyediaan BBM cadangan itu dimaksudkan sebagai antisipasi jika lokasi yang dikunjungi tersebut tidak memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) dengan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP. 

"Dalam video itu, bahan bakar dari jeriken yang diisi ke mobil VVIP tersebut merupakan BBM cadangan yang sebelumnya telah disiapkan, bukan bensin eceran seperti yang disebutkan dalam narasi dalam video tersebut," pungkasnya. 

"Jadi video yang beredar di platform Youtube yang menyatakan kendaraan dinas Wakil Presiden Ma'ruf Amin kehabisan bensin dan diisi dengan BBM eceran dalam kunjungannya ke Sukabumi adalah informasi yang keliru," jelas Kepala Sekretarias Wapres Mohammad Oemar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…