Syarat Belum Dipenuhi, Surat Kuasa PT Tech Data Tidak Sah

Oleh : Herry Barus | Kamis, 09 Juli 2020 - 09:00 WIB

Syarat Belum Dipenuhi, Surat Kuasa PT Tech Data Tidak Sah
Syarat Belum Dipenuhi, Surat Kuasa PT Tech Data Tidak Sah

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengadilan Hubungan Industrial menggelar sidang lanjutan perkara PHK sepihak PT Tech Data Advanced Solutions Indonesia dengan agenda tambahan bukti surat penggugat dan bukti surat tergugat. 

Tim kuasa hukum tergugat menyerahkan bukti surat sebanyak 76 lembar sementara pihak penggugat juga menyerahkan bukti surat tambahan yang dalam sidang sebelumnya dinyatakan belum lengkap. 

"Menyerahkan bukti surat. Kita lihat benar tidak (bukti surat tambahan penggugat)," kata Edward Sinaga selaku kuasa hukum tergugat usai persidangan PHI di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2020). 

Setelah pemeriksaan tambahan bukti surat pihak penggugat dan bukti surat tergugat selesai, kuasa hukum penggugat menanyakan surat kuasa penggugat sudah didaftarkan yang dinyatakan kuasa hukum penggugat bahwa sudah mendaftarkan. 

Kemudian ketua majelis hakim meminta untuk diperlihatkan di persidangan dan meminta kuasa hukum pihak tergugat melihatnya. 

Pada kenyataannya, surat kuasa didaftarkan pada tanggal 14 April bukan di antara 1-8 Juli sebagaimana arahan majelis hakim. 

"Surat kuasa tadi tidak memenuhi syarat karena didaftar belum ada legalisasi. Sementara yang tadi diperiksa legalisasinya masih tanggal 14 April 2020, mestinya antara tanggal 1-8 Juli 2020," jelas kuasa hukum tergugat Yanto Robert.

Majelis hakim telah meminta penggugat untuk mendaftarkan kembali surat kuasa beserta legalisasinya, namun pihak penggugat tak mengindahkan syarat tersebut. 

"Kemudian tadi pas kita periksa pendaftarannya 14 April 2020. Aneh saja rasanya," nilai Edward Sinaga. 

Sebab surat kuasa yang didaftarkan pertama itu belum dilengkapi legalisasi petinggi PT Tech Data Advandced Solutions Indonesia yang sedang berada di luar negeri. 

"Kalau pakai yang lama belum ada surat legalisasi dari Amerika," kata Edward Sinaga. 

Maka itu, surat kuasa penggugat tersebut tidak memenuhi syarat berdasarkan Lampiran Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 09/A/KP/XII/2006/01 sehingga disebut tidak sah.

"Jadi tetap gugatannya itu tidak sah karena syaratnya belum dipenuhi lampiran dalam peraturan menteri luar negeri," terang Yanto Robert. 

Majelis hakim memutuskan menggelar kembali sidang pada 15 Juli dengan agenda tambahan bukti surat dari tergugat dan mendengarkan keterangan saksi dari penggugat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tilang oleh Polisi Lalulintas

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:28 WIB

Catat! Kena Tilang Ganjil Genap di Denda Rp500 Ribu, Pelanggar: Saya Gak Tahu Jalan dari Bandung ke Jakarta, Padahal Udah Liat Google Maps

Wakil Kasat Lantas Polrestro Jaktim Kompol Maulana mengatakan di hari pertama sanksi tilang terhadap pelanggar ketentuan ganjil-genap di Jakarta Timur didominasi oleh pengendara dari luar wilayah…

PT Sumber Global Energy Tbk

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:10 WIB

PT Sumber Global Energy Tbk Raih Rp54 Miliar Dana IPO

PT Sumber Global Energy Tbk resmi menjadi perusahaan tercatat ke-35 sepanjang 2020 di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan perolehan dana IPO sebesar Rp54 miliar.

 PT Pegadaian (Persero)

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:02 WIB

Webinar Emas Merdeka Pegadaian Sukes Sedot 19.000 Peserta

Webinar yang bertajuk “Merdeka Finansial di Era New Normal” ini diadakan serentak di seluruh Indonesia dengan menghadirkan 12 Senior Vice President PT Pegadaian (Persero) dan 8 (delapan)…

Ilustrasi Investasi di Jakarta Selatan

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:02 WIB

Catat! Ini Fakta-fakta Jakarta Selatan Makin Seksi untuk Investasi

Realisasi investasi PMA dan PMDN berdasarkan wilayah kota administrasi, paling tinggi berada di Jakarta Selatan dengan total realisasi investasi sebesar Rp13,5 triliun.

Konstruksi Bendungan Tiu Suntuk

Senin, 10 Agustus 2020 - 10:53 WIB

Anggaran Mencapai Rp 1,41 Triliun, Konstruksi Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat Dimulai

Bendungan yang berada di wilayah Kecamatan Brang Ene ini dibangun dengan kapasitas 55,90 juta m3 untuk menambah jumlah tampungan air di Indonesia, khususnya di NTB sebagai salahsatu lumbung…