Menghadap OJK, Sejumlah Pengusaha 'Teriak' Pemberian Stimulus Masih Lambat

Oleh : Ridwan | Jumat, 03 Juli 2020 - 03:30 WIB

Ketua Kadin Rosan P. Roeslani
Ketua Kadin Rosan P. Roeslani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Otoritas Jas Keuangan memanggil sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani meminta pemerintah mempercepat pemberian restrukturisasi pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Saat ini, kata Rosan, pelaku UMKM yang sudah meminta restrukturisasi baru sekitar 50% dari total lending kepada UMKM atau secara nilai sudah Rp500 triliun dari total restrukturisasi yang diajukan oleh pelaku UMKM.

"Oleh sebab itu, dibutuhkan langkah-langkah cepat, proses restrukturisasi sudah berjalan," ucapnya di Jakarta (2/7/2020).

Langkah lainnya yang tak kalah penting adalah bagaimana perlunya modal kerja yang diberikan pengusaha. Khususnya pinjaman modal kerja kepada pelaku UMKM yang menjadi sektor paling terdampak.

"Kami pun meminta mesti ada tahapan lanjutan yakni modal kerja yang memang dibutuhkan UMKM terutama dan kepada dunia usaha," kata Rosan.

Lebih lanjut, Rosan mengatakan, pertemuan hari ini adalah untuk memberikan masukan kepada OJK dalam rangka percepatan stimulus. Mengingat saat ini pemberian stimulus kepada para pengusaha masih lambat.

Bahkan hal ini juga sempat dikeluhkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Jokowi sempat kesal lantaran stimulus yang sudah dikeluarkan lama penyalurannya.

"Kami dari kadin dan asosiasi tadi kita ada lebih dari 10 asosiasi yang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pak Wimboh dan jajaran yang mengundang kami untuk diskusikan langkah-langkah apa dan masukan apa yang dibutuhkan dalam rangka percepatan dari stimulus-stimulus yang kita lihat memang agak lambat dalam implementasinya," tutur Rosan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim e-Sport Indonesia Siap Berlaga di Kejuaran e-Sport Dunia

Sabtu, 16 Januari 2021 - 15:30 WIB

Hebat! RRQ Hoshi, Alter Ego, Aerowolf dan Bigorton Wakili Indonesia di Kejuaraan e-Sport Dunia

Sebagai Dewan Pembina PB e-Sport, Bamsoet mengajak para fans e-Sport di Indonesia untuk bersatu memberikan dukungan kepada keempat Tim e-Sport yang akan bertanding tersebut. Jangan sampai para…

Satgas Kemanusiaan Marinir

Sabtu, 16 Januari 2021 - 15:00 WIB

Satgas Kemanusiaan Marinir Bantu Korban Banjir di Banjarmasin

Seluruh personel berikut perlengkapan diterbangkan dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, menggunakan pesawat angkut A-I327 Hercules TNI Angkatan Udara dengan waktu keberangkatan pukul 05.10…

Satgas Pamtas Yonif 642 Bersihkan Sampah dan Lumpur Pasca Banjir

Sabtu, 16 Januari 2021 - 14:30 WIB

Satgas Pamtas Yonif 642 Bersihkan Sampah dan Lumpur Pasca Banjir

Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas bersama warga masyarakat, gotong royong membersihkan sampah dan lumpur yang terbawa banjir di lingkungan SDN 1 Jagoi Babang, Desa Jagoi Babang,…

Menparekraf Sandi Berenang di Mandalika

Sabtu, 16 Januari 2021 - 14:10 WIB

Pamer Potret 'Nyebur' di Kuta Mandalika, Sandi Tuai Banjir Pujian Warganet: Pak Menteri Joss Banget!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengunggah potret beberapa spot di pantai Mandalika Nusa Tenggara Barat yang disebutnya akan menjadi lokasi penyelenggaraa kegiatan olahrga Triathlon.…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Sabtu, 16 Januari 2021 - 14:00 WIB

Prajurit TNI Bantu Korban Gempa Majene dan Mamuju Sulbar

TNI telah memberangkatkan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Batalyon Infanteri (Yonif) 721/Makkasau dan Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 8 dari Kodam XIV/Hasanudin. Sedangkan peralatan yang…