Sejumlah Kawasan 'Antre' Jadi Kawasan Industi Halal, Lima Sudah Ajukan ke Kemenperin

Oleh : Ridwan | Selasa, 07 Juli 2020 - 09:20 WIB

Kawasan Industri Halal (Ist)
Kawasan Industri Halal (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian No 17 Tahun 2020 mengenai Tata Cara Memperoleh Surat Keterangan Dalam Rangka Pembentukan Kawasan Industri Halal.

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Afdhal Aliasar mengungkapkan sekarang ini sudah ada lima kawasan industri yang menyampaikan permintaannya mengajukan diri menjadi kawasan industri halal secara tertulis ke Kemenperin.

"Itu ada Modern Cikande Industrial Park, kemudian ada Bintan Inti Industrial Estate, lalu Batamindo Industrial Estate, selanjutnya Jakarta industrial estate Pulogadung, dan safe and lock Industrial Park Sidoarjo Industrial Estate," kata Afdhal, dalam acara Webinar Series bertajuk Potensi Industri Halal di Kawasan Ekonomi Khusus dalam keterangan tertulisnya di Jakarta (6/7/2020).

Selain kelima itu, sudah banyak lagi yang mengantre. Mereka sudah menghubungi KNEKS menyampaikan keinginannya mengembangkan kawasan industri halal. 

Namun, Afdhal mengingatkan, pengembangan kawasan industri halal tidak hanya harus berdasarkan keinginan atau motivasi yang kuat, tapi juga harus bisa menarik para pelaku industri untuk membuka usahanya di dalam kawasan tersebut, baik untuk pelaku industri dalam negeri, maupun dari luar negeri yang diharapkan berinvestasi membuka fasilitasnya di Indonesia di kawasan industri halal tersebut.

Wakil Ketua Umum III Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Susiwijono Moegiarso mengatakan potensi industri halal di Indonesia besar. Indonesia memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia, jumlahnya melebihi 200 juta jiwa.

Untuk itu, katanya, perlu dorongan terkait industri halal agar hasilnya bisa maksimal. Pemerintah mempunyai berbagai fasilitas untuk mengembangkan itu, salah satunya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"KEK ini salah satu kawasan yang didesain untuk memberikan berbagai fasilitas, terutama fasilitas fiskal dan non-fiskal, sehingga industri yang ada di sana mendapat perlakuan khusus dibandingkan industri lainnya," ucap Susiwijono yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau Asrizal menyampaikan Riau sedang mencanangkan enam kawasan industri yang akan ditingkatkan.

"Dari enam kawasan industri yang ada, pembangunan dan pengembangan kawasan ekonomi khusus syariah berlokasi di kawasan industri Tenayan dengan beberapa pertimbangan," ujar Asrizal.

Pertimbangan pertama adalah berada di pusat Pekanbaru, berjarak kurang lebih 12 kilometer dan didukung dengan infrastruktur jalan. Kedua, luas kawasan industri 3 ribu ha (rencana pengembangan), 305 ha sudah dibebaskan dan berstatus Hak Pengelolaan (Hpl). 

Ketiga, kawasan industri ini dikembangkan untuk industri manufacturing. Keempat, tersedia power plant berkapasitas 2x110 MW (PLTU) dan 275 MW (PLTG) dalam proses pembangunan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SiCepat mengadakan giveaway Program Hujan Hadiah Youtube SiCepat dengan total hadiah 7.5 M, kategori hadiah diantaranya 1 BMW 520i, 20 Honda PCX, 175 Honda Beat dan uang tunai Rp 3M.

Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:29 WIB

Keren! Jumlah Subscribernya Lebih dari 1 Juta , Kini Sicepat Ekspres Bagikan Hujan Hadiah Youtube Sebesar 7.5 Milyar

Jakarta-SiCepat mengadakan giveaway Program Hujan Hadiah Youtube SiCepat dengan total hadiah 7.5 M, kategori hadiah diantaranya 1 BMW 520i, 20 Honda PCX, 175 Honda Beat dan uang tunai Rp 3M.

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua Partai Demokrat Agus Yudhoyono

Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:38 WIB

Ketum Demokrat Agus Yudhoyono Temui Ketua DPR Puan Maharani di Ruang Kerja, Ada Apa?

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu diruang kerja Puan Maharani di gedung DPR pada Kamis (6/8) Pertemuan kedua tokoh muda tersebut…

Tidak semua brand mampu menciptakan inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk atau jasanya. Hanya brand dengan tim Research & Development yang super kreatif yang bisa memenangkan persaingan di era kompetisi bisnis yang sangat ketat ini.

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:59 WIB

Pertama di Indonesia! Inilah Brand-Brand yang Super Kreatif dan Sukses Memenangkan Persaingan di Era Kompetisi Bisnis yang Sangat Ketat

Jakarta– Inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk/jasa secara nyata telah memberikan dampak yang positif bagi sebuah brand untuk tetap survive dan bersaing di kompetisi bisnis yang…

Nasrullah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan (Doc: Kementan)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:04 WIB

Nasrullah Didapuk Jadi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penyegaran organisasi pada pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama lingkup Kementerian Pertanian. Dalam penyegaran ini, Direktur Jenderal Peternakan…

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:30 WIB

20,48 Persen Laba Bersih 2019 Semen Baturaja Dibagikan Sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Para pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR), sebuah BUMN industri semen di Sumatera Selatan, dalam Rapat Umum Pemegang Sahan Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (05/08/2020),…