Cegah Penyebaran Covid-19 di Era New Normal, Polres Cianjur Pecahkan Rekor Muri Gelar Rapid Test 2000 Peserta

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 26 Juni 2020 - 17:02 WIB

Pemberian plakat Rekor MURI oleh Jusuf Ngadri, Senior Manager MURI kepada Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto
Pemberian plakat Rekor MURI oleh Jusuf Ngadri, Senior Manager MURI kepada Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto

INDUSTRY.co.id, Cianjur-Untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 pada era new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), Kepolisian Resor Cianjur menggelar rapid test massal kepada 2000 peserta. Dalam kegiatan Rapid Test yang dilaksanakan di Polres Cianjur pada Kamis, 25 Juni 2020 ini berjalan lancar dan tercatat nihil kasus corona.

Terdiri dari Personel Polri sebanyak 956 orang; Personel ASN 33 orang; Bhayangkari 553 orang; PHL 178 orang; putra dan putri anggota sebanyak 80 orang; Yon Brimob B Cipanas 100 orang; dan TNI sebanyak 100 orang.

Kegiatan  ini dihadiri oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi dan Ketua Bhayangkari daerah Jawa Barat Luly Rudy Sufahriadi, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, Ketua DPRD Cianjur, Dandim Cianjur, seluruh Kapolsek se Cianjur dan ASN di lingkungan Mapolres Cianjur serta keluarganya.

Alat Rapid Test yang digunakan produk dalam negeri dengan merek Cakra Covid-19 IgG/IgM yang didistribusikan oleh PT Indo Cakra Abadi dengan sensitivitas hingga 95,9%

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan pihaknya terus berkomitmen mencegah penyebaran virus Covid-19, salah satunya dengan melakukan skrining berupa rapid test yang diadakan di Loby Mapolres Cianjur dan depan Gedung Kantor Sat Resnarkoba Polres Cianjur.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan rapid test untuk mengetahui kondisi kesehatan seluruh personel dan keluarga selama masa pandemi Covid-19 ini. Harapannya, melalui rapid test ini kita dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, apalagi kini kita tengah bersiap untuk memasuki era new normal,” ujarnya, saat memberi sambutan dalam pelaksanaan rapid test massal, Kamis (25/6/2020) di Cianjur, Jawa Barat.

Rapid test yang melibatkan 2000 peserta ini juga mendapatkan piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan rapid test terbanyak yang dilaksanakan oleh kepolisian resor (polres) terhadap anggota TNI/Polri, ASN, beserta keluarga.

“Sebetulnya ini bukan rapid test pertama yang digelar di polres. Namun, , ini merupakan yang terbanyak yang dipantau dengan jumlah peserta 2.000 orang, meski harus diverifikasi. Izinkan MURI menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai Rekor MURI Dunia Polres yang menyelenggarakan Rapid test dengan peserta terbanyak,” ujar Jusuf Ngadri, Senior Manager MURI.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi mengatakan dengan makin banyaknya kegiatan rapid test dilaksanakan, maka makin diketahui peta penyebaran covid-19 sehingga bisa lebih cepat untuk dicegah penyebarannya.

Apalagi hingga saat ini, selama satu bulan terakhir tidak ada penambahan kasus baru Covid-19 di Cianjur. Begitu pula dengan Jabar yang reproduksi penyebaan Covid-19 tak pernah lebih dari 1, padahal jumlah penduduk Jabar merupakan yang terbanyak.

“Kami harap kita semua bisa secara bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, dan kegaiatan yang dilaksanakan di Polres Cianjur bisa diikuti oleh polres lainnya. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada sahabat saya yang sudah menyediakan alat rapid test dengan tingkat sensitivitas yang sangat tinggi, produksi Indonesia” ujar Kapolda.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:30 WIB

Genjot Infrastruktur Pariwisata, Pemerintah Bangun Marina Center di Padang

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) khususnya Mentawai, Pemerintah tengah merancang pembangunan Marina Center di Padang.

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:30 WIB

Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Siap Selenggarakan Piala Dunia U-20

Langkah serius dilakukan Pemerintah Republik Indonesia terhadap persiapan Piala Dunia U-20 Tahun 2021. Didampingi Pemerintah Daerah Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar hari Kamis (6/8) siang…

Ilustrasi ANTAM (Foto Sindonews.com)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:15 WIB

Investor Tolong Catat! Antam Masih Jadi Bagian dari Indeks LQ45 dan IDX30 di BEI

ANTM mengungkapkan bahwa perseroan masih menjadi bagian dari Indeks LQ45 dan IDX30 di Bursa Efek Indonesia (BEI) berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pihak BEI untuk periode perdagangan…

Sunindo Adipersada IPO (TOYS) (Photo by IDX channel)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Sunindo Adipersada (TOYS) Tawarkan 170 Juta Saham di Lantai Bursa

PT Sunindo Adipersada, produsen boneka Internasional pada Kamis (6/8/2020) resmi mencatatkan diri sebagai emiten baru di Bursa Efek Indonesia.

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Pelatih Robert Pastikan Nazari dan Castillion akan Kembali ke PERSIB

Menjelang latihan bersama pada awal pekan depan, pelatih PERSIB Robert Alberts memberikan keterangan terkait tiga pemain asing yang masih berada di luar negeri. Seperti diketahui, tiga legiun…