Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet, Netizen: Pak Presiden, Susi Pudjiastuti Sudah Paling Layak

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Juni 2020 - 14:15 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti
Presiden Joko Widodo bersama Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Isu reshuffle kabinet kembali berhembus setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo menunjukkan sikap ketidak puasan terhadap kinerja sejumlah menteri.

Dalam video yang dirilis akun Youtube Sekretariat Presiden pada 28 Juni 2020, menunjukkan saat Sidang Kabinet Paripurna, 18 Juni lalu, Presiden Joko Widodo mengangkat isu terkait pandemi dan ekonomi nasional dengan nada tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyoroti anggaran Kementerian Kesehatan yang telah diberikan sebesar Rp 75 triliun hingga kini baru dikeluarkan sebesar 1,53 persen.

"Saya berikan contoh, bidang kesehatan itu dianggarkan Rp 75 triliun, baru keluar 1,53 persen coba," kata Jokowi dengan tegas dikutip dalam video sidang kabinet.

Dalam video tersebut Joko Widodo meminta kepada seluruh kementerian untuk segera melakukan percepatan pembelanjaan guna memulihkan ekonomi nasional. Tak hanya itu, Presiden juga memperingatkan akan melakukan reshuffle menteri hingga membubarkan lembaga.

"Langkah apapun yang extraordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita, untuk negara. Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya," kata Jokowi.

Rilis ini mendapatkan respon yang beragam dari warganet. Tidak sedikit warganet yang menyarankan sejumlah nama yang bisa diajukan sebagai menteri bila sewaktu-waktu reshuffle benar dilakukan.

Salah satu yang paling banyak disebut adalah Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019.

"Saya menyimak video Bapak Presiden @jokowi sedang gemas dan marah pada sejumlah pembantu Bapak. Sejak Januari, saya sdh mengusulkan reshuffle, semoga Bapak sekarang melakukannya, dan tidak buang2 energi dengan marah2 lagi, demi Rakyat Indonesia," ujar akun Twitter @maman1965 mengomentari video dari Sekretariat Presiden tersebut.

Cuitan dari Kang Maman ini lantas mendapatkan ratusan komentar dari Netizen. Sebagian mereka bahkan ramai-ramai menyebut, Susi Pudjiastuti kembali masuk ke jajaran menteri.

"Give me back @susipudjiastuti dan mentri" gila.. dan pekerja keras lainnya," tulis @QqAndriansyah.

"Dukung bu @susipudjiastuti masuk ke jajaran menteri lagi," ujar @M_Muezza.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

29 Tahun Tupperware

Minggu, 12 Juli 2020 - 22:10 WIB

Berkat Inovasi Produk, Tupperware Tetap Menjadi Kesayangan 'Mama' Selama 29 Tahun

Di Indonesia, tepat 29 tahun yang lalu Tupperware hadir di tengah masyarakat, ya! 29 tahun, sebuah perjalanan yang tidak singkat bagi sebuah merek untuk dapat terus eksis dan di cintai, terlebih…

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wista Seru di Era New Normal

Minggu, 12 Juli 2020 - 21:15 WIB

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wisata Seru di Era New Normal

Wisata seru di era new normal, Anda bisa mencoba menelusuri jejak zaman prasejarah lewat goa-goa Pangandaran, Jawa Barat, yang eksotis.

Bijak dan Cerdas Siaran Melalui Sosial Media

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:17 WIB

Keluarga Bisa Jadi Pintu Masuk Untuk Literasi Digital

Jakarta-Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran belum juga kelar. Banyak pihak menyarankan supaya inisiatif dilakukan di tingkat masyarakat.

Penampakan group musik Weird Genius di Times Square AS

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:10 WIB

Muncul di Times Square, Group Musik Asal Indonesia Ini Bikin Masyarakat AS Mabuk Kepayang

Weird Genius, sebuah grup musik yang digawangi Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu, mengumumkan sebuah kabar gembira bagi penggemar mereka. Belum lama ini dikabarkan jika karya mereka mendapat…

PLUT Jembrana

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:45 WIB

Meski Baru 'Seumur Jagung', PLUT Jembrana Berhasil Dorong UMKM Sekitar Naik Kelas

Usia Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Jembrana, Bali masih seumur bayi, satu tahun. Walaupun baru lahir, PLUT Jembrana mampu menorehkan berbagai jejak untuk mengembangkan UMKM…