Ini Rapor Ahok 7 Bulan Jadi Komut Pertamina

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 19 Juni 2020 - 07:03 WIB

Ahok (foto Dok Industry.co.id)
Ahok (foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Komisaris Utama (Komut) di Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, telah masuk bulan ketujuh menjabat sebagai Komisaris Utama (Komut) di Pertamina. Pengamat Energi, Kurtubi mengatakan kontribusi Ahok di Pertamina belum terlihat signifikan lantaran pengendali utama perseroan adalah direktur utama.

“Kinerja Ahok di perusahaan minyak dan gas milik negara itu belum menunjukkan hasil yang signifikan. Belum kelihatan yang signifikan setelah masuknya Ahok di Komisaris karena memang yang mengendalikan perusahaan kan Dirut bukan komisaris," kata Kurtubi , sebagaimana melansir detikcom, Selasa (16/6/2020).

Namun Kurtubi menilai kolaborasi Nicke dan Ahok di Pertamina cukup bagus dalam pembatalan pembangunan kilang baru atau grass root refinery (GRR) di Bontang. Dia menilai jika pembangunan kilang itu dilanjutkan maka hasilnya tidak akan efisien.

"Saya menghargai kinerja Komisaris dan Direksi Pertamina yang telah memutuskan untuk membatalkan Proyek Investasi Pembangunan Kilang GRR Bontang berkapasitas besar. Kalau dilanjutkan, proyek ini tidak efisien," imbuhnya.

Pembangunan kilang di Bontang untuk Indonesia Timur itu dinilai membutuhkan biaya produksi BBM yang mahal karena jaraknya yang jauh. Belum lagi minyak mentahnya yang berasal dari impor.

"Minyak mentahnya berasal dari impor, bukan dari Kalimantan Timur, membutuhkan dermaga pelabuhan yang lautnya dalam, padahal pantai Bontang dangkal," terangnya.

Sementara Pengamat Energi dari Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro mengatakan adanya Ahok di Pertamina lebih dominan dari sisi komunikasi publiknya. Dia menilai Ahok memiliki perhatian khusus di masyarakat.

"Dari sisi komunikasi publik saya melihatnya yang cukup dominan. Mungkin karena ada perhatian khusus terhadap Pak Ahok sampai-sampai dalam pengambilan kebijakan, beliau yang lebih banyak diberitakan bukan dirutnya," kata Komaidi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…