Menghadap OJK, Sejumlah Pengusaha 'Teriak' Pemberian Stimulus Masih Lambat

Oleh : Ridwan | Jumat, 03 Juli 2020 - 03:30 WIB

Ketua Kadin Rosan P. Roeslani
Ketua Kadin Rosan P. Roeslani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Otoritas Jas Keuangan memanggil sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani meminta pemerintah mempercepat pemberian restrukturisasi pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Saat ini, kata Rosan, pelaku UMKM yang sudah meminta restrukturisasi baru sekitar 50% dari total lending kepada UMKM atau secara nilai sudah Rp500 triliun dari total restrukturisasi yang diajukan oleh pelaku UMKM.

"Oleh sebab itu, dibutuhkan langkah-langkah cepat, proses restrukturisasi sudah berjalan," ucapnya di Jakarta (2/7/2020).

Langkah lainnya yang tak kalah penting adalah bagaimana perlunya modal kerja yang diberikan pengusaha. Khususnya pinjaman modal kerja kepada pelaku UMKM yang menjadi sektor paling terdampak.

"Kami pun meminta mesti ada tahapan lanjutan yakni modal kerja yang memang dibutuhkan UMKM terutama dan kepada dunia usaha," kata Rosan.

Lebih lanjut, Rosan mengatakan, pertemuan hari ini adalah untuk memberikan masukan kepada OJK dalam rangka percepatan stimulus. Mengingat saat ini pemberian stimulus kepada para pengusaha masih lambat.

Bahkan hal ini juga sempat dikeluhkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Jokowi sempat kesal lantaran stimulus yang sudah dikeluarkan lama penyalurannya.

"Kami dari kadin dan asosiasi tadi kita ada lebih dari 10 asosiasi yang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pak Wimboh dan jajaran yang mengundang kami untuk diskusikan langkah-langkah apa dan masukan apa yang dibutuhkan dalam rangka percepatan dari stimulus-stimulus yang kita lihat memang agak lambat dalam implementasinya," tutur Rosan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:30 WIB

Genjot Infrastruktur Pariwisata, Pemerintah Bangun Marina Center di Padang

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) khususnya Mentawai, Pemerintah tengah merancang pembangunan Marina Center di Padang.

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:30 WIB

Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Siap Selenggarakan Piala Dunia U-20

Langkah serius dilakukan Pemerintah Republik Indonesia terhadap persiapan Piala Dunia U-20 Tahun 2021. Didampingi Pemerintah Daerah Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar hari Kamis (6/8) siang…

Ilustrasi ANTAM (Foto Sindonews.com)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:15 WIB

Investor Tolong Catat! Antam Masih Jadi Bagian dari Indeks LQ45 dan IDX30 di BEI

ANTM mengungkapkan bahwa perseroan masih menjadi bagian dari Indeks LQ45 dan IDX30 di Bursa Efek Indonesia (BEI) berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pihak BEI untuk periode perdagangan…

Sunindo Adipersada IPO (TOYS) (Photo by IDX channel)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Sunindo Adipersada (TOYS) Tawarkan 170 Juta Saham di Lantai Bursa

PT Sunindo Adipersada, produsen boneka Internasional pada Kamis (6/8/2020) resmi mencatatkan diri sebagai emiten baru di Bursa Efek Indonesia.

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Pelatih Robert Pastikan Nazari dan Castillion akan Kembali ke PERSIB

Menjelang latihan bersama pada awal pekan depan, pelatih PERSIB Robert Alberts memberikan keterangan terkait tiga pemain asing yang masih berada di luar negeri. Seperti diketahui, tiga legiun…