Ini Beragam Jenis Pipa HDPE Lengkap dengan Penggunaanya

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Juli 2020 - 13:08 WIB

Pipa HDPE
Pipa HDPE

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Beragam jenis pipa banyak ditawarkan di pasaran. Namun salah satu yang cukup difavoritkan dan banyak dipilih keluarga atau rumah tangga adalah jenis pipa HDPE. HDPE sendiri merupakan singkatan dari High Density Polyethylene.

Banyak sekali keunggulan yang ditawarkannya, mulai dari bobotnya yang ringan, memenuhi standar food grade dan ramah lingkungan, sampai dengan penggunaanya yang begitu awet mencapai 50 tahun.

Ada beberapa jenis pipa HDPE yang ditawarkan di pasaran. Mungkin ada beberapa yang sudah familiar, ada pula yang belum. Ada apa saja jenisnya? Mari simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini.

Jenis Pipa HDPE Berdasarkan Bentuk yang Ditawarkan

Ada empat jenis pipa HDPE jika berdasarkan bentuknya, yakni batang, corrugated, spiral dan roll. Tentu saja, bentuk yang berbeda akan memudahkan dalam proses pemasangan atau juga pengangkutan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pastinya harga pipa HDPE akan berbeda mengikuti bentuk dan kegunaannya. Mari kita bahas satu per satu untuk lebih mendalaminya.

• Pipa HDPE Batang

Bentuk yang paling umum dan familiar adalah batang. Jenis ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan. Panjangnya sendiri mencapai 6 meter setiap batangnya. Namun ada juga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, panjangnya sendiri bisa mencapai 12 meter. Untuk proses penyambungannya menggunakan welding machine, menerapkan metode butt fusion. Jenis ini banyak digunakan untuk pipa air dan gas.

• Pipa HDPE Corrugated

Selanjutnya ada pipa HDPE corrugated yang memiliki bentuk bergelang-gelang. Bukan tanpa alasan, desain tersebut untuk membuat pipa lebih kuat dalam menahan pergeseran atau getaran tanah. Kebanyakan jenis pipa satu ini dimanfaatkan untuk bawah tanah seperti halnya kabel optik, pelindung listrik kabel, drainase, sehingga memerlukan bahan yang ringan, kuat, dan tahan kerusakan.

• Pipa HDPE Spiral

Jika dilihat sekilas, bentuk pipa spiral in akan menyerupai corrugated, namun cukup berbeda. Dinding luarnya berbentuk spiral dengan bahan polypropylene yang membuat ketahanannya sangat kuat. Ukurannya tersedia dalam bentuk 300-400 mm. Jenis ini banyak digunakan untuk pembuangan, pipa area rawan gempa, dan lain-lain.

• Pipa HDPE Roll

Disebut juga dengan pipa coil, jenis ini sangat mudah dalam hal instalasi atau pemasangan. Tidak hanya itu saja, bentuknya yang roll juga memudahkan dalam proses pengakutan, jadi meski dengan kendaraan kecil saja sudah bisa. Diameternya tersedia 1.2 inch sampai 4 inch. Panjangnya 50 meter-100 meter. Salah satu fungsinya untuk menyalurkan air bersih ke rumah-rumah.
Jenis Pipa HDPE Berdasarkan Kebutuhan Tekanan

Selain berdasarkan bentuknya, pipa HDPE juga dibagi ke dalam beberapa jenis jika didasarkan pada kebutuhan tekanan atau pressure nominal (PN). Beda tekanan, berbeda pula fungsinya. Berikut ini rinciannya;

• Pipa HDPE PN-6,3

Mulai dari tekanan yang terendah ada pipa HDPE PN-6,3, ukurannya tersedia 3-24 inch. Bentuknya tipis, karena itulah tidak tersedia dalam bentuk roll. Biasanya pipa jenis ini akan digunakan untuk saluran air bersih di rumah tangga, pertambangan serta kebutuhan perkebunan. Tidak cocok untuk keperluan yang besar.

• Pipa PE-100 PN-8

Jika membutuhkan pipa HDPE dengan tekanan yang agak besar, jenis ini bisa dipilih. Ini merupakan pipa tertipis kedua setelah PN 6,3. Ukurannya ditawarkan dalam ukuran 2,5-24 inch. Cocok sebagai saluran air bertekanan rendah, hanya 8kg/cm2 atau 8 bar.

• Pipa HDPE PN-10

Jenis pipa satu ini termasuk yang paling banyak digunakan di antara lainnya. Bisa menampung tekanan sekitar 10kg/cm2. Diameternya 1.5-24 inch. Jenis ini paling banyak ditawarkan di pasar, karena itulah bisa dibilang stoknya melimpah. Cocok untuk semua jenis instalasi air serta penyambungan dengan pipa lainnya.

• Pipa PE-100 PN-12,5

Bisa menampung tekanan lebih dari 10kg/cm2, pipa jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk saluran air yang berada di perkotaan dan daerah yang memiliki kontur tanah sulit. Bisa juga untuk saluran air di pertambangan. Tingkat kekuatannya adalah 12,5kg/cm2 atau 12 bar. Sementara untuk bentuknya, tersedia batang atau roll dengan ukuran tertentu.

• Pipa HDPE PN-16

Pipa HDPE dengan tekanan yang paling besar mencapai 16kg/cm2 atau 16 bar. Diameter yang ditawarkan 0,2-24 inch. Tersedia dalam bentuk roll dan juga batang. Jenis pipa ini banyak dimanfaatkan untuk saluran air dingin atau panas bertekanan tinggi.

Selain memiliki banyak keunggulan, pipa HDPE juga menawarkan berbagai jenisnya yang sesuai dengan fungsi masing-masing. Jadi jika berniat untuk membeli pipa, ada baiknya untuk memahaminya terlebih dahulu supaya tidak salah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:30 WIB

20,48 Persen Laba Bersih 2019 Semen Baturaja Dibagikan Sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Para pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR), sebuah BUMN industri semen di Sumatera Selatan, dalam Rapat Umum Pemegang Sahan Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (05/08/2020),…

Lintasarta Raih Penghargaan Secure SD-WAN Excellence Award

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:27 WIB

Diakui Dunia Internasional, Perusahaan ICT Nasional Ini Raih Penghargaan Sistem Keamanan Siber Terbaik Kelas Dunia

Jakarta–Perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions, Lintasarta, dinobatkan sebagai penyedia jasa SD-WAN dengan sistem keamanan terbaik oleh perusahaan multi…

Pengendalian hama lewat penyemprotan

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:08 WIB

Wuih, Penyemprotan Basmi Hama di Tanjab Timur

Pertengahan Juli lalu petani bersama dengan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) melakukan pengamatan rutin di area pertanaman padi Desa Simpang Datuk, Kecamatan Nipah Panjang,…

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 18:49 WIB

Petani Kena Pajak PPN yang Beromzet Rp4,8 Miliar

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (Kepala BKF) Febrio Kacaribu mengatakan kontribusi sektor pertanian sangat besar bagi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, rata-rata sebesar 13%. Namun, kontribusi…

tinplate/ iluastrasi

Kamis, 06 Agustus 2020 - 18:33 WIB

Leader dalam Pasar Tinplate! Latinusa Bakal Pertahankan Pangsa Pasar di atas 60% Tahun Ini

Jakarta-Presiden Direktur PT Pelat Timah Nusantara Tbk (Latinusa) Jetrinaldi, dalam paparan publiknya, di Jakarta, Kamis (6/8/2020), mengatakan, produsen tunggal produk tinplate, PT Pelat Timah…