Gagal Bayar Rp14 Triliun, Pendiri KSP Indosurya: Saya WNI, Saya Terzalimi, Kok Orang Jahat Banget!

Oleh : Candra Mata | Selasa, 23 Juni 2020 - 09:50 WIB

Pendiri KSP Indosurya (Antara)
Pendiri KSP Indosurya (Antara)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pendiri dan mantan Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta Henry Surya menjamin akan menuntaskan kewajiban kepada para nasabah atau anggota koperasi tersebut.

"Keluarga kami sudah malang melintang di dunia finansial dan properti selama lebih dari 45 tahun. Kredibilitas dan kepercayaan sudah dibangun. Masalah saat ini jelas berdampak ke bisnis Indosurya lainnya. Karena itu saya punya kewajiban untuk menjaga nama baik keluarga dan membereskan hal ini semua," ujar Henry di Jakarta dilansir Antara Selasa (23/6).

Henry menegaskan, nama baik keluarga yang sudah malang melintang di dunia finansial lebih penting untuk dijaga.

Oleh karena itu, ia memilih untuk membantu membereskan masalah yang terjadi saat ini dan berharap KSP Indosurya bisa kembali beroperasi setelahnya.

Ia mengungkapkan, dirinya dan pengurus tak pernah terbersit sedikitpun untuk merugikan pihak lain, apalagi menutup KSP Indosurya yang sudah lebih dari delapan tahun berjalan dengan baik dan memberikan manfaat buat anggota/calon anggota.

Soal tudingan yang memosisikan dirinya seolah mengemplang dana simpanan anggota untuk keperluan pribadi, Henry mengatakan sangat menyesalkan hal tersebut.

Ia menuturkan, isu tersebut bukan hanya menjatuhkan kredibilitasnya, tapi juga berdampak terhadap keluarga. Terkait fitnah dan pencemaran nama baik yang dilakukan pihak-pihak tertentu, ia menyerahkan langkah-langkah yang diperlukan kepada kuasa hukumnya Juniver Girsang.

"Saya benar merasa terzalimi, dicemarkan nama baik secara pribadi, keluarga dan korporasi. Terhadap semua fitnah dan pencemaran nama baik ini, saya serahkan kepada kuasa hukum saya, Pak Juniver Girsang untuk melakukan langkah hukum yang diperlukan," kata Henry.

Meskipun tak lagi menjadi pengurus KSP, Henry menegaskan akan tetap membantu membereskan masalah tersebut demi menjaga kredibilitas dan kepercayaan ke unit bisnis Indosurya yang lain.

Ia menduga isu—isu yang dihembuskan sejumlah pihak ke Indosurya, seakan disengaja untuk menurunkan grup bisnis Indosurya dan mengambil keuntungan dari rusaknya bisnis Indosurya.

"Kok orang jahat banget. Orang tua saya sudah lama berbisnis di sektor keuangan dan properti. Saya memang ada aset di luar negeri, tapi jumlahnya tak seberapa. Aset dan bisnis saya ada di dalam negeri. Saya WNI dan saya berbisnis di sini," pungkas Henry.

Perlu diketahui, KSP Indosurya diduga gagal bayar kepada nasabahnya. Potensi kerugian dari gagal bayar disebut mencapai Rp14 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengurangan Risiko Penularan Covid-19 di Transportasi Udara

Senin, 21 September 2020 - 09:05 WIB

Kaji Penguatan Standar Kesehatan pada Transportasi Udara Selama Pandemi, Litbang Perhubungan Gandeng Universitas Indonesia

Jakarta–Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total selama dua minggu terhitung sejak per 14 September 2020.

Pembangunan madrasah

Senin, 21 September 2020 - 09:03 WIB

Kementerian PUPR Genjot Rehabilitasi 780 Sekolah dan 192 Madrasah pada 2020

Tercatat rehabilitasi sekolah yang telah ditangani hingga September 2020 mencapai 2.247 Sekolah dan 334 Madrasah yang sebanyak 780 unit sekolah (SD, SMP dan SMU) dan 192 unit madrasah (Ibtidaiyah,…

Labuan Bajo NTT

Senin, 21 September 2020 - 09:00 WIB

Pembangunan Bandara dan Pelabuhan Disiapkan Dukung Pariwissata Labuhan Bajo

Pembangunan infrastruktur khususnya dalam sektor transportasi harus dilanjutkan karena dapat membantu percepatan ekonomi nasional dengan menciptakan lapangan kerja baru hingga membuka konektivitas…

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

Senin, 21 September 2020 - 08:42 WIB

Agar Selalu Sehat di Tengah Pandemi, Berikut Isi Ceramah Subuh Kepala Labor RS-Unand yang Patut Disimak

Dr.dr.Andani Eka Putra M.Sc Kepala Labor RS-Unand, pada Minggu 20 September setelah Syalat Subuh di Masjid Muhajirin Mawar Putih, menyampaikan ceramah dengan Tema : Pencerahan penularan Wabah…

Wapres Ma'ruf Amin (Antara)

Senin, 21 September 2020 - 08:26 WIB

Wapres Ma'ruf Amin Berharap Tren K-pop Tumbuhkan Kreatifitas Anak Muda Indonesia

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin terus mendorong kreativitas anak muda Indonesia dalam mempromosikan budaya bangsa ke dunia internasional. Salah satunya bisa dengan mengadopsi cara Korean…