Bank DBS Rilis Taksonomi Keuangan Berkelanjutan dan Transisi Pertama di Dunia

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 10 Juli 2020 - 08:15 WIB

Bank DBS Indonesia (Photo by DBS Bank)
Bank DBS Indonesia (Photo by DBS Bank)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai upaya DBS untuk bermitra dengan nasabah korporasi dari industri utama yang melakukan transisi menuju ekonomi rendah karbon (low-carbon economy), DBS menerbitkan Kerangka Kerja dan Taksonomi Transisi Keuangan Berkelanjutan (Sustainable and Transition Finance Framework and Taxonomy).

Kerangka Kerja dan Taksonomi Transisi Keuangan Berkelanjutan yang pertama di dunia oleh sebuah bank akan menjadi landasan untuk bekerja bersama nasabah korporasi yang sedang memperkuat agenda keberlanjutan mereka.

Taksonomi ini dimaksudkan sebagai acuan untuk memandu nasabah korporasi beradaptasi dan membangun ketahanan dalam menghadapi perubahan iklim, kelangkaan sumber daya dan mengatasi masalah kritis isu global seperti kesenjangan sosial.

Untuk mendorong transparansi yang lebih besar dalam kegiatan ekonomi berkelanjutan dan transisi ekonomi, taksonomi menguraikan cara DBS mengelola transaksi yang diklasifikasikan sebagai “Hijau”, “Transisi” dan/atau berkontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan PBB (UN SDGs).

Hal ini juga merangkum daftar yang luas terkait kegiatan ekonomi yang memenuhi syarat – seperti penggunaan plastik daur ulang untuk membuat pakaian, atau upgrade jaringan listrik untuk mengintegrasikan energi terbarukan yang terpisah-pisah.

“Pengenalan kerangka kerja ini menegaskan upaya bank DBS untuk memajukan pembangunan berkelanjutan dengan memfasilitasi kategorisasi, pemantauan dan pelaporan pembiayaan berkelanjutan tidak hanya di DBS tetapi juga di industri perbankan,” ujar Tan Su Shan, Group Head of Institutional Banking melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (10/7/2020).

“Sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan yang berkesinambungan, kami senantiasa berupaya agar bisnis kami memberikan dampak positif. Kerangka kerja ini  bukti nyata komitmen tersebut, dengan pendekatan komprehensif yang dirangkum tiga T - Transisi, Transaksi, dan Transparansi. Disamping pencapaian tujuan keberlanjutan DBSI, kami juga mendorong nasabah untuk bertransisi menuju efisiensi karbon dalam kegiatan operasional dengan mempertimbangkan keberlanjutan yang layak secara komersial,” lanjutnya.

“T” kedua adalah untuk transaksi keuangan berkelanjutan yang telah kami selesaikan. Sebagai catatan, kami membukukan dan mendapat mandat (closed and mandated) hampir 100 transaksi senilai SGD12 miliar  selama dua setengah tahun ini. “T” ketiga adalah penekanan atas transparansi. Kami terbuka untuk melakukan diskusi yang membangun terkait cara-cara mencapai pembangunan berkelanjutan sambil menciptakan nilai tambah bagi semua pihak,” tambahnya.

Dengan peluncuran taksonomi ini, DBS akan menjadi bank Singapura pertama yang menawarkan Pembiayaan Transisi (Transition Financing). DBS melakukan pendekatan ilmiah yang berhati-hati untuk mengevaluasi kualitas transisi kegiatan ekonomi dan apakah klien memiliki strategi untuk mengadaptasi bisnis guna tujuan Perjanjian Paris.

“Pembiayaan Transisi penting karena mencapai tujuan iklim memerlukan pengurangan  signifikan atas emisi karbon,” tutur Yulanda Chung, Head of Sustainability, Institutional Banking Group.

“Di banyak sektor, nasabah korporasi menyadari bahwa solusi pengurangan emisi karbon masih di tahap awal. Karenanya, solusi dengan skala yang memadai belum dapat dicapai karena kendala hambatan biaya dan teknologi,” ujarnya.

“Pembiayaan Transisi memiliki banyak interpretasi. Pada dasarnya kami tidak dapat mengabaikan nasabah korporasi yang beroperasi dalam kategori kurang ‘dark-green’ namun menjadi bagian utama ekonomi yang berperan membatasi kenaikan suhu di bawah 1,5 derajat. Setiap langkah transisi menuju pengurangan  emisi karbon, seiring waktu akan membuat perbedaan  signifikan secara kumulatif,” pungkasnya.

Pelaksanaan kerangka kerja ini akan melibatkan tata kelola dan proses pelaporan yang baik untuk transparansi. Kerangka ini memperoleh masukan CICERO Green yang memberikan pandangan tentang taksonomi ini dan memberikan tinjauan  umum dan kualitatif terhadap risiko dan tujuan iklim dan lingkungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…