Jonan Prediksikan Usai Pandemi Ada 4 Bisnis Moncer: Batu Bara Tak Masuk

Oleh : Kormen Barus | Senin, 15 Juni 2020 - 08:29 WIB

Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)
Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berpendapat sedikitknya ada empat bisnis yang bakal moncer seusai pandemi.

"Pertama bisnis energi baru terbarukan atau renewable energy," tutur Jonan dalam diskusi bersama Jaringan Katolik Melawan Covid-19 yang digelar melalui virtual, Sabtu, 13 Juni 2020.

Dengan demikian, menurut dia, bisnis seperti batu bara tak akan menjadi bisnis yang diprioritaskan pada masa mendatang. Jonan mengatakan, sesuai dengan konsensus dunia, bisnis batu bara memang harus diakhiri pada 2050.

Meski masih 30 tahun dari sekarang, ia mengatakan Indonesia harus bergegas untuk mempersiapkannya. "We have to start for the next generation (kita harus bersiap untuk generasi selanjutnya)," ujarnya.

Kedua, Jonan memperkirakan bisnis yang akan tumbuh pesat pada masa mendatang adalah usaha yang berbasis digital atau online business. Bercermin pada masa-masa pandemi, Jonan menerangkan seluruh sektor telah mengandalkan penjualan melalui platform digital. Bahkan, kata dia, pabrikan mobil mewah pun memasarkan produknya melalui media sosial Instagram.

Ketiga, Jonan memandang bisnis kendaraan lingkungan akan tumbuh cukup baik. "Bisa yang nol energi atau hybrid," ucapnya. Kondisi ini menyesuaikan perubahan perilaku masyarakat yang semakin sadar terhadap lingkungan.

Keempat, dia memprediksi bisnis berbasis sustainibilty empowerment atau pemberdayaan berkelanjutan akan turut moncer. "Satu kegiatan dengan membersihkan sungai, membersihkan udara, ini bisnis yang tepat," ucap Ignasius Jonan, seperti mengutip  tempo Sabtu, 13 Juni 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:46 WIB

Triwulan III 2020, Regulator Jasa Keuangan Tetap Waspada Nasib Perekonomian

Memasuki triwulan III 2020, KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan di antara anggota KSSK dengan meningkatkan kewaspadaan mengantipasi dampak penyebaran Covid-19 yang masih tinggi terhadap…

Hadi Pranoto Temukan Obat Herbal Covid-19 (ist)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:00 WIB

Heboh Pengakuan Hadi Pranoto, Kemenkes Luruskan Informasi: Obat Covid-19 Harus Lewati Uji Ilmiah Sebelum Diproduksi dan Dipasarkan

Akhir akhir ini banyak pihak mengklaim telah menemukan obat COVID-19. Salah satunya informasi yang disampaikan oleh Hadi Pranoto yang mengaku sudah menemukan obat yang spesifik bisa menanggulangi…

Migas Ilustrasi

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:53 WIB

Seberapa Menarik Wilayah Kerja Migas Ditawarkan Cost Recovery atau Gross Split ?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menjaga agar aktivitas dan investasi hulu migas tetap berjalan optimal di tengah tantangan pandemi global dan penurunan harga minyak bumi…

MenkopUKM Teten Masduki saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Beringharjo Yogyakarta

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Omzetnya Turun 80%, MenkopUKM Teten Bakal Ringankan Cashflow para Pedagang Pasar Beringharjo

Sejumlah pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta mencurahkan isi hatinya di hadapan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:30 WIB

Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, IHSG Justru Berakhir Menguat 1,03 Persen

BPS merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2020 mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen dibading periode yangs ama pada tahun sebelumnya, justru perdagangan Indeks Harga Saham…