Viral Mantan Dirut BEI Ungkap Ekonomi dan Pasar Modal Ambruk? Tito Sulistio: Bukan Pesan Mengerikan, Hanya Reminder

Oleh : Candra Mata | Selasa, 07 Juli 2020 - 08:57 WIB

Mantan Dirut BEI Tito Sulistio mengunggah Sebuah pesan di Instagramnya
Mantan Dirut BEI Tito Sulistio mengunggah Sebuah pesan di Instagramnya

INDUSTRY.co.id - "Bismilahirohmanirohim". Ya Allah, ya Tuhan kami. Saat ini pasar modal Indonesia sedang dalam cobaan berat. Engkau nyalakan api membara meluluh lantakan harga saham. Angin kencang Engkau tiupkan mengkocar-kacirkan para pemodal. Gempa menggoyang, menghancurkan dan menjatuhkan para pelaku. Bahkan hawa dingin Engkau hembuskan, membekukan langkah para regulator dan otoritas,”

Itulah penggalan awal unggahan mantan Direktur Utama  PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio di akun instagramnya, pada minggu (5/7) yang belakangan tengah viral di berbagai platform sosial media. 

Beberapa media siber bahkan memberitakan postingan tersebut sebagai kabar yang mengerikan. 

Adapun sumber kabar dari Tito Sulistio tersebut di sadur dari tulisan di akun facebook Hersubeno Arief yang berjudul "Postingan Mengerikan Mantan Dirut Bursa Efek Indonesia" pada Senin (6/7).

Dalam tulisan itu disebut kondisi ekonomi Indonesia sedang dalam bahaya besar dan pasar modal Indonesia terancam ambruk (crash)?

Namun apakah benar demikian yang maksud dari unggahan pemilik hobi motor besar ini. 

Dari keterangan resminya saat dihubungi redaksi INDUSTRY.CO.ID pada senin malam (6/7) Tito memang membenarkan telah memposting penggalan tersebut. 

"Ya Benar saya posting itu," ungkap Tito. 

"Namun bukan pesan mengerikan, hanya reminder ya," jelas Tito kepada redaksi. 

Selain itu, terkait pandangan masyarakat soal kondisi ekonomi yang penuh ketidakpastiaan saat ini, Tito enggan berkomentar banyak. 

Ia hanya menyampaikan bahwa apa yang dirinya unggah adalah sebuah doa dan harapan saja. 

Menurutnya tidak ada pesan menakut-nakuti, hanya sebuah harapan dan doa kepada sang pencipta agar bangsa Indonesia dan perekonomian nasional dapat keluar dari segala cobaan yang ada saat ini.  

"Ada message yang benar disini, yang saya selipkan dalam doa, namun bukan pesan mengerikan ya," pungkasnya.  

Berikut redaksi turunkan pesan lengkap dari unggahan Tito Sulistio dalam akun sosial medianya. 

Bismilahirohmanirohim,” 

“Ya Allah, ya Tuhan kami. Saat ini pasar modal Indonesia sedang dalam cobaan berat. Engkau nyalakan api membara meluluh lantakan harga saham. Angin kencang Engkau tiupkan mengkocar-kacirkan para pemodal. Gempa menggoyang, menghancurkan dan menjatuhkan para pelaku. Bahkan hawa dingin Engkau hembuskan, membekukan langkah para regulator dan otoritas,”

“Ya Allah Yang Maha Kuasa. Industri pasar modal selalu menjadi signal perekonomian nasional. Saat ini panasnya api, dingin es, goyangnya gempa membuat industri pasar modal Indonesia penuh ketidak-pastian.”

“Ya Allah ketidakpastian ini berdampak sistemik ke tata kelola Industri finansial lainnya, baik perbankan maupun asuransi, pada akhirnya bisa melemahkan daya beli masyarakat,”

“Ya Allah Yang Maha Kuasa, ya Allah Yang Maha Tahu. Kami sadar bahwa kerusakan di muka bumi ini adalah karena ulah dan perbuatan kami manusia. Kami sadar bahwa ada yang lebih berkuasa daripada kami. Karenanya ya Allah kuatkan kami menghadapi cobaan ini. Sadarkan kami dengan cobaan ini, maafkan kesombongan kami selama ini. Ajarkan kami cara beriman dan bertakwa yang benar sesuai cara-Mu.”

“Ya Allah, kami mohon, tunjukkan jalannya, bukalah arahnya, dinginkan apinya, kurangi goyang gempanya, agar kami para pelaku dan pengatur di pasar modal mampu melewati cobaan ini. Agar industri pasar modal bisa bergerak ke atas memberi signal positif ke perekonomian nasional, agar Indonesia dapat menjadi negeri yang gemah ripah loh jinawi, agar rakyatnya bisa hidup dengan tenang dan penuh keberkahan. Jika doa kami tidak berkenan bagi-Mu, maafkan kami ya Allah Yang Maha Mengabulkan doa-doa. Jika doa ini baik menurut-Mu, kabulkan doa hamba yang lemah dan hina dihadapan-Mu ini ya Allah. Aamiin.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:30 WIB

Wow Luar Biasa! Luhut Klaim IMF, World Bank Hingga Fitch Puji Kebijakan Pemerintah RI Hindari Jurang Resesi

Luhut mengungkapkan bahwa hal itu bukan klaim sepihak semata. Sebab berbagai lembaga internasional telah mengakui berbagai kebijakan yang ditempuh pemerintah Indonesia sangat baik. Seperti IMF,…

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:30 WIB

Terusik Banjirnya Produk China, Afsel Tiadakan Safeguard untuk Industri Indonesia

Indonesia memperoleh pengecualian dari pengenaan bea masuk tindakan pengamanan (safeguard) oleh Afrika Selatan (Afsel) atas produk threaded fasteners of iron or steel: bolt ends & screw studs,…

Ericsson

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:15 WIB

Wihh...Ericson Raih Kontrak 5G ke-100

Ericsson (NASDAQ: ERIC) telah mencapai tonggak sejarah 5G yang signifikan dengan keberhasilan perusahaan meraih perjanjian atau kontrak komersial jaringan 5G ke-100 dengan penyedia layanan komunikasi.

Industri Otomotif

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:01 WIB

Penjualan & Ekspor Meningkat, Menperin Agus Sebut Industri Otomotif Mulai Berkembang Positif Semester II/2020

Kinerja industri otomotif nasional diprediksi bakal mengalami perkembangan positif pada semester kedua tahun 2020.

ESQA Cosmetics

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:00 WIB

Industri Kosmetik Ikut Berperan Tingkatkan Perekonomian Nasional

Dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, tidak heran industri kosmetik lokal semakin berkembang dan brand baru masih terus bermunculan. Salah satunya adalah ESQA Cosmetics, brand lokal…