Inovasi Informatika Indonesia Kembangkan Avvan untuk Mengelola MultiCloud

Oleh : Herry Barus | Kamis, 09 Juli 2020 - 13:30 WIB

Inovasi Informatika Indonesia
Inovasi Informatika Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta –Tren cloud  computingsemakin meningkat setiap tahun. Menurut Gartner, pada tahun 2020, sekitar 75% perusahaan akan menggunakan multicloudataupun hybrid  cloud. Angka tersebut diperkirakan akan bertambah pesat jika melihat disrupsi cara kerja perusahaan yang terjadi akibat pandemi dan persiapan New Normal saat ini.

Namun, mengoperasikan hybrid atau multi-cloud membutuhkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Perusahaan penyedia layanan IT, PT Inovasi Informatika Indonesia (i3) sebagai salah satu anak perusahaan Computrade Technology International (CTI Group)mengembangkan Avvan, sebuah platform yang digunakan untuk manajemen multicloud.

“Kami memilih mengembangkan Avvan agar lebih fleksibel sesuai kebutuhan perusahaan, lebih hemat biaya dan juga mudah digunakanoleh masing-masing pengguna.” ujar Ronny Christian, selaku Direktur Utama i3, Kamis (9/7/2020)

Avvan memudahkan pengguna untuk  mengelola private  cloud dan publiccloudseperti Alibaba, AWS, Azure, dan Google Cloud Platform, Openstack dan 10 cloudlainnyadalamsatu dashboardyang sama. Setelah terhubung ke Avvan, pengguna bisamemonitor langsungutilisasi, mengatur  sendiritampilan dasbor, menciptakan  automasialur  kerja, sertamenerapkan self-servicesehingga bisa menghemat waktu pengoperasian.

“Perusahaan yang menggunakan multicloudatau hybrid clouddapat menambahkan Avvan sebagai pendorong agar penggunatidak perlu repot untuk memahami banyak dashboard. Cukup dengan masuk keAvvan, perusahaan tersebut bisa mengaturbeberapa clouddalam satutampilan  yang  mudah  dimengerti serta  dilengkapidengan  fitur-fitur  administrasi instancesehari-hari.” jelas Ronny.

Penggunaan Lain

Penggunaan Avvan bisa membantu perusahaanyang berperan sebagai induk perusahaan atau holding  company. Mengelola dan menjalankan infrastruktur IT untuk tiap-tiap anak perusahaan di sebuah holding  companypasti membutuhkan pengeluaran berkala. Denganadanya Avvan, ini sebuah holding  companydapat menjembatani manajemen IT ke semua anak perusahaan dengan mudah dan bisa langsung memantau laporan biaya penggunaannya.

“Divisi IT seharusnya bukan lagi menjadi bagian dari perusahaan yang cost centricatau divisi yang membutuhkan biaya pengeluaran secara terus menerus dengan pengadaan softwaremaupun hardware.Padahal dengan Avvan, divisi IT juga bisa berperan sebagai sumber penghasilan bagi perusahaan, khususnya induk perusahaan karena hanya butuh satu data centerterpusat yang kemudian tinggal mendistribusikanresourceIT data  center-nya ke semua anak perusahaan sesuai kebutuhan. Lalu laporan biaya penggunaannya pun bisa dicatat dalam bentuk invoicetiap bulan untuk ditagih terhadap tiap-tiap anak perusahaanagar menjadi biaya pemasukan bagi si holding company.”jelas Ronnylagi.

Fitur UtamaAvvanAvvan bisa di integrasikan ke 15 provider private dan public cloud(Alibaba Cloud, AWS, GCP, Azure, Openstack, VMware vSphere, vCloud, KVM, Docker, Kubevirt, dll).Dapat memberikan forecastingpengeluaran terhadap penggunaan resourcedengan cost constrain.

Self-servicedan dapat dengan mudah menjalankan beberapa taskdengan scriptatau schedullingterhadap resourceVM  sehingga  mempermudah  kinerja system administrator.Dilengkapi dengan monitoringalertingterhadap resourceyang ingin dikelola.

“Harapan kami, Avvan menjadiplatformyang bisaterus dikembangkan dan memenuhi kebutuhan dari pengguna multicloud. Oleh karena itu,kami dari i3 juga menyediakan full support24x7 dari tenaga lokal agar Avvan bisa terus bekerja secara optimal.” tutup Ronny

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CFLD Kembangkan Kawasan Industri Strategis

Selasa, 27 Oktober 2020 - 22:23 WIB

CFLD Kembangkan Kawasan Industri Strategis

CFLD menjabarkan data investasi langsung oleh Korea Selatan di Indonesia yang menempati posisi ke-5 sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 kuartal ke-2, dimana 60 persen dari investasi ini terletak…

 Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo) RI, Widodo Muktiyo, mengatakan PR adalah jantung organisasi yang berperan menstimulasi publik dengan informasi.

Selasa, 27 Oktober 2020 - 19:50 WIB

Pandemi Hantam Dunia PR! Namun Sejumlah Perusahaan Ini Sukses Meningkatkan Kepercayaan Publik Sehingga Meraih TPR Award 2020

Jakarta -- Komunikasi menjadi Kunci dalam penyelenggaraan pelayanan publik bagi sebuah institusi maupun perusahaan. Guna membangun dan meningkatkan kepercayaan publik

Ilustrasi ekonomi

Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:23 WIB

Ekonomi Kolaboratif Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi COVID-19

Ekonomi kolaboratif, atau yang kita kenal juga dengan sebutan ekonomi Pancasila, ternyata dapat menjadi solusi bagi Indonesia, juga bagi negara-negara lain di dunia, untuk keluar dari jurang…

Program Beauty For A Better Life L’oréal Indonesia

Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:15 WIB

Program Beauty For A Better Life L’oréal Indonesia, Memberdayakan Perempuan untuk Mengatasi Tantangan Dunia Melalui Pelatihan Kecantikan

program BFBL L’Oréal Indonesia di selenggarakan bekerja sama dengan mitra NGO yakni Yayasan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan CSR Jababeka.

Mochamad Iriawan, Ketum PSSI

Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:00 WIB

Harapan PSSI-Kemenpora Agar Kompetisi Segera Bergulir

Mochamad Iriawan menyampaikan pemaparannya mengenai road map persiapan Tim Nasional Indonesia U-19 yang nantinya akan bermain di Piala Dunia U-20 tahun 2021, yang sudah dilakukan dan yang nantinya…