Kabar Baik! Kepala BKPM Sebut Bulan Ini Akan Ada Groundbreaking Pabrik yang Relokasi ke Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 10 Juli 2020 - 09:10 WIB

Kepala BKPM Bahlil (ist)
Kepala BKPM Bahlil (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pada Juli 2020 dipastikan beberapa perusahaan akan meresmikan atau memulai pembangunan (groundbreaking) pabrik yang direlokasi dari negara lain ke Indonesia.

"Beberapa perusahaan itu akan memasuki fase ‘groundbreaking’ pada Juli 2020 ini, dan perusahaan tersebut telah memenuhi (syarat) dan kami fasilitasi mengenai lokasi investasinya," kata Bahlil di Kantor Presiden dalam konferensi pers reguler berbahasa Inggris di Jakarta (9/7/2020).

Beberapa perusahaan yang akan meletakkan batu pertama untuk pembangunan itu merupakan bagian dari 7 perusahaan yang memastikan untuk relokasi pabrik ke Indonesia pada Juni 2020.

Selain 7 perusahaan yang memastikan relokasi pabrik, kata Bahlil, terdapat 17 perusahaan mancanegara lainnya yang sedang intensif berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia untuk melakukan relokasi pabrik.

Progres ke-17 perusahaan tersebut untuk relokasi pabrik ke Tanah Air, kata Bahlil, sudah mencapai 80 persen. 

"Dan di 2020 ini, prosedur perizinan investasi mereka akan selesai," ujar dia.

Dari tujuh perusahaan yang dipastikan relokasi, pabriknya berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

Total keseluruhan nilai investasi dari ketujuh perusahaan tersebut adalah 850 juta dolar AS atau Rp11,9 triliun.

Ketujuh perusahaan itu adalah Alpan Lighting (PT CDS Asia) dari Amerika Serikat dengan bidang usaha industri lampu dengan tenaga surya, Sagami Electric (PT Sagami Indonesia) dari Jepang, bidang usaha industri komponen elektronika, Denso (PT Denso Indonesia) dari Jepang, bidang usaha industri suku cadang kendaraan bermotor.

Kemudian, Panasonic (PT Panasonic Manufacturing Indonesia) dari Jepang, bidang usaha industri barang elektronika. Meiloon (PT. Meiloon Technology Indonesia) dari Taiwan, bidang usaha industri speaker, audio dan video elektronik, Kenda Tire (PT. Kenda Rubber Indonesia) dari Taiwan, bidang usaha industri ban, dan LG Electronics (PT. LG Electronics Indonesia) dari Korea Selatan, bidang usaha industri perlengkapan elektronika.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.