Kabar Baik! Kepala BKPM Sebut Bulan Ini Akan Ada Groundbreaking Pabrik yang Relokasi ke Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 10 Juli 2020 - 09:10 WIB

Kepala BKPM Bahlil (ist)
Kepala BKPM Bahlil (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pada Juli 2020 dipastikan beberapa perusahaan akan meresmikan atau memulai pembangunan (groundbreaking) pabrik yang direlokasi dari negara lain ke Indonesia.

"Beberapa perusahaan itu akan memasuki fase ‘groundbreaking’ pada Juli 2020 ini, dan perusahaan tersebut telah memenuhi (syarat) dan kami fasilitasi mengenai lokasi investasinya," kata Bahlil di Kantor Presiden dalam konferensi pers reguler berbahasa Inggris di Jakarta (9/7/2020).

Beberapa perusahaan yang akan meletakkan batu pertama untuk pembangunan itu merupakan bagian dari 7 perusahaan yang memastikan untuk relokasi pabrik ke Indonesia pada Juni 2020.

Selain 7 perusahaan yang memastikan relokasi pabrik, kata Bahlil, terdapat 17 perusahaan mancanegara lainnya yang sedang intensif berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia untuk melakukan relokasi pabrik.

Progres ke-17 perusahaan tersebut untuk relokasi pabrik ke Tanah Air, kata Bahlil, sudah mencapai 80 persen. 

"Dan di 2020 ini, prosedur perizinan investasi mereka akan selesai," ujar dia.

Dari tujuh perusahaan yang dipastikan relokasi, pabriknya berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

Total keseluruhan nilai investasi dari ketujuh perusahaan tersebut adalah 850 juta dolar AS atau Rp11,9 triliun.

Ketujuh perusahaan itu adalah Alpan Lighting (PT CDS Asia) dari Amerika Serikat dengan bidang usaha industri lampu dengan tenaga surya, Sagami Electric (PT Sagami Indonesia) dari Jepang, bidang usaha industri komponen elektronika, Denso (PT Denso Indonesia) dari Jepang, bidang usaha industri suku cadang kendaraan bermotor.

Kemudian, Panasonic (PT Panasonic Manufacturing Indonesia) dari Jepang, bidang usaha industri barang elektronika. Meiloon (PT. Meiloon Technology Indonesia) dari Taiwan, bidang usaha industri speaker, audio dan video elektronik, Kenda Tire (PT. Kenda Rubber Indonesia) dari Taiwan, bidang usaha industri ban, dan LG Electronics (PT. LG Electronics Indonesia) dari Korea Selatan, bidang usaha industri perlengkapan elektronika.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Sumber Global Energy Tbk

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:10 WIB

PT Sumber Global Energy Tbk Raih Rp54 Miliar Dana IPO

PT Sumber Global Energy Tbk resmi menjadi perusahaan tercatat ke-35 sepanjang 2020 di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan perolehan dana IPO sebesar Rp54 miliar.

 PT Pegadaian (Persero)

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:02 WIB

Webinar Emas Merdeka Pegadaian Sukes Sedot 19.000 Peserta

Webinar yang bertajuk “Merdeka Finansial di Era New Normal” ini diadakan serentak di seluruh Indonesia dengan menghadirkan 12 Senior Vice President PT Pegadaian (Persero) dan 8 (delapan)…

Ilustrasi Investasi di Jakarta Selatan

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:02 WIB

Catat! Ini Fakta-fakta Jakarta Selatan Makin Seksi untuk Investasi

Realisasi investasi PMA dan PMDN berdasarkan wilayah kota administrasi, paling tinggi berada di Jakarta Selatan dengan total realisasi investasi sebesar Rp13,5 triliun.

Konstruksi Bendungan Tiu Suntuk

Senin, 10 Agustus 2020 - 10:53 WIB

Anggaran Mencapai Rp 1,41 Triliun, Konstruksi Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat Dimulai

Bendungan yang berada di wilayah Kecamatan Brang Ene ini dibangun dengan kapasitas 55,90 juta m3 untuk menambah jumlah tampungan air di Indonesia, khususnya di NTB sebagai salahsatu lumbung…

Pupuk Indonesia

Senin, 10 Agustus 2020 - 10:39 WIB

Pupuk Indonesia Tingkatkan GCG Lewat Sertifikasi Anti Suap

PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG). Salah satu caranya dengan melakukan…