Prospek Industri Penerbangan Suram, United Airlines Bakal PHK 36 Ribu Karyawan

Oleh : Candra Mata | Minggu, 12 Juli 2020 - 00:05 WIB

Ilustraai United Airlines (ist)
Ilustraai United Airlines (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Maskapai United Airlines asal Amerika Serikat dikabarkan akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap separuh total pekerjanya atau sebesar 36. 000 karyawan dikarenakan penurunan penumpang sebesar 75 persen sebagai akibat dampak pandemi covid-19. 

“Di tengah krisis ini, kami menghitung jumlah tenaga kerja, dan akan menyesuaikan dengan permintaan perjalanan yang turun drastis. Di balik itu semua, kami terus berupaya agar United dan pekerja tetap bersama ketika pelanggan kembali terbang," kata Scott Kirby, CEO United Airlines dalam surat kepada pekerja dikutip dari BBC, pada Sabtu malam (11/7).

Menurutnya, pekerja yang menerima surat tersebut tak otomatis akan langsung terkena PHK. Perusahaan masih terus melihat dinamika di industri penerbangan. 

Sementara itu, Perhimpunan Pramugari Penerbangan AS (CWA) mengatakan PHK massal ini pukulan berat. Namun, United Airlines diyakini telah melakukan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan.

Sementara itu, Pemerintah AS telah menawarkan dana talangan USD50 miliar atau setara Rp720 triliun. Dana ini diberikan bagi maskapai yang tidak melakukan PHK atau memotong gaji pekerja hingga 30 September 2020. 

Hingga saat ini, United Airlines telah menerima dana sebesar USD5 miliar. Sebagai gantinya, maskapai tidak akan melakukan PHK sampai batas waktu tersebut.

Tercatat United Airlines adalah maskapai terbesar keempat di dunia dengan armada mencapai 765 unit di 2019, dengan total kapasitas 194 juta penumpang.

Selain United, American Airlines juga mengumumkan rencana PHK terhadap 8.000 pekerja yang mayoritas pramugari. Maskapai menilai, prospek penerbangan tahun depan masih suram.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:46 WIB

Triwulan III 2020, Regulator Jasa Keuangan Tetap Waspada Nasib Perekonomian

Memasuki triwulan III 2020, KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan di antara anggota KSSK dengan meningkatkan kewaspadaan mengantipasi dampak penyebaran Covid-19 yang masih tinggi terhadap…

Hadi Pranoto Temukan Obat Herbal Covid-19 (ist)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:00 WIB

Heboh Pengakuan Hadi Pranoto, Kemenkes Luruskan Informasi: Obat Covid-19 Harus Lewati Uji Ilmiah Sebelum Diproduksi dan Dipasarkan

Akhir akhir ini banyak pihak mengklaim telah menemukan obat COVID-19. Salah satunya informasi yang disampaikan oleh Hadi Pranoto yang mengaku sudah menemukan obat yang spesifik bisa menanggulangi…

Migas Ilustrasi

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:53 WIB

Seberapa Menarik Wilayah Kerja Migas Ditawarkan Cost Recovery atau Gross Split ?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menjaga agar aktivitas dan investasi hulu migas tetap berjalan optimal di tengah tantangan pandemi global dan penurunan harga minyak bumi…

MenkopUKM Teten Masduki saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Beringharjo Yogyakarta

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Omzetnya Turun 80%, MenkopUKM Teten Bakal Ringankan Cashflow para Pedagang Pasar Beringharjo

Sejumlah pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta mencurahkan isi hatinya di hadapan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:30 WIB

Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, IHSG Justru Berakhir Menguat 1,03 Persen

BPS merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2020 mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen dibading periode yangs ama pada tahun sebelumnya, justru perdagangan Indeks Harga Saham…