Cisco Menyederhanakan Keamanan untuk Agenda IT yang Semakin Cepat Saat Ini

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 18 Juni 2020 - 12:00 WIB

Cisco (Photo by Pinterest)
Cisco (Photo by Pinterest)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Cisco (NASDAQ: CSCO), pemimpin dalam keamanan perusahaan, mengumumkan ketersediaan Cisco SecureX secara global, platform keamanan cloud-native yang terluas dan terintegrasi. Cisco SecureX juga telah dilengkapi dengan semua produk Cisco Security agar bisa menyederhanakan dan meningkatkan cara pelanggan mengelola keamanan.

“SecureX hadir mulai tanggal 30 Juni 2020 sebagai solusi bagi perusahaan untuk mengelola tantangan bisnis dan keamanan pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Terjadi karena percepatan transformasi digital dan peningkatan tren bekerja dari jarak jauh atau remote seperti saat ini,” jelas pihak Cisco sumber melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Rabu (17/6/2020).

Cisco memiliki komitmen jangka panjang untuk menghubungkan dan melindungi pelanggannya agar bisa bekerja dari mana saja, di perangkat apa pun, dan menjalankan misinya untuk menyatukan dan mengoptimalkan portofolio keamanannya.

Mengelola keamanan perusahaan adalah hal yang rumit–mulai dari mengikuti perkembangan proses bisnis baru, melacak ancaman yang berkembang, dan menjelajahi lanskap vendor yang luas. Data dari C-suite mendukung hal ini.

Menurut survei CIO Perspectives 2020 oleh Cisco pada 1.300 CIO global, terdapat dua tantangan utama yang dihadapi CIO, yaitu keamanan dan kompleksitas. Lebih dari dua pertiga CIO merasa kesulitan. Salah satu cara yang ditempuh oleh pelaku keamanan untuk memerangi kompleksitas ini adalah dengan melakukan konsolidasi vendor.

Data baru yang dirilis CISO Benchmark Report Cisco 2020 mengungkapkan bahwa ketika berhadapan dengan serangan siber, perusahaan yang memiliki vendor keamanan banyak, mengalami downtime yang lebih lama, biaya yang lebih tinggi, dan catatan pelanggaran yang lebih banyak.

Untuk mengatasi tantangan keamanan saat ini dan masa depan, SecureX mengaitkan cakupan luas portofolio keamanan terintegrasi milik Cisco dengan infrastruktur keamanan pelanggan secara menyeluruh agar bisa memberikan pengalaman pengguna yang konsisten dan lebih sederhana.

Hal ini dapat menyatukan visibilitas, memungkinkan otomasi, dan memperkuat keamanan di seluruh jaringan, endpoints, cloud, dan aplikasi. Dengan SecureX, semua pelanggan baru dan yang sudah ada akan mendapat manfaat dari kemampuan ini tanpa membutuhkan biaya tambahan:

- Visibilitas Terpadu – SecureX menyediakan metrik operasional dan ancaman utama di seluruh jaringan, endpoints, cloud, dan aplikasi. Dengan fitur pita SecureX, platform ini terintegrasi dalam setiap teknologi Cisco Security sehingga pelanggan dapat mengakses kemampuan platform dengan mulus di semua produk.

- Otomasi untuk Meningkatkan Efisiensi Operasional – Pelanggan dapat mengotomasi alur kerja lintas produk dari Cisco Security dan pihak ketiga sehingga mereka dapat fokus pada tugas yang lebih penting. SecureX dapat menghemat jam kerja manual pelanggan dengan mengotomasi pencarian ancaman berdasarkan data intelijen ancaman Talos Cisco dan sumber intelijen lainnya.

- Keamanan yang Diperkuat – Respons ancaman SecureX memungkinkan para pakar keamanan untuk mengidentifikasi target yang terkena dampak dan memulihkannya hanya dalam beberapa menit dengan melakukan korelasi data intelijen dari berbagai sumber intelijen dan telemetri dari jaringan, endpoints, email, cloud, dan produk pihak ketiga.

Sejak SecureX diumumkan pertama kali, tanggapan para pelanggan dan mitra sangat luar biasa:

“Pendekatan platform seperti SecureX adalah masa depan keamanan di Mohawk Industries,” kata Michael Degroote, Infrastructure Consultant Mohawk Industries.

“Ini akan membuat segalanya lebih mudah, lebih cepat, dan akan membawa banyak manfaat di lingkungan kami daripada sebelumnya. Kami melihat bahwa otomasi dan cara kerja yang bisa disesuaikan di SecureX akan membawa perubahan dalam lingkungan zero-trust dan akan meningkatkan keamanan untuk perusahaan kami,” ujarnya.

“Salah satu aspek terpenting sebagai seorang CISO adalah memastikan bahwa saya bisa senantiasa memberikan data intelijen ke lembaga lain,” kata Mick Jenkins, Chief Information Security Officer at Brunel University.

“Pendekatan platform memberikan kami kemampuan melakukan investigasi forensik yang luar biasa dan terkait satu sama lain,” jelasnya.

“Keamanan jaringan yang harmonis dan platform kolaboratif merupakan kunci dari keberhasilan kerjasama tim dalam menyelesaikan suatu masalah. Karena Anda berada pada kondisi paling rentan ketika bekerja dalam silo," kata Collin John, Manajer Keamanan Global di Alvarez dan Marsal.

“Platform ini menyatukan visibilitas dengan memanfaatkan DevOps, SecOps, dan bahkan infrastruktur,” tambahnya.

“Kami melihat pelanggan kami mulai melakukan konsolidasi atas sejumlah vendor keamanan mereka. Selain itu, mereka juga menginginkan solusi yang mudah dikelola dan diintegrasikan dengan investasi keamanan milik mereka sebelumnya. Portofolio solusi keamanan Cisco saat ini tergolong luas dan kuat. Dengan Cisco SecureX, jadi lebih mudah bagi kami untuk menunjukkan kepada pelanggan manfaat dari kolaborasi beberapa produk yang saling bekerja sama,” kata Bob Cagnazzi, CEO at Presidio.

“Kami tentunya menyambut peluang yang diberikan SecureX untuk Presidio dalam hal kemudahan menambahkan layanan di atas platform SecureX agar bisa meningkatkan pengalaman pelanggan kami,” lanjutnya.

“Dengan SecureX, kami ingin memberikan pandangan baru kepada pelanggan kami mengenai keamanan, dengan membuatnya jadi sederhana dan terotomasi,” kata Gee Rittenhouse, SVP and GM of Cisco’s Security Business Group.

“Kami sadar bahwa ini akan menjadi hal yang transformatif bagi industri, tapi kami tidak pernah menyangka bahwa ini akan menjadi sangat penting untuk profesional keamanan dan TI saat ini. Di tengah dunia baru yang dinamis seperti sekarang, pelanggan membutuhkan platform keamanan yang dapat melindungi karyawan di mana pun mereka bekerja agar bisa memenuhi tantangan hari ini dan masa depan,” ujarnya.

Selain penggunaan SecureX yang sederhana, Cisco Security juga menawarkan peningkatan layanan dan integrasi baru untuk mengamankan pekerja jarak jauh (atau remote) termasuk:

- Perlindungan lebih baik atas pengguna dan perangkat terpadu melalui integrasi antara keamanan endpoint dan MFA.

- Pelanggan dapat menggunakan email cloud dengan lebih percaya diri. Cloud Mailbox Defense untuk Office365 menyediakan visibilitas email lengkap (pesan masuk, keluar, dan internal) dengan konteks untuk memperkuat perlindungan terhadap ancaman lewat email seperti phishing, ransomware, spoofing, dan spam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…