Tinjau Kawasan Industri Batang, Jokowi: Perusahaan Besar Kabur dari RI Lantaran Urus Izin Berbelit-belit, Bagaimana Mau jadi Negara Maju

Oleh : Ridwan | Selasa, 30 Juni 2020 - 16:22 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

INDUSTRY.co.id - Batang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa ukuran menjadi negara besar bukan lagi bagaimana cara mengalahkan negara kecil.

Bagi dia, di tengah kompetisi yang makin ketat justru salah satu syarat menjadi negara maju adalah saling bersaing menjadi negara paling cepat. Bersaing dalam arti menuju negara ramah investasi dengan membangun industri terintegrasi sehingga menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.

"Karena sekarang ini bukan negara besar mengalahkan negara kecil tapi negara yang cepat mengalahkan negara yang lambat," kata Jokowi saat meninjau kawasan Industri di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).

Jokowi mengatakan, rumitnya birokrasi memperlambat kemajuan sebuah negara.

Ia mencontohkan, pengurus izin satu pintu untuk suatu investasi salah satunya. Jangan lagi, kata Presiden, perusahaan- perusahaan besar kabur tak ingin berinvestasi di Tanah Air lantaran berbelit-belitnya izin yang diberikan.

"Ini juga terus saya sampaikan pada para menteri dan Kepala BKPM dilayani dan dikejar. Disampaikan fasilitas apa yang ingin kita berikan. Baik urusan lahan urusan izin, urusan listrik, gas dan lain- lain yg ini akan memberikan sebuah daya saing negara kita dalam rangka mereka mau merelokasi ke Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala negara kembali mengungkit, pernyataan dirinya tahun lalu perihal 33 perusahaan besar dunia yang merelokasi usahanya dari Tiongkok ke negara lain.

Kali ini, tegurannya tersebut setidaknya sudah dijawab perlahan. Sebanyak tujuh perusahaan bakal menanamkan investasi di kawasan industri seluas 4 ribu hektare di Jawa Tengah.

"Jangan sampai kita tidak mendapatkan perusahaan itu untuk mau masuk ke Indonesia. Jangan kalah dengan negara-negara lain," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah

Senin, 13 Juli 2020 - 00:02 WIB

Tolong Catat! Kasus DBD Hingga Juli Capai 71 Ribu, Jawa Barat Tertinggi

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid mengatakan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia hingga juli mencapai 71.633.…

29 Tahun Tupperware

Minggu, 12 Juli 2020 - 22:10 WIB

Berkat Inovasi Produk, Tupperware Tetap Menjadi Kesayangan 'Mama' Selama 29 Tahun

Di Indonesia, tepat 29 tahun yang lalu Tupperware hadir di tengah masyarakat, ya! 29 tahun, sebuah perjalanan yang tidak singkat bagi sebuah merek untuk dapat terus eksis dan di cintai, terlebih…

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wista Seru di Era New Normal

Minggu, 12 Juli 2020 - 21:15 WIB

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wisata Seru di Era New Normal

Wisata seru di era new normal, Anda bisa mencoba menelusuri jejak zaman prasejarah lewat goa-goa Pangandaran, Jawa Barat, yang eksotis.

Bijak dan Cerdas Siaran Melalui Sosial Media

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:17 WIB

Keluarga Bisa Jadi Pintu Masuk Untuk Literasi Digital

Jakarta-Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran belum juga kelar. Banyak pihak menyarankan supaya inisiatif dilakukan di tingkat masyarakat.

Penampakan group musik Weird Genius di Times Square AS

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:10 WIB

Muncul di Times Square, Group Musik Asal Indonesia Ini Bikin Masyarakat AS Mabuk Kepayang

Weird Genius, sebuah grup musik yang digawangi Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu, mengumumkan sebuah kabar gembira bagi penggemar mereka. Belum lama ini dikabarkan jika karya mereka mendapat…