PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Berhasil Cetak Laba Bersih USD74,1 Juta, Silmy Karim: Saya Berhasil Matikan Keran Pengeluaran Keuangan

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 23 Juni 2020 - 16:29 WIB

Dirut Krakatau Steel Silmy Karim (ist)
Dirut Krakatau Steel Silmy Karim (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur utama PT Krakatau steel (Persero) Tbk (KRAS) Silmy Karim mengemukakan perseroan berhasil mencatatkan laba bersih USD74,1 juta di kuartal I-2020. Hasil tersebut meningkat dibanding torehan di 2019.

“Meski catatan tahun buku 2019 buruk, untuk mencapai titik itu saya perlu waktu sekitar tiga bulan untuk diagnosa sejak saya bergabung. Kemudian saya lakukan beberapa tindakan di awal tahun 2019 seperti mematikan keran pengeluaran keuangan. Misalnya biaya investasi yang besar kita stop,” jelas Silmy kepada IDX, dilansir Selasa (23/6).

Silmy menyatakan dengan menerapkan strategi yang tepat kinerja Krakatau Steel terbukti baik pada kuartal I-2020 dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Dan sampai 2018 hasilnya cukup signifikan khususnya dalam menekan biaya operasional, pengelolaan project, hingga penggunaan optimalisasi daripada penggunaan energy,” klaim Silmy.

Selama Krakatau Steel berdiri, diketahui kinerja tahun ini merupakan awal yang baik. Ditegaskan Silmy, untuk sampai ke titik tersebut perseroan membuat satu dukungan yang juga tentunya memudahkan kinerja perusahaan dalam melakukan tugas dan dengan manajemen yang solid.

“Selain itu, kita sama-sama ingin merapikan dan membereskan permasalahan yang ada. Kemudian, support dari Kementerian BUMN sebagai pemegang saham dan komisaris besar juga mendukung. Dan ini memudahkan bagi kita untuk melakukan hal itu,” sebutnya.

Selain itu, adanya pandemi Covid-19 tentunya memukul berbagai macam sektor dan mengakibatkan pelambatan di beberapa industri yang biasanya menyerap baja di dalam negeri. Hingga saat ini, dampak positif dari adanya pandemi belum terasa Krakatau Steel.

“Dampak Covid-19 itu baru terasa di Q2, market juga kan panic dengan adanya PSBB. Yang jadi problem itu kan distribusi barang menjadi terganggu. Karena pabriknya diberikan izin beroperasi, namun logistik nya tidak. Terkadang orang lupa, bahwa industri baja itu bukan hanya urusan konstruksi, tapi juga di industri industri yang menggunakan baja saat Covid-19 itu terkena dampaknya. Seperti internal otomotif terus kemudian juga elektronik dan atap baja ringan. Termasuk juga galangan kapal,” jelasnya.

Meski demikian, dirinya tetap bersyukur bahwa biaya sudah mulai turun signifikan. 

“Kemudian ada anak-anak perusahaan yang menopang kinerja induk, ya walaupun bisnsis bajanya hanya terkena dampak yang cukup lumayan. tapi pelabuhan kita yang KBR itu untungnya malah lebih besar,” katanya.

Pihaknya juga telah meresmikan satu fasilitas terminal yang tercepat dan terbesar pada hari ini Selasa. 

“Ini kan merupakan bisnis yang besar, kemudian Air Industry juga baik sehingga bisnis ini saling mengisi. Sekarang kan bisnis bajanya sendiri semakin efisien. Saya masih ada ruang efisiensi sekitar 25% lagi, dan sampai akhir tahun masih akan saya kejar 20% lagi,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…