Menkes Terawan Terus Bergerak! Berikan Santunan Nakes yang Gugur Melawan COVID-19

Oleh : Candra Mata | Kamis, 02 Juli 2020 - 08:15 WIB

Menkes Terawan (ist)
Menkes Terawan (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyerahkan santunan bagi 8 tenaga kesehatan yang wafat dalam penanganan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Menkes mengatakan bahwa kegiatan tersebut sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan agar kepada seluruh tenaga kesehatan yang gugur diberi santunan sebagai bentuk apresiasi atas kerja kerasnya melawan COVID-19.

''Saya mewakili pemerintah, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah bekerja keras dengan dedikasi tinggi melawan COVID-19,'' kata Menkes Terawan di RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Rabu (1/7).

Dia juga menyampaikan duka cita mendalam seraya menguatkan hati para keluarga yang ditinggalkan.

''Sekali lagi tetap semangat untuk semuanya, Bapak, Ibu, saudara yang ditinggalkan oleh para pahlawan tenaga medis ini diberikan kekuatan dan semangat bahwa para pahlawan tenaga medis ini diterima disisi Tuhan YME,'' tuturnya.

Menkes berharap santunan yang diberikan dapat bermanfaat bagi keluarga para tenaga kesehatan yang telah meninggal dunia.

''Penghargaan yang kami berikan tidak ada arti apa-apa bagi para tenaga kesehatan yang menjadi korban, yang selama ini berjuang demi masyarakat Indonesia agar para pasien yang sakit bisa sembuh,'' katanya. 

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Badan PPSDMK Abdul Kadir, menyebutkan dari 8 tenaga kesehatan yang diberikan santunan kepada Ahli Warisnya, 2 orang telah diberikan sebelumnya, sementara 6 nakes yang diberikan hari ini yakni :

1. dr. Joko Judodjoko dari Bogor Medical Center Mayapada Hospital, Jawa Barat

2. dr. Herawati Ketty Sutana dari RS Medistra, Jakarta

3. Letkol (Kowal) Mulatsih dari Rumkital Marinir, Cilandak, Jakarta

4. Ninuk Dwi Pusponingsih bertugas di RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta

5. Adharul Anam bertugas di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta

6. Hery Soesilo bertugas di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta

Sehari sebelumnya, Terawan juga memberikan santunan kepada keluarga tenaga kesehatan yang wafat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. 

Tenaga kesehatan yang telah wafat itu antara lain almarhumah Novera dan almarhum Sugiarto. 

''Saya berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas pengabdiannya dalam penanganan COVID-19,'' kata Menkes.

Santunan yang diberikan berjumlah Rp.300 juta kepada masing-masing keluarga. 

''Kami harapkan santunan tersebut bisa menguatkan keluarga yang ditinggalkan almarhum,'' ucapnya.

Perlu diketahui, hingga 1 Juli 2020, Kemenkes telah menyalurkan anggaran insentif tenaga kesehatan mencapai Rp.408 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mencoba alsintan di lahan pertanian

Kamis, 13 Agustus 2020 - 23:18 WIB

Petani Blitar Diingatkan, Tanaman Jagung Sangat Menjanjikan

Seiring dengan masuknya musim hujan di beberapa wilayah sentra produksi, Kementerian Pertanian (Kementan) mulai melakukan gerakan tanam jagung. Kali ini, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo…

Bank BTN merancang berbagai produk dan program perbankan mulai dari tabungan, kredit, hingga layanan transaksi digital untuk membantu milenial mempersiapkan masa depan

Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:48 WIB

Pandemi Covid-19 Ajarkan Banyak Hal, Bos BTN: Hidup Gak Cuma Tentang Hari Ini

Jakarta-Fokus untuk tetap memberikan layanan terbaik di tengah pandemi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyiapkan berbagai produk dan program perbankan untuk membantu masyarakat khususnya…

IHSG Zona Merah (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:32 WIB

IHSG Ditutup Melemah ke Level 5.239 Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada akhir perdagangan Kamis (13/8/2020), pasar modal Indonesia ditutup turun 5,8 poin atau 0,11% ke 5.239,25 atau 5.239. 182 saham menguat,…

Dirut Bank BRI Sunarso (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:15 WIB

Horee...4,3 Juta Nasabah BRI Bakal Dapat BLT UMKM Senilai Rp2,4 Juta

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso mengatakan¬†4,3 Juta nasabah BRI Akan menerima bantuan UMKM Sebesar Rp2,4 Juta. Menurut Sunarso, potensi menjadi penerima bantuan tersebut karena…

Dirjen PKH Nasrullah berkunjung ke Pusvetma (Doc: Kementan)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:12 WIB

Ditjen PKH Kementan Berharap Pusvetma Jadi BLU Terbaik

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Ir. Nasrullah, M.S melakukan kunjungan kerja ke Pusat Veteriner Farma (Pusvetma). Bagi Pusvetma…