PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Berhasil Cetak Laba Bersih USD74,1 Juta, Silmy Karim: Saya Berhasil Matikan Keran Pengeluaran Keuangan

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 23 Juni 2020 - 16:29 WIB

Dirut Krakatau Steel Silmy Karim (ist)
Dirut Krakatau Steel Silmy Karim (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur utama PT Krakatau steel (Persero) Tbk (KRAS) Silmy Karim mengemukakan perseroan berhasil mencatatkan laba bersih USD74,1 juta di kuartal I-2020. Hasil tersebut meningkat dibanding torehan di 2019.

“Meski catatan tahun buku 2019 buruk, untuk mencapai titik itu saya perlu waktu sekitar tiga bulan untuk diagnosa sejak saya bergabung. Kemudian saya lakukan beberapa tindakan di awal tahun 2019 seperti mematikan keran pengeluaran keuangan. Misalnya biaya investasi yang besar kita stop,” jelas Silmy kepada IDX, dilansir Selasa (23/6).

Silmy menyatakan dengan menerapkan strategi yang tepat kinerja Krakatau Steel terbukti baik pada kuartal I-2020 dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Dan sampai 2018 hasilnya cukup signifikan khususnya dalam menekan biaya operasional, pengelolaan project, hingga penggunaan optimalisasi daripada penggunaan energy,” klaim Silmy.

Selama Krakatau Steel berdiri, diketahui kinerja tahun ini merupakan awal yang baik. Ditegaskan Silmy, untuk sampai ke titik tersebut perseroan membuat satu dukungan yang juga tentunya memudahkan kinerja perusahaan dalam melakukan tugas dan dengan manajemen yang solid.

“Selain itu, kita sama-sama ingin merapikan dan membereskan permasalahan yang ada. Kemudian, support dari Kementerian BUMN sebagai pemegang saham dan komisaris besar juga mendukung. Dan ini memudahkan bagi kita untuk melakukan hal itu,” sebutnya.

Selain itu, adanya pandemi Covid-19 tentunya memukul berbagai macam sektor dan mengakibatkan pelambatan di beberapa industri yang biasanya menyerap baja di dalam negeri. Hingga saat ini, dampak positif dari adanya pandemi belum terasa Krakatau Steel.

“Dampak Covid-19 itu baru terasa di Q2, market juga kan panic dengan adanya PSBB. Yang jadi problem itu kan distribusi barang menjadi terganggu. Karena pabriknya diberikan izin beroperasi, namun logistik nya tidak. Terkadang orang lupa, bahwa industri baja itu bukan hanya urusan konstruksi, tapi juga di industri industri yang menggunakan baja saat Covid-19 itu terkena dampaknya. Seperti internal otomotif terus kemudian juga elektronik dan atap baja ringan. Termasuk juga galangan kapal,” jelasnya.

Meski demikian, dirinya tetap bersyukur bahwa biaya sudah mulai turun signifikan. 

“Kemudian ada anak-anak perusahaan yang menopang kinerja induk, ya walaupun bisnsis bajanya hanya terkena dampak yang cukup lumayan. tapi pelabuhan kita yang KBR itu untungnya malah lebih besar,” katanya.

Pihaknya juga telah meresmikan satu fasilitas terminal yang tercepat dan terbesar pada hari ini Selasa. 

“Ini kan merupakan bisnis yang besar, kemudian Air Industry juga baik sehingga bisnis ini saling mengisi. Sekarang kan bisnis bajanya sendiri semakin efisien. Saya masih ada ruang efisiensi sekitar 25% lagi, dan sampai akhir tahun masih akan saya kejar 20% lagi,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:02 WIB

Pahamify dan Xiaomi Ajak Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru Penuh Semangat

Tahun Ajaran 2021/2022 baru saja dimulai beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sekolah dilaksanakan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan keadaan…

Dahlan Iskan

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:00 WIB

Ulama Wanita

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid-19 adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 77 tahun. Beliau guru besar ilmu fikih Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif…

Ilustrasi PLTS

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:32 WIB

Asosiasi Energi Surya Indonesia Minta Regulasi PLTS Atap Memihak Kepada Masyarakat

Revisi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 49/2018 belum juga selesai meski telah melewati pembahasan selama beberapa bulan.

Roman Forum, Roma, Italia (Foto: www.kolbehotelrome.com)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:30 WIB

Italia Hadirkan Video Game untuk Promosi Pariwisata dan Kebudayaan

Sebagai upaya untuk mempromosikan pariwsata, Kementerian Luar Negeri Italia (MFA Italia) telah memperkenalkan video game super menarik yang disebut, ITALY, Land of Wonders (ITALIA, Tanah Keajaiban).…