Pekan Sains Teknologi dan Aktualisasi Mahasiswa Daring UNJ 2020 Tingkatkan Daya Saing

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 Juli 2020 - 14:00 WIB

Universitas Negeri Jakarta
Universitas Negeri Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Pesta daring Universitas Negeri Jakarta 2020 secara resmi di buka oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta Dr. Komarudin, M.Si pada hari Senin 6 Juli 2020. Acara di mulai pada pukul 10.00 Wib melalui media zoom sebagai sarana tatap muka dengan system maya dikarenakan kondisi pandemic yang sedang terjadi di seluruh penjuru dunia.

Acara di pandu oleh Bazuri Fadillah Amin M.Pd sebagai host dengan rangkaian acara menyanyikan lagu Indonesia raya, menyanyikan Mars UNJ dan dilanjutkan pembacaan doa oleh ust Hendrayanto Ch.

UNJ menjadi promotor pelaksanaan pesta daring dengan 15 mata lomba dan total hadiah lima puluh juta rupiah. Adapun kegiatan yang di laksanakan adalah sebagai berikut, 1. Seminar Nasional Kebangsaan, 2.Musabaqah Tilawatil Quran, 3. IoT Development Competition, 4.Music Collaboration Challenges, 5.Enterpreneur Challenge : UNJ Solve-A-Thon, 6.Podcast Competition, 7.Photo Competition, 8.Essay Competition, 9.Live Quiz, 10.Open Networking Competition, 11.Web Development Competition, 12.Hacking Games Competition, 13.Distance Learning Vidio Competition, 14.E-Sport Competition, 15.Dance Competition. Kegiatan ini dilaksanakan  untuk menjadi sebuah pembelajaran untuk tetap berkompetisi di tengah pandemic yang sedang terjadi dengan peserta mahasiswa maupun pelajar se-Indonesia.

Wakil Rektor III Universitas Negeri Jakarta Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si. melalui sambutannya menyampaikan bahwa Pesta daring UNJ sendiri dilaksanakan pada tanggal 21 mei – 20 Juli 2020 dan diikuti oleh 4.475 peserta yang mewakili perguruan tinggi diberbagai Provinsi Se-Indonesia. Kegiatan pesta daring UNJ dilaksanakan secara gratis dan memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah. Kegiatan ini  dilaksanakan sebagai wadah kompetitif bagi para mahasiswa dan pelajar ditengah situasi pandemi saat ini,  Wakil Rektor III Universitas Negeri Jakarta bertekad untuk menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin dan berharap kegiatan Pesta Daring UNJ tahun 2020 bisa mendapatkan rekomendasi kegiatan dari Pusat Prestasi Nasional  Kemendikbud RI.

Meski kita terbatas oleh ruang tapi semangat kita untuk saling berbagi merupakan karunia dari Allah Subhana Wataala Dr. Encik Akhmad Syaifudin. M.P Selaku Lurah Forum Komunikasi Kemahasiswaan. Beliau menyampaikan bahwa Universitas Negeri Jakarta telah memberikan terobosan dengan mengakomodasi potensi mahasiswa. Kegiatan yang dilaksanakan ini bukan hanya antar mahasiswa yang ada di UNJ akan tetapi kegiatan ini memfasilitasi mahasiswa se-Indonesia bahkan beberapa mata lomba dilaksanakan di tingkat pelajar.

Ini merupakan sebuah hal yang bagus dimana seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia bahkan dunia sedang menghadapi pandemic Covid-19 yang menjadikan kita terhalang untuk melakukan berbagai aktifitas yang ada. Kegiatan pesta daring yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Jakarta menjadi penyemangat kita semua untuk tetap produkrif dan tetap berprestasi dalam berbagai situasi yang ada termasuk situasi yang sulit seperti saat ini.

Diharapkan kegiatan ini dapat mengakomodasi potensi mahasiswa yang ada di Indonesia dan menjadi penyemangat untuk memotivasi kita agar tetap mengasah kreatifitas dalam  berbagai situasi dan kondisi.

Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si mengapresiasi kegiatan pesta daring yang di laksanakan oleh Universitas Negeri Jakarta dan menjadi wadah untuk membangun semangat Mahasiswa untuk tetap berprestasi ditengah situasi yang sedang terjadi. Ini merupakan sebuah adaptasi kebiasaan berprestasi baru yang mulai kita biasakan guna menyesuaikan kondisi yang sedang terjadi saat ini. Situasi saat ini sangat relevan dengan hastag coach indra sjafri semangat pantang menyedah dan tetap berprestasi dari rumah. Ini menjadi acuan kita untuk tidak menyerah pada kondisi yang sedang terjadi saat ini dan diharapkan kegiatan pesta daring UNJ 2020 menjadi jejak digital bahwa kita pernah menempuh jalan terjal untuk tetap berprestasi ditengah kondisi Covid-19.

“Kita tidak boleh terus murung dan kita tidak boleh terus bergundah gulana dan kita harus terus semangat dan tetap berjuang “ujar Dr. Komarudin M.Si (Rektor Universitas Negeri Jakarta)”.

Sejalan dengan tujuan Pusat Prestasi Nasional kegiatan ini juga menjadi bukti kreatifitas Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Jakarta yakni merdeka belajar. Dimana kegiatan ini akan menciptakan rasa aman dan nyaman untuk tetap berprestasi tanpa khawatir tepapar Virus Covid-19 yang sedang meningkat di berbagai negara di dunia. Dengan kegiatan ini mahasiwa tidak diberikan kesempatan untuk berhenti berprestasi shingga mahasiswa akan terus berpikir kreatiif dan mengasah kreatifias serta kemampuan untuk dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Dengan dilaksanakannya Pesta Daring UNJ 2020 diharapkan dapat menjadi wadah untuk mahasiswa agar terus berkarya dan tidak berhenti berkompetisi guna meningkatkan daya saing mahasiswa Indonesia diantara bangsa-bangsa lain.

Dan diharapkan pelaksanaan pesta dari UNJ 2020 menjadi sebuah kenangan bahwa kreatifitas tidak terhalan oleh keadaan dan kita harus tetap belajar dalan situasi dan kondisi apapun. Terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan Pembukaan Pesta daring UNJ 2020 dan semoga kegiatan ini terselenggara sepenuhnya tanpa adanya halangan dan dapat diselesaikan dengan memuaskan sehingga setiap peserta yang mengikuti kegiatan pesta daring UNJ 2020 merasa puas dan nyaman dan mendapatkan pengalaman baru karena telah suskses berkompetisi di tengah kondisi Covid-19 yang sedang terjadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mencoba alsintan di lahan pertanian

Kamis, 13 Agustus 2020 - 23:18 WIB

Petani Blitar Diingatkan, Tanaman Jagung Sangat Menjanjikan

Seiring dengan masuknya musim hujan di beberapa wilayah sentra produksi, Kementerian Pertanian (Kementan) mulai melakukan gerakan tanam jagung. Kali ini, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo…

Bank BTN merancang berbagai produk dan program perbankan mulai dari tabungan, kredit, hingga layanan transaksi digital untuk membantu milenial mempersiapkan masa depan

Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:48 WIB

Pandemi Covid-19 Ajarkan Banyak Hal, Bos BTN: Hidup Gak Cuma Tentang Hari Ini

Jakarta-Fokus untuk tetap memberikan layanan terbaik di tengah pandemi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyiapkan berbagai produk dan program perbankan untuk membantu masyarakat khususnya…

IHSG Zona Merah (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:32 WIB

IHSG Ditutup Melemah ke Level 5.239 Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada akhir perdagangan Kamis (13/8/2020), pasar modal Indonesia ditutup turun 5,8 poin atau 0,11% ke 5.239,25 atau 5.239. 182 saham menguat,…

Dirut Bank BRI Sunarso (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:15 WIB

Horee...4,3 Juta Nasabah BRI Bakal Dapat BLT UMKM Senilai Rp2,4 Juta

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso mengatakan¬†4,3 Juta nasabah BRI Akan menerima bantuan UMKM Sebesar Rp2,4 Juta. Menurut Sunarso, potensi menjadi penerima bantuan tersebut karena…

Dirjen PKH Nasrullah berkunjung ke Pusvetma (Doc: Kementan)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:12 WIB

Ditjen PKH Kementan Berharap Pusvetma Jadi BLU Terbaik

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Ir. Nasrullah, M.S melakukan kunjungan kerja ke Pusat Veteriner Farma (Pusvetma). Bagi Pusvetma…