Prospek Industri Penerbangan Suram, United Airlines Bakal PHK 36 Ribu Karyawan

Oleh : Candra Mata | Minggu, 12 Juli 2020 - 00:05 WIB

Ilustraai United Airlines (ist)
Ilustraai United Airlines (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Maskapai United Airlines asal Amerika Serikat dikabarkan akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap separuh total pekerjanya atau sebesar 36. 000 karyawan dikarenakan penurunan penumpang sebesar 75 persen sebagai akibat dampak pandemi covid-19. 

“Di tengah krisis ini, kami menghitung jumlah tenaga kerja, dan akan menyesuaikan dengan permintaan perjalanan yang turun drastis. Di balik itu semua, kami terus berupaya agar United dan pekerja tetap bersama ketika pelanggan kembali terbang," kata Scott Kirby, CEO United Airlines dalam surat kepada pekerja dikutip dari BBC, pada Sabtu malam (11/7).

Menurutnya, pekerja yang menerima surat tersebut tak otomatis akan langsung terkena PHK. Perusahaan masih terus melihat dinamika di industri penerbangan. 

Sementara itu, Perhimpunan Pramugari Penerbangan AS (CWA) mengatakan PHK massal ini pukulan berat. Namun, United Airlines diyakini telah melakukan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan.

Sementara itu, Pemerintah AS telah menawarkan dana talangan USD50 miliar atau setara Rp720 triliun. Dana ini diberikan bagi maskapai yang tidak melakukan PHK atau memotong gaji pekerja hingga 30 September 2020. 

Hingga saat ini, United Airlines telah menerima dana sebesar USD5 miliar. Sebagai gantinya, maskapai tidak akan melakukan PHK sampai batas waktu tersebut.

Tercatat United Airlines adalah maskapai terbesar keempat di dunia dengan armada mencapai 765 unit di 2019, dengan total kapasitas 194 juta penumpang.

Selain United, American Airlines juga mengumumkan rencana PHK terhadap 8.000 pekerja yang mayoritas pramugari. Maskapai menilai, prospek penerbangan tahun depan masih suram.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembangunan sumur bor

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:56 WIB

Hingga 2020, Kementerian ESDM Klaim Telah Bangun Lebih Dari 3.404 Sumur Bor Air Bersih

Sepanjang tahun 2020, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengklaim telah membangun sumur bor air bersih di 556 titik di 177 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. …

Rs Rujukan Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:55 WIB

Kementerian PUPR Selesaikan Peningkatan Kapasitas Gedung Tiga RS Rujukan

Hingga akhir tahun 2020 terdapat tambahan tiga Rumah Sakit (RS) rujukan yang selesai pembangunan/renovasinya, yakni RS Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, RS Umum Daerah (RSUD) lr. Soekarno…

Pergudangan AP2 (Foto ist Ilustrasi)

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:30 WIB

Seluruh Peserta Lelang Pergudangan Kargo AP2 Mengundurkan Diri

Ini baru pertama kali dalam sejarah PT Angkasa Pura (AP) 2 (Persero). Seluruh peserta lelang pergudangan kargo yang telah mendaftar, Rabu 20/1, mengundurkan diri satu persatu secara terpisah.…

Sarang burung walet

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:04 WIB

Kementan Terus Dukung Ekspor SBW Lewat Syarat Sertifikat NKV

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), terus berupaya mendukung kegiatan ekspor Sarang Burung Walet (SBW) yang sejalan dengan…

Alat Berat Hutama Karya

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:00 WIB

Hutama Karya Terjunkan Alat Berat Pasca Bencana Sulawesi Barat

Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, mengungkapkan bahwa tim Hutama Karya di wilayah Sulawesi Barat yaitu dari proyek Bendungan Kalukku telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait…