Upaya Pemerintah Dalam Tingkatkan Daya Saing Industri Dalam Negeri di Tengah Covid-19

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Juni 2020 - 07:30 WIB

Oxford Business Group
Oxford Business Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Oxford Business Group (OBG), firma riset dan penasehat global, baru saja merilis The Report: Indonesia 2020 yang merupakan laporan analisis tahunan mengenai perkembangan berbagai sektor di Indonesia.

Tahun ini, The Report: Indonesia 2020 mengulas upaya pemerintah Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 dan juga membahas rancangan Omnibus Law yang dicanangkan kepemerintahan Presiden Jokowi dalam rangka merampingkan perundangan dalam negeri, mengurangi kerumitan birokrasi, serta meningkatkan daya tarik investasi.

Laporan ini juga membahas upaya pemerintah melakukan reformasi hukum dan pengembangan sumber daya manusia dalam rangka menciptakan tenaga kerja yang siap bersaing di masa depan dari jumlah populasi Indonesia yang mencapai lebih dari 260 juta jiwa.  Hal ini merupakan salah satu landasan kampanye Presiden Jokowi.

Potensi sumber daya manusia terlihat seiring dengan Indonesia yang semakin berkembang menjadi pusat teknologi dunia. Hal ini didukung oleh keberhasilan empat start-up unicorn dan satu decacorn serta semakin berkembangnya perusahaan lokal di wilayah Asia Tenggara.

Dengan semakin banyaknya penyedia layanan internasional yang memilih Jakarta sebagai tujuan untuk membangun pusat data cloud perdana di Asia Tenggara, laporan ini memetakan peluang perkembangan ekonomi digital Indonesia. Laporan ini juga membahas peran berbagai perusahaan besar di bidang teknologi dalam meningkatkan inklusi keuangan dengan menyediakan layanan pembayaran nontunai bagi masyarkat yang tidak memiliki rekening bank.

Indonesia juga memiliki fokus di sektor energi yang meliputi minyak, gas, batubara, dan energi terbarukan. Laporan ini juga membahas rencana pemerintah dalam meningkatkan aktivitas hulu, dengan ladang minyak dalam negeri yang semakin berkembang dan meningkatnya konsumsi energi.

Laporan Ini juga menyoroti rencana investasi Presiden Jokowi senilai $412 miliar untuk pengembangan infrastruktur transportasi, termasuk jalan raya, bandara, dan pelabuhan. Berbagai proyek prospektif ini dapat mengurangi biaya logistik dan menciptakan peluang kerja baru apabila anggaran yang diperlukan dapat dikeluarkan, seiring dengan pemulihan perekonomian dunia dari pandemi Covid-19.

Sebagai produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia sangat bergantung pada komoditas ini untuk pendapatan ekspor. Sektor tersebut menyediakan lapangan kerja bagi kurang lebih sepertiga populasi tenaga kerja di Indonesia. OBG membahas upaya Indonesia yang semakin memprioritaskan sustainability (keberlanjutan) di masa depan. Laporan ini juga menganalisis peran teknologi dalam meningkatkan produksi di petani kecil.

The Report: Indonesia 2020 menghadirkan sudut pandang Presiden Joko Widodo dan menyediakan panduan terperinci berbagai sektor bagi para investor.

The Report: Indonesia 2020 menyajikan berbagai wawancara dengan berbagai tokoh terkemuka seperti: Menteri Keuangan Sri Mulyani; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan; Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo; Co-CEO Gojek Kevin Aluwi; Co-Founder Bukalapak Muhamad Fajrin Rasyid; dan Founder Halodoc Jonathan Sudharta.

Oliver Cornock, Editor-in-Chief OBG mengatakan bahwa terjadinya pandemi Covid-19 tak diragukan lagi akan menjadi tantangan jangka pendek bagi Indonesia. Namun, apabila diiringi dengan program reformasi yang luas, Indonesia diharapkan akan tetap mampu mencapai tujuan pengembangannya sesuai dengan rencana.

“Meningkatnya kemampuan konsumen, pengaruh regional, serta pertumbuhan ekonomi dalam negeri di atas 5% selama lima tahun terkahir, Indonesia telah menjadi negara tujuan investasi yang menarik. Kami mengharapkan adanya berbagai upaya untuk meningkatkan iklim usaha melalui perubahan regulasi dan reformasi pajak untuk menghasilkan gelombang pemasukan baru seiring dengan surutnya dampak Covid-19, "ujar Oliver.

Patrick Cooke, OBG’s Regional Editor for Asia, menambahkan bahwa pandemi telah menyoroti sektor manufaktur Indonesia yang memiliki prospek untuk pengembangan lebih lanjut.

"Pandemi covid-19 telah mengganggu rantai pasokan internasional dan memunculkan berbagai tantangan, tetapi hal ini bisa jadi peluang bagi Indonesia karena memiliki pasar lokal yang cukup besa. Upaya pemerintah dalam memperbaiki UU Ketenagakerjaan dan mengatasi kekurangan infrastruktur transportasi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia pasti akan menari investor, "ujar Patrick.

The Report: Indonesia 2020 merupakan hasil dari penelitian lapangan yang dilakukan oleh tim analis Oxford Business Group selama lebih dari 12 bulan. Laporan ini mengulas tren dan perkembangan di seluruh ekonomi, termasuk di bidang ekonomi makro, infrastruktur, perbankan, TIK, dan sektor-sektor utama lainnya.

The Report: Indonesia 2020 diproduksi bersama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM), PwC, dan firma hukum Lubis, Santosa & Maramis.

The Report: Indonesia 2020 akan tersedia dalam bentuk cetak maupun digital.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin