Dancow Nutritods Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Oleh : Erni S | Senin, 15 Juni 2020 - 18:27 WIB

Nutritods 101 Monitor
Nutritods 101 Monitor

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Seiring dengan berlanjutnya proses pembelajaran di rumah sesuai dengan peraturan pemerintah, para orang tua akan dihadapi tantangan baru dalam mempertahankan optimalisasi perkembangan dan pertumbuhan anak dalam tatanan kenormalan baru, terutama bagi anak usia Toddler dan Prasekolah.

Pritha, selaku VP - Category Marketing Manager Nestlé DANCOW Susu Pertumbuhan, menyatakan, “Nestlé DANCOW terus berkomitmen untuk menghadirkan solusi di tengah tantangan yang dihadapi bersama terutama di tengah situasi seperti saat ini. DANCOW Nutritods merupakan inovasi terbaru yang diformulasikan khusus dengan memenuhi berbagai nutrisi penting untuk membantu melindungi tumbuh kembang dan eksplorasi anak Indonesia di usia Toddler dan Prasekolah.

DANCOW Nutritods hadir untuk anak usia 1+, 3+, dan 5+, dengan kandungan 0 g sukrosa, bakteri baik Lactobacillus rhamnosus dan mikronutrien yang disesuaikan dengan kebutuhan anak Indonesia di setiap masa pertumbuhannya. Tinggi vitamin A dan C serta dilengkapi juga dengan Protein, Minyak Ikan, serta Omega 3 & 6 untuk membantu pertumbuhan Si Buah Hati.

Anak usia 1-5 tahun merupakan periode potensial untuk melahirkan generasi unggul Indonesia yang sehat, tangguh, kreatif, inovatif, dan berperilaku baik sesuai dengan program pemerintah dalam menciptakan Generasi Emas Indonesia pada 20451. Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si, Ahli Tumbuh Kembang memaparkan, “Tumbuh kembang dalam masa Toddler dan Prasekolah sangat penting karena proses perkembangan otak, psikomotor, dan psikososial anak sangat cepat sehingga penting bagi orang tua Indonesia untuk mencukupi kebutuhan dasar Si Buah Hati dengan memberikan nutrisi, stimulasi yang tepat, dan cinta yang dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya pada masa ini, serta melindungi mereka dari berbagai penyakit. Periode ini sangat penting maka para orang tua harus konsisten memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut agar tetap sehat, tumbuh kembangnya optimal, cerdas, kreatif, dan berperilaku baik sehingga akan menjadi generasi penerus yang unggul.”

Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, Pakar Gizi Medik, turut menambahkan, “Anak pada usia 1-5 tahun rentan terkena penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan diare. Pemberian asupan probiotik yakni bakteri baik Lactobacillus rhamnosus, dapat memberikan efek immunomodulatory atau membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Para orang tua dapat memberikan asupan probiotik yang terdapat pada susu dan makanan tradisional yang kita konsumsi sehari-hari seperti tape, jenis-jenis keju, yoghurt, dan lain-lain.”

Sementara itu Psikiater Anak, Prof. Dr. dr. Tjhin Wiguna, Sp. KJ (K) memaparkan bahwa para orang tua juga perlu mengetahui bagaimana peran otak terhadap tumbuh kembang anak di usia 1-5 tahun ini, “Orang tua memiliki peranan penting dalam mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi proses perkembangan otak terkait dengan tumbuh kembang anak apalagi di usia Toddler dan Prasekolah. Dalam memonitor pertumbuhan anak 1-5 tahun, perlu diketahui terdapat lima dimensi tumbuh kembang yaitu kesehatan, kognitif, motorik, bahasa, dan sosio-emosional yang akan mengalami banyak sekali perubahan dan perkembangan yang menjadi bekalnya kelak di usia dewasa. Mulai dari pemenuhan nutrisi seimbang, pemberian stimulasi agar terus bereksplorasi walau di rumah saja, serta kasih sayang Bunda dan Ayah untuk menjaga perkembangan mental Si Buah Hati dalam situasi yang menantang ini, kesemuanya itu merupakan 'brain food' bagi perkembangan otak anak di usia Toddler dan Prasekolah dalam mencapai tumbuh kembang yang optimal.”

Psikolog klinis, Dra. Ratih Ibrahim, M.M., turut menambahkan, “Di masa Toddler, anak mulai belajar untuk mandiri, dimulai dengan belajar melakukan hal-hal yang sederhana sendiri. Memasuki usia Prasekolah anak mulai belajar untuk memiliki rasa tanggung jawab dan memiliki ambisi, dorongan untuk mempunyai prestasi. Agar pertumbuhan anak tetap terjaga dan optimal, orangtua perlu secara konsisten memberikan berbagai stimulasi yang tepat bagi Si Buah Hati. Semua kegiatan stimulasi tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan Si Buah Hati di usia perkembangannya, antara lain dengan melakukan berbagai kegiatan sederhana di rumah menggunakan permainan edukatif seperti puzzle, atau dengan memasak bersama, storytelling, menggambar, menari, dan lain-lain. Semua kegiatan tersebut tidak hanya mendorong Si Buah Hati untuk menjadi aktif dan gembira di rumah, melainkan juga menumbuhkan ikatan kasih sayang yang kuat antara orang tua dan Buah Hatinya.”

Peluncuran resmi Nestlé DANCOW Nutritods hari ini juga turut mempersembahkan serangkaian program melalui platform digital resmi DANCOW untuk terus mendukung dan menemani Bunda dan Buah Hati secara virtual. DANCOW Nutritods menginisiasi program online spesial bertajuk Nutritods 101 Academy dan DANCOW Edu-Play Land yang menyajikan berbagai informasi, edukasi, dan aktivitas yang dapat menstimulasi dan mengoptimalkan lima dimensi anak serta sebagai wadah untuk para orang tua berbagi tips yang memotivasi anak di masa Toddler dan Prasekolah untuk terus bereksplorasi. 

“Serangkaian program Nutritods, disusun dengan melibatkan berbagai para ahli, didedikasikan khusus untuk menunjang kebutuhan tumbuh kembang optimal anak usia Toddler dan Prasekolah. Tidak hanya memberikan inovasi baru dalam formulasi produknya, inovasi program seperti Nutritods 101 Monitor dan DANCOW Edu-Play Land dipersembahkan untuk mendukung Si Buah Hati untuk terus bereksplorasi. Mari Bunda kita lindungi eksplorasi Si Buah Hati” tutup Pritha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.