Amar Bank Gandeng Google Cloud Perkenalkan Produk Digital Senyumku

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 Juli 2020 - 15:40 WIB

Aplikasi Senyumku
Aplikasi Senyumku

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Amar Bank (AMAR) mengumumkan kerjasamanya dengan Google Cloud dalam memperkenalkan produk Senyumku sebagai digital-only bank pertama di Indonesia yang diluncurkan di Cloud.

Sejak peluncuran regional Google Cloud di Jakarta, Amar Bank telah menggunakan teknologi Google Cloud untuk berbagai penggunaan bisnis seperti peluncuran berbagai produk dan fitur, Arsitektur Big Data, AI dan Analytics, dan lainnya.

Kolaborasi Amar Bank dan Google Cloud didukung oleh FIS Cloud dan Infofabrica, untuk memungkinkan Bank dalam memanfaatkan kecerdasan data analytics dan machine learning sehingga memberikan pengalaman nasabah yang dipersonalisasi dengan lebih cepat.

Sebagai contoh, Senyumku memiliki kecerdasaan buatan untuk mengetahui kesehatan keuangan dan menawarkan cara mudah untuk mengelola keuangan nasabah. Aplikasi ini memberitahu nasabah akan pola pemasukan dan pengeluaran keuangan, dan mendorong mereka untuk membangun kebiasaan menabung.

"Google Cloud menawarkan tiga manfaat besar yaitu Skalabilitas, Keamanan, dan Kecerdasan artifisial bawaan. Dengan Google Cloud, kami memberikan penawaran unik untuk mengatasi kesenjangan di pasar melalui user experience yang unggul dan mendukung inklusi keuangan untuk semua," kata Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (2/7/2020).

Keberhasilan Google Cloud di Kubernetes memungkinkan Amar Bank untuk mempersingkat proses dan mengurangi biaya, membawa skalabilitas serta kecepatan dalam memecahkan solusi pada portofolio teknologi finansialnya. Dengan demikian, Amar Bank dapat mengalihkan fokusnya pada ekosistem dan solusi yang lebih inovatif, mendorong sektor perbankan digital Indonesia yang sedang berkembang. 

“Dengan kredibilitas Google dan standarisasi keamanan yang baik, Senyumku menjadi digital-only bank Indonesia pertama yang diluncurkan di Cloud dengan mengedepankan kecepatan dan keamanan," kata Vishal

Menurut Vishal, yang membedakan Senyumku dengan bank digital lainnya adalah dukungan dari AI (Artificial Intelligence) yang menggunakan kecerdasan dalam pengelolaan informasi sehingga dapat mendorong nasabah untuk meningkatkan tabungannya.

"Hal ini memungkinkan Senyumku untuk responsif terhadap perilaku dinamis nasabah. Kami berharap, kehadiran Senyumku dapat menjadi solusi masyarakat untuk membantu mereka membangun kebiasaan menabung dan mengelola keuangan dengan bijak," tambah Vishal.

Teknologi Cloud membuat Senyumku dapat menghadirkan pengalaman menabung yang mudah dan aman serta memberikan fasilitas bagi nasabah dalam mengendalikan dan memantau keuangannya melalui smartphone.

Aplikasi ini didesain secara khusus untuk mendorong masyarakat agar memiliki kebiasaan untuk menabung dengan perencanaan keuangan yang lebih baik. Dengan memberikan suku bunga menarik, Senyumku juga dirancang untuk memberikan informasi yang dipersonalisasi serta dapat bertindak sebagai pengingat dan penasihat keuangan pribadi bagi setiap nasabahnya.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Amar Bank untuk menjadi yang pertama di Indonesia dengan Senyumku, dan membantu mereka untuk mempercepat perjalanan transformasi digital mereka," ungkap Megawaty Khie, Country Director Google Cloud di Indonesia.

Saat ini Senyumku hadir dalam versi Lite dengan fitur-fitur yang dapat dinikmati melalui empat langkah mudah yaitu validasi, registrasi, Electronic Know Your Customer (E-KYC), dan pembuatan akun. Fitur yang sudah dapat digunakan diantaranya adalah manajemen keuangan pribadi dan investasi dalam bentuk deposito.

Pada versi Lite, nasabah juga dapat merasakan fitur top up yang memudahkan nasabah untuk menambahkan akun bank lain dan e-wallet sebagai informasi dalam manajemen keuangan pribadi pada aplikasi Senyumku.

"Kehadiran Senyumku dapat memberikan kemudahan bagi para nasabah, terlebih di tengah situasi pandemi ini. Saat ini senyumku Lite sudah dapat diunduh melalui Playstore yang memudahkan nasabah untuk memonitor keuangan mereka, dimana saja dan kapan saja hanya melalui smartphone," kata Head of Technology Amar Bank Kevin Kane. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus. Foto : Arief/Man

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:05 WIB

DPR Ini Berharap Ekonomi Indonesia Jangan Sampai Masuk Jurang Resesi

Berdasarkan data yang dirilis BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II Tahun 2020 mengalami kontraksi atau -5,32 persen dibandingkan triwulan II-2019.

Satgas Penanganan Covid-19 Terima Donasi 220 Unit Troli UV-C Double-tube Stainless Steel

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:00 WIB

Satgas Penanganan Covid-19 Terima Donasi 220 Unit Troli UV-C Double-tube Stainless Steel

Signify turut berkontribusi dalam upaya melawan pandemi virus corona di Indonesia. Kontribusi yang diberikan kepada Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 berupa 220 unit troli UV-C Double-tube…

Ilustrasi Kotak Kosong - Pilkada

Senin, 10 Agustus 2020 - 14:53 WIB

Marak Calon Tunggal Pilkada Vs Kotak Kosong, Guspardi: Artinya Tidak Punya Otak

Sejumlah calon tunggal di 31 daerah diprediksi berpotensi melawan kotak kosong pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Ilustrasi Buruh di Indonesia (Charles O'Rear / Getty Images)

Senin, 10 Agustus 2020 - 14:03 WIB

Stimulus untuk Pegawai Bergaji di Bawah Rp5 Juta, DPR: Tolong Segera Realisasi

Jakarta-Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PPP, H. Iip Miftahul Choiry, dalam pesan tertulisnya yang di kalangan awak media, Senin (10/8/2020), menyampaikan dukungannya atas kebijakan pemerintah…

Tol Trans Sumatera

Senin, 10 Agustus 2020 - 14:00 WIB

Perekonomian Sumatera Menggeliat, Hutama Karya Optimalkan PMN Rp 11Triliun

Hutama Karya terus memberikan kinerja terbaik dalam melanjutkan penugasan dari pemerintah Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2015 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol…