Jonan Prediksikan Usai Pandemi Ada 4 Bisnis Moncer: Batu Bara Tak Masuk

Oleh : Kormen Barus | Senin, 15 Juni 2020 - 08:29 WIB

Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)
Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berpendapat sedikitknya ada empat bisnis yang bakal moncer seusai pandemi.

"Pertama bisnis energi baru terbarukan atau renewable energy," tutur Jonan dalam diskusi bersama Jaringan Katolik Melawan Covid-19 yang digelar melalui virtual, Sabtu, 13 Juni 2020.

Dengan demikian, menurut dia, bisnis seperti batu bara tak akan menjadi bisnis yang diprioritaskan pada masa mendatang. Jonan mengatakan, sesuai dengan konsensus dunia, bisnis batu bara memang harus diakhiri pada 2050.

Meski masih 30 tahun dari sekarang, ia mengatakan Indonesia harus bergegas untuk mempersiapkannya. "We have to start for the next generation (kita harus bersiap untuk generasi selanjutnya)," ujarnya.

Kedua, Jonan memperkirakan bisnis yang akan tumbuh pesat pada masa mendatang adalah usaha yang berbasis digital atau online business. Bercermin pada masa-masa pandemi, Jonan menerangkan seluruh sektor telah mengandalkan penjualan melalui platform digital. Bahkan, kata dia, pabrikan mobil mewah pun memasarkan produknya melalui media sosial Instagram.

Ketiga, Jonan memandang bisnis kendaraan lingkungan akan tumbuh cukup baik. "Bisa yang nol energi atau hybrid," ucapnya. Kondisi ini menyesuaikan perubahan perilaku masyarakat yang semakin sadar terhadap lingkungan.

Keempat, dia memprediksi bisnis berbasis sustainibilty empowerment atau pemberdayaan berkelanjutan akan turut moncer. "Satu kegiatan dengan membersihkan sungai, membersihkan udara, ini bisnis yang tepat," ucap Ignasius Jonan, seperti mengutip  tempo Sabtu, 13 Juni 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…