Langkah Berinvestasi Properti pada Masa Pandemi

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 25 Juni 2020 - 18:45 WIB

Ilustrasi Properti
Ilustrasi Properti

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dalam webinar “The Best Time to Invest in Property” yang diselenggarakan oleh PT Waskita Karya Realty (Waskita Realty) beberapa waktu yang lalu, disebutkan bahwa dalam masa pandemi ini sebanyak 47% konsumen properti siap melakukan pengeluaran untuk investasi properti karena sebenarnya sudah mengalokasikan dana khusus.

Fakta ini disertai dengan kesadaran bahwa dengan kondisi yang serba menantang ini, anggaran investasi properti dapat berkurang sebesar 20%.

Dengan anggaran yang memang sudah dialokasikan, maka mereka juga memanfaatkan waktu yang mereka miliki untuk mengeksplorasi lebih banyak pilihan dengan mempelajari kelebihan produk-produk properti secara online.

Jumlah persentase konsumen properti ini merupakan hasil dari sebuah riset yang diadakan oleh Rumah123 yang menjadi salah satu narasumber webinar tersebut.

“Webinar diselenggarakan sebagai salah satu cara Waskita Realty mendampingi konsumen melakukan investasi pada produk properti di masa new normal ini. Masa pandemi ini memberikan sebuah kesempatan bagi kami untuk mempelajari tantangan baru, yaitu bagaimana mengkaji situasi industri properti Indonesia agar dapat menyesuaikan dengan perencanaan keuangan konsumen yang terdampak oleh pandemi,” tutur Rianto Triambudi selaku Vice President Sales Waskita Realty, sumber melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Rabu (24/6/2020).

Selanjutnya, riset yang dikemukakan oleh Rumah123 juga menyebutkan bahwa 97% konsumen mengharapkan inovasi-inovasi baru dari para pengembang properti agar dapat mengakomodasi kebutuhan mempelajari kelebihan-kelebihan dari produk properti yang mereka incar dan sejalan dengan penerapan physical distancing.

Menyikapi hal ini, Waskita Realty telah mengembangkan galeri virtual untuk beberapa proyeknya, yaitu aplikasi Android dan iOS untuk Vasaka Nines, serta galeri 3600 untuk Vasaka Solterra dan Vasaka The Reiz Condo.

Sepanjang Januari – April 2020, Rumah123 juga menyaring data ketertarikan konsumen properti dan ada empat area yang menjadi pertimbangan utama, yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Tangerang Selatan. Pada area-area ini, konsumen dapat menemukan properti idaman dari proyek-proyek Waskita Realty, yaitu Vasaka Solterra, Vasaka Nines, dan Yukata Suites.

Agar dapat mempelajari kelebihan dari properti-properti milik Waskita Realty ini, maka konsumen dapat mengikuti sebuah program kerja sama Waskita Realty dengan Bank BTN dalam program KPR From Home.

Bank BTN menyediakan fitur 4D Tour Service pada website yang memungkinkan untuk melihat detil unit hingga ke seluruh sudut ruangan dan seolah-olah masuk ke dalam unit rumah atau apartemen pilihan secara fisik langsung di lokasi proyek.

Program yang dapat diikuti hingga 30 Juni 2020 ini memberikan keuntungan bagi calon debitur atau konsumen untuk dapat mengajukan berkas aplikasi Kredit Kepemilikan Rumah maupun Apartemen (KPR/KPA) secara online melalui Portal BTN Properti. Dalam program ini Bank BTN menawarkan bunga angsuran mulai dari 6,0% fixed selama setahun.

Bahkan, konsumen juga bisa melacak posisi berkas pengajuan secara online. Masyarakat yang mengajukan KPR From Home juga akan dibebaskan dari beban biaya provisi, biaya administrasi, dan biaya appraisal.

Seluruh proses kredit bisa dilakukan secara online seperti pengajuan berkas melalui website atau Mobile Apps BTN Properti yang dapat diunduh di Playstore dan Appstore serta pembayaran booking fee.

Selain bekerjasama dengan Bank BTN, Waskita Realty juga berkolaborasi dengan Bank BNI dalam program Buy From Home yang menawarkan bunga angsuran ringan 1% fixed  selama satu tahun pertama. Wujud kolaborasi dalam rangka merayakan HUT Bank BNI ke 74 ini memudahkan pembelian properti Waskita Realty seperti Vasaka Solterra, Vasaka The Reiz Condo, Yukata Suites, Vasaka Nines dan 88 Avenue.

Para calon konsumen yang melakukan pembelian dalam program yang berlangsung hingga 31 Juli 2020 ini akan mendapatkan banyak keuntungan, di antaranya cashback hingga 125 juta rupiah dan diskon hingga sebesar 30%.

“Kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh konsumen. Inovasi pemasaran dan kolaborasi dengan berbagai pihak merupakan bagian dari cara kami beradaptasi dalam new normal sambil berupaya memberikan layanan prima bagi para konsumen,” tutup Rianto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi jaminan pensiun

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:30 WIB

Sungguh Miris! Hanya 16% Pekerja di Indonesia yang Miliki Jaminan Hari Tua & Pensiun

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu mengungkapkan bahwa hanya sedikit pekerja Indonesia yang memiliki jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

Gas Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:26 WIB

September 2020, Penyerapan Gas Bumi PGN di Sektor Indutri Menunjukkan Tren Naik Menjadi 230 BBTUD

Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) , Faris Aziz, mengungkapkan bahwa implementasi harga gas bumi USD 6 per MMBTU pada tujuh sektor industri tertentu telah memasuki tahap akhir…

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:07 WIB

Menteri Arifin Minta PLN Lakukan Berbagai Upaya Untuk Ciptakan BPP Tenaga Listrik yang Efisien

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, PLN perlu melakukan berbagai upaya optimal agar tercipta Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik yang efisien.

Ilustrasi Korban PHK (foto Okezone.com)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:01 WIB

Waduh Menyeramkan! Tsunami PHK di Tanah Air Bisa Capai 15 Juta Orang

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksi, pemutusan hubungan kerja (PHK) di tanah air mencapai 15 juta orang.

Ninja Xpress

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:00 WIB

Ninja Xpress-Mohoi Sepakat Dukung Sektor UMKM

Mengingat peran UMKM yang begitu penting bagi perekonomian nasional dan sebagai industri dengan penyerap lebih dari 86% angkatan kerja saat ini, Ninja Xpress dengan komitmennya untuk mengantarkan…