Bank DBS Indonesia Ciptakan Lingkungan Kerja Aman dan Nyaman di Tengah Pandemic

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 02 Juli 2020 - 17:15 WIB

Sejumlah Karyawan Bank DBS Indonesia Duduk Sesuai dengan Penanda Jarak Saat Bekerja di Area Kantor DBS Tower
Sejumlah Karyawan Bank DBS Indonesia Duduk Sesuai dengan Penanda Jarak Saat Bekerja di Area Kantor DBS Tower

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memasuki era tatanan kehidupan yang baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19, beberapa wilayah di Indonesia memasuki masa transisi kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), termasuk Jakarta. Pemerintah telah melonggarkan beberapa poin peraturan PSBB di masa transisi dengan membuka kembali ruang publik termasuk perkantoran.

Sebagian besar perusahaan telah kembali beroperasi dengan jam kerja yang disesuaikan dan metode split team untuk para karyawan.

Beberapa perkantoran juga sudah beroperasi secara penuh dengan menerapkan ragam protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Meskipun setiap individu telah melakukan protokol kesehatan masing-masing saat di luar rumah, rasa tidak aman akan paparan virus masih menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para karyawan. Oleh karena itu, protokol kesehatan yang ketat dan rinci menjadi sangat penting diterapkan untuk setiap perusahaan dan pengelola gedung perkantoran.

“Sejak pandemi ini mulai berjangkit di Indonesia dan sekarang kita sedang memasuki era new normal, Bank DBS Indonesia sebagai lembaga keuangan yang menjalankan praktik bisnis dan perbankan secara bertanggung jawab, telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan penyesuaian operasional terutama dalam hal yang melibatkan keamanan dan kesehatan karyawan, nasabah dan mitra kerja,” ujar PT Bank DBS Indonesia, sumber melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Rabu (1/7/2020).

1. Pembagian my care package

Karyawan merupakan aset yang paling berharga dan utama bagi kelangsungan perusahaan. Keamanan dan kenyamanan selama perjalanan hingga saat berada di area kantor menjadi prioritas utama.

Menanggapi situasi pandemi ini, Bank DBS Indonesia membagikan care package putaran pertama pada bulan Maret lalu yang berisikan masker, vitamin C dan hand sanitizer kepada karyawan. Selanjutnya di bulan Mei paket yang sama juga kembali dibagikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada karyawan yang tetap harus bekerja di luar rumah.

2. Upaya penerapan work from home (WFH)

Seperti kita ketahui bersama, perbankan adalah salah satu dari sebagian kecil industri yang dimandatkan pemerintah untuk tetap operasional selama masa PSBB silam. Dengan tetap memprioritaskan keamanan karyawan, dan memastikan layanan yang prima bagi nasabah, Bank DBS Indonesia mengupayakan penerapan work from home bagi sebagian besar dari karyawannya.

Hal ini didukung oleh infrastruktur yang kuat, dan juga budaya kerja yang baik. Dengan adanya teknologi, dan kualitas sumber daya manusia yang baik, maka pekerjaan tetap dapat diselesaikan dan produktivitas dapat terjaga, sambil meminimalisir risiko kesehatan di tengah pandemi. Per minggu ketiga bulan Juni 2020, lebih dari 50% karyawan DBS Indonesia sudah bekerja dari rumah.

3. Care Initiative

Imbas dari WFH adalah karyawan harus membiasakan diri bekerja di rumah masing-masing. DBS Indonesia memahami bahwa tidak semua karyawan memiliki fasilitas kerja yang memadai di rumah masing-masing.

Oleh sebab itu, bank menyediakan alokasi dana yang dapat dimanfaatkan oleh karyawan yang membutuhkan untuk biaya klaim internet dan biaya transportasi menuju dan kembali dari kantor bagi karyawan yang masih harus ke kantor dan tidak memiliki kendaraan pribadi.

Dana ini dimanfaatkan atas diskresi tiap-tiap manajer lini, untuk memudahkan masa transisi karyawan ke praktek WFH-nya masing-masing.

4. Penyediaan vitamin dan medical check-up melalui General iFlex

Setiap karyawan DBS yang memenuhi syarat berhak atas benefit General iFlex, berupa alokasi budget yang dapat dimanfaatkan karyawan untuk melakukan medical check-up, pembelian kacamata, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kesehatan karyawan.

Per Maret 2020, pada benefit ini juga dapat dibebankan biaya pembelian semua jenis vitamin, kebutuhan pelindung diri seperti masker dan hand sanitizer, juga biaya medical check-up mandiri bila ada karyawan yang ingin melakukan swab test bagi dirinya dan anggota keluarganya.

5. Penerapan physical distancing setiap saat

Physical distancing kini telah menjadi suatu keharusan bagi setiap individu saat berada di luar rumah dan merupakan langkah utama dalam melindungi diri dari paparan virus saat di ruang publik termasuk area bekerja sekalipun.

Bank DBS Indonesia menerapkan physical distancing yang cukup ketat dengan menata ulang struktur penempatan karyawan di area kantor. Setiap tim dibagi menjadi dua tim yang ditempatkan di area kantor yang berbeda. Bank DBS Indonesia juga melakukan shift berbeda bagi karyawan di kantor cabang. Lebih lanjut lagi, setiap meja hingga kursi diberikan penanda di mana karyawan dapat beraktivitas.

Hal ini membantu karyawan untuk tetap menjaga jarak kapan pun dan di mana pun selama di area kantor.

6. Pemberlakuan standar kebersihan internasional di area kantor

Penyebaran virus dan bakteri dapat melalui benda atau area yang digunakan bersama-sama dalam satu area seperti gagang pintu, handle tangga, tombol lift, meja kerja, meja teller, ATM dan masih banyak lagi.

Pembersihan area publik dengan standar dan protokol kesehatan yang ketat menjadi salah satu upaya dalam mengurangi angka penyebaran Covid-19. Bank DBS Indonesia melakukan pelapisan antimicrobial pada semua hightouch points seperti ATM, meja teller, meja form, gagang pintu, pegangan tangga, tombol lift, dan area lainnya, ditambah dengan pembersihan setiap satu jam sekali dengan cairan desinfektan untuk ATM, meja teller dan meja form, gagang pintu, pegangan tangga, tombol lift, dan area lainnya.

Lapisan antimicrobial merupakan lapisan yang diaplikasikan agar mampu menghalangi bakteri dan virus untuk menempel selama maksimum 90 hari. Lapisan antimicrobial yang sama juga digunakan di seluruh area Bandara Changi, Singapura.

7. Makanan sehat sebagai kunci stamina tubuh

Sepanjang masa PSBB intensif di Jakarta lalu, Bank DBS Indonesia menyediakan lunch box untuk setiap karyawan yang harus bekerja di kantor. Makanan ini dapat disantap di ruang makan yang tersedia di setiap lantai area kantor, dengan tetap menerapkan aspek physical distancing. Selain itu, setiap karyawan juga diminta untuk membawa alat makan sendiri untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19.

8. Siap siaga salurkan bantuan medis

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus menjamin keamanan bersama di lingkungan Bank DBS Indonesia, Bank DBS Indonesia siap siaga menyediakan bantuan medis bagi seluruh karyawan. Bantuan medis yang tersedia tidak hanya kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental dan jiwa.

Karyawan dapat mengikuti diskusi online yang menyangkut wellness melalui sesi webinar. Selain itu, karyawan dapat mengakses layanan konsultasi dengan dokter secara virtual melalui platform teleconsultation bekerjasama dengan provider asuransi kami.

Lebih lanjut lagi, sesuai dengan protokol penanganan Covid yang telah dimiliki oleh Bank apabila karyawan mengalami gejalagejala Covid-19 divisi Human Resources akan melakukan pengaturan untuk pelaksanaan Rapid dan (Polymerase Chain Reaction) PCR Swab test.

Tidak lupa, karyawan juga disediakan satu platform secara online untuk pelaporan suhu badan setiap harinya sehingga manajemen mampu melihat secara holistik tingkat kesehatan karyawan.

“Masa pandemi dan new normal ini menjadi fokus utama bagi kami untuk saling menjaga satu sama lain dalam hal kesehatan dan keamanan bersama. Sebagai institusi perbankan yang bertanggung jawab, kami bersama dengan karyawan selalu mengedepankan terjaganya lingkungan kerja yang aman dan nyaman sekaligus menghentikan rantai penyebaran Covid-19 melalui protokol kesehatan kami,” ujar Human Resources Director PT Bank DBS Indonesia, Satia Indrarini.

Menjadi bank yang digerakkan oleh tujuan yang berkesinambungan merupakan DNA dari Bank DBS Indonesia. Oleh karena itu, Bank DBS Indonesia terus berinovasi untuk menjadi bank yang mengedepankan keseimbangan antara ekonomi, sosial serta lingkungan.

Upaya tersebut dilakukan Bank DBS Indonesia atas kesadaran akan perannya sebagai lembaga keuangan yang menjalankan bisnis yang berkelanjutan bagi generasi masa depan dan lingkungan hidup.

Hal tersebut juga diimplementasikan melalui layanan perbankan yang terdepan dan terpercaya, serta dikurasi sesuai dengan kebutuhan nasabah yang seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini juga termasuk dalam penerapan model bisnis sehingga penerapan protokol kesehatan yang mengedepankan kesejahteraan dan keamanan karyawan, nasabah dan mitra kerja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SiCepat mengadakan giveaway Program Hujan Hadiah Youtube SiCepat dengan total hadiah 7.5 M, kategori hadiah diantaranya 1 BMW 520i, 20 Honda PCX, 175 Honda Beat dan uang tunai Rp 3M.

Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:29 WIB

Keren! Jumlah Subscribernya Lebih dari 1 Juta , Kini Sicepat Ekspres Bagikan Hujan Hadiah Youtube Sebesar 7.5 Milyar

Jakarta-SiCepat mengadakan giveaway Program Hujan Hadiah Youtube SiCepat dengan total hadiah 7.5 M, kategori hadiah diantaranya 1 BMW 520i, 20 Honda PCX, 175 Honda Beat dan uang tunai Rp 3M.

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua Partai Demokrat Agus Yudhoyono

Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:38 WIB

Ketum Demokrat Agus Yudhoyono Temui Ketua DPR Puan Maharani di Ruang Kerja, Ada Apa?

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu diruang kerja Puan Maharani di gedung DPR pada Kamis (6/8) Pertemuan kedua tokoh muda tersebut…

Tidak semua brand mampu menciptakan inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk atau jasanya. Hanya brand dengan tim Research & Development yang super kreatif yang bisa memenangkan persaingan di era kompetisi bisnis yang sangat ketat ini.

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:59 WIB

Pertama di Indonesia! Inilah Brand-Brand yang Super Kreatif dan Sukses Memenangkan Persaingan di Era Kompetisi Bisnis yang Sangat Ketat

Jakarta– Inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk/jasa secara nyata telah memberikan dampak yang positif bagi sebuah brand untuk tetap survive dan bersaing di kompetisi bisnis yang…

Nasrullah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan (Doc: Kementan)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:04 WIB

Nasrullah Didapuk Jadi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penyegaran organisasi pada pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama lingkup Kementerian Pertanian. Dalam penyegaran ini, Direktur Jenderal Peternakan…

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:30 WIB

20,48 Persen Laba Bersih 2019 Semen Baturaja Dibagikan Sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Para pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR), sebuah BUMN industri semen di Sumatera Selatan, dalam Rapat Umum Pemegang Sahan Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (05/08/2020),…