HIPMI dan Amazon Web Services Sepakat Dorong UMKM Go Digital

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 20 Juni 2020 - 15:45 WIB

Gelar Digital and Technology Sharing and Training Dengan Tema Transformasi Digital
Gelar Digital and Technology Sharing and Training Dengan Tema Transformasi Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 175.4 juta orang. Pertumbuhannya dalam satu tahun terakhir pun cukup signifikan, yaitu 17% atau sejumlah 25 juta pengguna baru. Dalam 175 juta pengguna internet tersebut, 91%-nya adalah pengguna sosial media dengan pertumbuhan 8% atau 12 juta pengguna dalam kurun setahun.

Sehubungan dengan fenomena tersebut, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) menggelar Digital and Technology Sharing and Training dengan tema “Transformasi Digital untuk Membangun Daya Saing Perusahaan".

200 peserta webminar yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan live di YouTube HIPMI TV ini mendapat animo tinggi dari ratusan peserta yang merupakan praktisi bisnis muda se-Indonesia.

“Dalam webinar ini, kita banyak sharing seputar UMKM go digital dengan program dari Amazon Web Series dan beberapa narasumber lain. Tentunya setelah sharing dan training ini, HIPMI akan membantu memberikan pendampingan pada UMKM. Ke depannya UMKM harus bisa bertransformasi ke dunia digital karena untuk survive pada kondisi sekarang perlu kreativitas,” papar Anggawira, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Sabtu (20/6/2020).

Sementara Country Manager dari Amazon Web Service Indonesia, Gunawan Susanto menyatakan UMKM di Indonesia harus bertransformasi ke digital untuk menjangkau pelanggan baru.

“Bila sekarang orang tidak bisa ke toko, maka kita harus pikirkan cara baru untuk menjangkau customer. Sekarang untuk membangun di cloud kami sudah sangat mudah dan murah,” ujar Gunawan Susanto.

Gunawan menyampaikan bahwa perlu adanya komitmen dari CEO perusahaan dan budaya dari startup atau UMKM tersebut untuk menerapkan ekosistem digital.

"Transformasi digital membutuhkan komitmen dari seluruh aspek perusahaan. Transformasi bukan hanya sekadar beli dan memakai teknologi baru, tapi juga menerapkannya dalam business process, berinovasi, dan memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik," katanya. 

Acara yang dipandu oleh presenter TV Brigita Manohara ini pun dilanjutkan dengan sharing dari William Simiadi selaku Managing Director Vivere Group, dan Anthony Leong, CEO Menara Digital yang juga Ketua Hubungan Media BPP HIPMI.

Adapun Anthony mengatakan HIPMI dan AWS ke depannya akan melakukan serial dialog dan pelatihan untuk membantu UMKM Indonesia.

"Kita hadir memberikan edukasi pendampingan kepada masyarakat dan juga UMKM. Kondisi pandemi sekarang butuh sinergitas antar stakeholder bantu perekonomian nasional. Quality product is king, how to marketing is queen. Ini harus diterapkan oleh para pelaku UMKM," ujarnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…