Inovasi Informatika Indonesia Kembangkan Avvan untuk Mengelola MultiCloud

Oleh : Herry Barus | Kamis, 09 Juli 2020 - 13:30 WIB

Inovasi Informatika Indonesia
Inovasi Informatika Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta –Tren cloud  computingsemakin meningkat setiap tahun. Menurut Gartner, pada tahun 2020, sekitar 75% perusahaan akan menggunakan multicloudataupun hybrid  cloud. Angka tersebut diperkirakan akan bertambah pesat jika melihat disrupsi cara kerja perusahaan yang terjadi akibat pandemi dan persiapan New Normal saat ini.

Namun, mengoperasikan hybrid atau multi-cloud membutuhkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Perusahaan penyedia layanan IT, PT Inovasi Informatika Indonesia (i3) sebagai salah satu anak perusahaan Computrade Technology International (CTI Group)mengembangkan Avvan, sebuah platform yang digunakan untuk manajemen multicloud.

“Kami memilih mengembangkan Avvan agar lebih fleksibel sesuai kebutuhan perusahaan, lebih hemat biaya dan juga mudah digunakanoleh masing-masing pengguna.” ujar Ronny Christian, selaku Direktur Utama i3, Kamis (9/7/2020)

Avvan memudahkan pengguna untuk  mengelola private  cloud dan publiccloudseperti Alibaba, AWS, Azure, dan Google Cloud Platform, Openstack dan 10 cloudlainnyadalamsatu dashboardyang sama. Setelah terhubung ke Avvan, pengguna bisamemonitor langsungutilisasi, mengatur  sendiritampilan dasbor, menciptakan  automasialur  kerja, sertamenerapkan self-servicesehingga bisa menghemat waktu pengoperasian.

“Perusahaan yang menggunakan multicloudatau hybrid clouddapat menambahkan Avvan sebagai pendorong agar penggunatidak perlu repot untuk memahami banyak dashboard. Cukup dengan masuk keAvvan, perusahaan tersebut bisa mengaturbeberapa clouddalam satutampilan  yang  mudah  dimengerti serta  dilengkapidengan  fitur-fitur  administrasi instancesehari-hari.” jelas Ronny.

Penggunaan Lain

Penggunaan Avvan bisa membantu perusahaanyang berperan sebagai induk perusahaan atau holding  company. Mengelola dan menjalankan infrastruktur IT untuk tiap-tiap anak perusahaan di sebuah holding  companypasti membutuhkan pengeluaran berkala. Denganadanya Avvan, ini sebuah holding  companydapat menjembatani manajemen IT ke semua anak perusahaan dengan mudah dan bisa langsung memantau laporan biaya penggunaannya.

“Divisi IT seharusnya bukan lagi menjadi bagian dari perusahaan yang cost centricatau divisi yang membutuhkan biaya pengeluaran secara terus menerus dengan pengadaan softwaremaupun hardware.Padahal dengan Avvan, divisi IT juga bisa berperan sebagai sumber penghasilan bagi perusahaan, khususnya induk perusahaan karena hanya butuh satu data centerterpusat yang kemudian tinggal mendistribusikanresourceIT data  center-nya ke semua anak perusahaan sesuai kebutuhan. Lalu laporan biaya penggunaannya pun bisa dicatat dalam bentuk invoicetiap bulan untuk ditagih terhadap tiap-tiap anak perusahaanagar menjadi biaya pemasukan bagi si holding company.”jelas Ronnylagi.

Fitur UtamaAvvanAvvan bisa di integrasikan ke 15 provider private dan public cloud(Alibaba Cloud, AWS, GCP, Azure, Openstack, VMware vSphere, vCloud, KVM, Docker, Kubevirt, dll).Dapat memberikan forecastingpengeluaran terhadap penggunaan resourcedengan cost constrain.

Self-servicedan dapat dengan mudah menjalankan beberapa taskdengan scriptatau schedullingterhadap resourceVM  sehingga  mempermudah  kinerja system administrator.Dilengkapi dengan monitoringalertingterhadap resourceyang ingin dikelola.

“Harapan kami, Avvan menjadiplatformyang bisaterus dikembangkan dan memenuhi kebutuhan dari pengguna multicloud. Oleh karena itu,kami dari i3 juga menyediakan full support24x7 dari tenaga lokal agar Avvan bisa terus bekerja secara optimal.” tutup Ronny

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…