Anak Buah Mendag Jajaki Ekspor Produk Kebersihan di Filipina Secara Virtual

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 09 Juli 2020 - 11:15 WIB

Business Matching Virtual
Business Matching Virtual

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perdagangan melalui Atase Perdagangan Manila menggelar penjajakan kesepatan dagang (business matching) secara virtual untuk menggenjot ekspor produk kebersihan di Filipina. Business matching virtual yang berlangsung pada Kamis (11/6) ini merupakan salah satu terobosan Kementerian Perdagangan di tengah pandemi Covid-19.

“Kejelian dan inovasi adalah salah satu kunci untuk menggenjot kinerja ekspor nasional di tengah kondisi perekonomian dunia yang terdampak wabah Covid-19. Business matching virtual yang dilakukan perwakilan perdagangan di luar negeri menunjukkan Kemendag mengerahkan segala upaya untuk mendorong ekspor,” jelas Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kasan melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Rabu (8/7/2020).

Atase Perdagangan Manila, Lazuardi menyampaikan, saat ini impor Filipina dari dunia untuk produk sabun cuci meningkat cukup signifikan. Berdasarkan data Philippines Statistic Authority (PSA), terjadi peningkatan impor sabun cuci Filipina dari dunia sebesar USD 37,4 juta atau meningkat sebesar 27 persen pada kuartal I tahun 2020. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

"Kenaikan impor sabun cuci Filipina tersebut juga dikarenakan meningkatnya kesadaran warga Filipina akan pentingnya kebersihan di tengah pandemi Covid-19. Hal itu menunjukkan adanya peluang pasar yang besar bagi produk Indonesia di Filipina, khususnya untuk sabun cuci. Peluang inilah yang harus kita manfaatkan semaksimal mungkin," jelas Lazuardi.

Menurut Lazuardi, business matching tersebut menghasilkan pemesanan awal produk sabun cuci sebanyak lima kontainer atau senilai USD 85 ribu. Kesepakatan tersebut terjadi antara perusahaan Indonesia PT Indokemika Jayatama dan perusahaan Filipina Arvin International Marketing Inc.

Selain itu, business matching juga berhasil mempertemukan PT Indomop Multi Makmur dengan City Hardware di Filipina. PT Indomop Multi Makmur merupakan eksportir Indonesia alat kebersihan, seperti sapu, alat pel, dan sikat. Sedangkan, City Hardware merupakan salah satu toko ritel konstruksi dan bahan bangunan terbesar di Filipina yang memiliki 70 toko ritel.

PT Indomop Multi Makmur secara rutin mengekspor berbagai alat kebersihan ritel HomeAid Philippines sejak 2007. HomeAid Philippines adalah perusahaan yang menyuplai bahan bangunan di wilayah Metro Manila, Filipina. Nilai ekspor PT Indomop Multi Makmur mencapai USD 40 ribu-USD 60 ribu per tahun.

Pangsa pasar produk sabun cuci Indonesia ke Filipina pada akuartal I 2020 sebesar 31,64 persen. Sementara nilai ekspornya di kuartal yang sama mencapai USD 9,3 juta, meningkat 21,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar USD 7,6 juta. Khusus untuk produk sapu, alat pel, dan sikat kenaikannya mencapai USD 193 juta atau sebesar 82,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu sebesar USD 105 juta.

"Kami harap, para pelaku usaha dapat memanfaatkan momentum meningkatnya permintaan produk kebersihan di Filipina untuk melakukan ekspansi di pasar Filipina," pungkas Lazuardi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…