Pandemi Covid-19 Ubah Pola Belanja Konsumen, Penjualan Jet Commerce Tetap Meningkat Selama Ramadan 2020

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 23 Juni 2020 - 09:10 WIB

Jet Commerce Mengajak Masyarakat Untuk Mengikuti Imbauan Pemerintah Dengan Tetap Beraktivitas di Rumah dan Memenuhi Kebutuhannya Secara Online Melalui E-commerce
Jet Commerce Mengajak Masyarakat Untuk Mengikuti Imbauan Pemerintah Dengan Tetap Beraktivitas di Rumah dan Memenuhi Kebutuhannya Secara Online Melalui E-commerce

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Meskipun masih terdapat beragam pembatasan di berbagai sektor karena pandemi Covid-19 di Indonesia serta Kebijakan pemerintah yang mendorong masyarakat untuk tetap berada di rumah dan melakukan segala aktivitasnya dari rumah nampaknya turut memicu peningkatan penjualan berbagai produk penunjang aktivitas dan kebutuhan rumah tangga pada platform e-commerce.

Jet Commerce, e-commerce enabler penyedia solusi e-commerce terpadu, mencatat peningkatan penjualan sepanjang Ramadan 2020 di berbagai platform e-commerce di Indonesia, dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun lalu. Bahkan, beberapa kategori mengalami kenaikan nilai transaksi yang signifikan, seperti penjualan pada kategori Toys yang merangsek naik sebanyak 638%, kategori Pet Food naik 503%, dan kategori Mom & Baby yang naik sekitar 311%.

"Di bulan Ramadan, kecenderungan orang untuk berbelanja online biasanya meningkat. Namun seruan pemerintah untuk menghindari keramaian dan menerapkan physical distancing akibat mewabahnya pandemi covid-19 di Indonesia telah memicu masyarakat untuk semakin memanfaatkan e-commerce dalam memenuhi kebutuhan mereka selama Ramadan tahun ini," ujar Webber Chen, Chief Executive Officer Jet Commerce Indonesia, sumber melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (22/6/2020).

Hal ini dibuktikan dari tiga kategori dengan jumlah pesanan tertinggi sepanjang Ramadan tahun ini, yaitu kategori Health & Beauty yang mencatat 34% pesanan, dan kategori Mom & Baby serta Electronic yang berkontribusi sebanyak 24% dari total keseluruhan penjualan Jet Commerce selama bulan Ramadan tahun ini.

Di samping itu, Jet Commerce juga menemukan beberapa insight atau pembelajaran menarik dari perubahan perilaku konsumen selama Ramadan di masa pandemi ini. Sejalan dengan hasil riset terbaru yang dilakukan oleh iPrice bahwa terdapat pola belanja yang berbeda pada Ramadan tahun ini, Jet Commerce mencatat bahwa konsumen tidak mempersiapkan kebutuhan Ramadan jauh – jauh hari sebelum memasuki bulan puasa, seperti yang biasanya terjadi.

Hal ini ditunjukkan dari peningkatan tertinggi jumlah pesanan yang justru terjadi pada minggu pertama di bulan Ramadan, yakni meningkat sebanyak 54% dari jumlah pesanan seminggu sebelum memasuki bulan Ramadan.

Jet Commerce juga menemukan fakta bahwa jumlah penjualan terbanyak terjadi pada minggu kedua dan ketiga pada bulan Ramadan tahun ini, yakni pada minggu kedua terjadi 27% penjualan dan pada minggu ketiga terjadi 29% penjualan dari total keseluruhan penjualan selama bulan Ramadan.

Puncak nilai transaksi tertinggi juga terjadi pada waktu yang sama, yaitu di tanggal 5 dan 11 Mei 2020 atau pada minggu kedua dan ketiga Ramadan, di mana merupakan periode utama masa kampanye Ramadan yang diselenggarakan berbagai platform e-commerce di Indonesia. Dengan kata lain, konsumen turut memanfaatkan momentum kampanye untuk berbelanja online.

Tidak hanya itu, waktu paling aktif bagi konsumen dalam berbelanja online selama Ramadan terjadi pada pukul 00.00 – 02.00 dini hari dan pukul 09.00 – 12.00.

“Selalu ada pola – pola tertentu yang terjadi pada momen – momen spesial seperti bulan Ramadan, apalagi di masa pandemi seperti ini yang telah mendorong penetrasi bisnis e-commerce menjadi semakin besar dan menjangkau ke berbagai daerah. Untuk itu, Jet Commerce selalu mempelajari pola – pola konsumen dalam berbelanja online yang terjadi dari tahun ke tahun untuk membantu pertumbuhan bisnis para mitra kami dengan mendapatkan hasil yang maksimal melalui e-commerce,” tutur Webber.

Meskipun transaksi melalui e-commerce masih didominasi warga yang berdomisili di DKI Jakarta dan Jawa Barat, namun keterbatasan yang terjadi karena pandemi ini telah turut serta mendorong konsumen yang berada di berbagai daerah untuk memanfaatkan platform e-commerce dalam memenuhi kebutuhannya.

Seperti pada Ramadan tahun ini, Jet Commerce mencatat pembelian terjauh secara geografis pada kategori Health & Beauty terjadi dari Provinsi Aceh, Sulawesi Utara, dan Papua, sementara pada kategori Mom & Baby pembelian terjauh terjadi dari Bengkulu, dan Electronic terjadi dari Provinsi Aceh, Papua, dan Maluku.

Selain itu, Jet Commerce juga mencatat peningkatan daya beli konsumen pada beberapa kategori produk selama Ramadan tahun ini. Seperti daya beli konsumen terhadap kategori produk Mom & Baby yang meningkat sebesar 27% jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu, dengan basket size atau nilai transaksi rata – rata tiap konsumen dalam sekali pembelanjaan sebesar Rp 280 ribu, serta pada kategori produk Toys yang meningkat 6% dengan nilai rata – rata Rp 312 ribu dalam sekali pembelanjaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…