Triwulan I-2020, WOM Finance Bukukan Laba Bersih Rp44 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 09 Juni 2020 - 17:58 WIB

Para Nasabah WOM Finance sedang menyetorkan cicilan mereka melalui kantor kas perseroan. (Foto: Humas WOM Finance)
Para Nasabah WOM Finance sedang menyetorkan cicilan mereka melalui kantor kas perseroan. (Foto: Humas WOM Finance)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, di tengah maraknya pandemik Covid-19 meraih laba bersih Rp44 miliar pada triwulan pertama 2020. Itu lebih tinggi 2 persen dibandingkan di periode yang sama pada 2019 sebesar Rp43 miliar.

Kenaikan laba bersih tersebut didukung oleh peningkatan pembiayaan baru sebesar Rp 1,34 triliun sepanjang tiga bulan pertama 2020, atau meningkat 3 persen dibandingkan pada periode yang sama pada 2019 sebesar Rp1,30 triliun.

Laba sebelum pajak tumbuh 3% menjadi Rp57,3 miliar kendati pembiayaan konsumen turun 3 persen menjadi Rp7,2 triliun per Maret 2020. Kenaikan laba tersebut merupakan dampak implementasi strategi untuk fokus pada dealer yang berkualitas sehingga menghasilkan portolio yang lebih baik.

Bisnis pembiayaan multiguna juga terus memberikan pertumbuhan yang sehat.  Perseroan mencatat peningkatan kualitas aset seperti tercermin pada penurunan tingkat NPL menjadi 2,12 persen (gross) dan 0,68 persen (net) dari 3,18 persen (gross) dan 0,88 persen (net).

Kerjasama dengan perbankan masih berjalan sangat baik, hal ini dibuktikan dengan adanya pendanaan dari fasilitas pinjaman bank sebesar Rp350 miliar pada kuartal pertama 2020, terdiri dari Bank DBS Indonesia  dan Bank Shinhan Indonesia.

Selain itu, WOM Finance telah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Tahap Ketiga bernilai Rp260,3 miliar pada Mei 2020. Lembaga Pemeringkat Fitch Ratings Indonesia memberikan peringkat AA-(idn) bagi perseroan sehubungan dengan penerbitan obligasi tersebut. Seluruh dana hasil penerbitan obligasi tersebut digunakan untuk membiayai operasional dan bisnis.

Pada awal Juni 2020, WOM Finance telah melunasi Obligasi Berkelanjutan III WOM Finance Tahap Kedua Seri A Tahun 2019 bernilai Rp931,5 miliar yang jatuh tempo pada 9 Juni 2020.

Rasio keuangan WOM Finance pada kuartal I 2020 masih terjaga. Return on Asset (ROA) sebesar 2,89 persen, Return On Equity (ROE) sebesar 13,33 persen dan Gearing Ratio terjaga pada 4,78 kali.

Menghadapi situasi pandemik Covid-19, WOM Finance terus berupaya menjaga kinerjanya agar tetap stabil. Berbagai langkah telah dilakukan, antara lain meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional Perseroan dengan menerapkan Strategic Cost Management Program secara berkelanjutan, memperkuat fundamental dan infrastruktur IT melalui Core System yang baru, serta meningkatkan produktifitas dan kualitas tenaga pemasaran dan penagihan.

Selain menjaga stabilitas kinerja Perseroan, WOM Finance tetap memperhatikan kualitas layanan terhadap pelanggannya. Sesuai dengan anjuran Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan, WOM Finance telah memberikan program restrukturisasi terhadap pelanggan yang terdampak langsung Covid-19.

Sementara itu, Djaja Suryanto Sutandar, Presiden Direktur WOM Finance mengatakan, program restrukturisasi tersebut diberikan bagi pelanggan yang terdampak langsung Covid-19 di beberapa sektor. “Kami berharap, program tersebut dapat memberikan kemudahan dan keringanan pembayaran di saat kondisi pandemi ini,” imbuh Djaja.

Selain program restrukturisasi pembiayaan, sebagai wujud kepedulian WOM Finance terhadap sesama ditengah pandemik Covid-19 ini, WOM Finance telah menyelenggarakan serangkaian program Corporate Sosial Responsibility (CSR) berupa penyaluran paket sembako secara berkala sejak April 2020. Hingga kini WOM Finance telah menyalurkan lebih dari 10.000 paket sembako dengan pendistribusian melalui kantor cabang secara nasional.

Zacharia Susantadiredja, Direktur WOM Finance mengemukakan,” Kami berharap bantuan sosial yang telah disalurkan itu dapat meringankan beban mereka yang terdampak pandemik secara langsung. Setiap tahun WOM Finance rutin menyelenggarakan kegiatan sosial, namun berbeda dari tahun sebelumnya, kami tahun ini fokus menyalurkan bantuan kepada pelanggan dan masyarakat yang terdampak langsung Covid-19.”

Bagi pelanggan yang ingin mengajukan program restrukturisasi atau ingin mengetahui detail program restrukturisasi WOM Finance dapat mengunjungi website WOM Finance www.wom.co.id atau Contact Center 0804-1-123-888 dan kantor cabang terdekat. WOM Finance akan melakukan proses analisa dan verifikasi terhadap permohonan pengajuan restrukturisasi seluruh pelanggan disesuaikan dengan kondisi dan jenis usaha  pelanggan. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…