Nilai-Nilai Pancasila yang Terkoyak di Era Disrupsi Teknologi

Oleh : Kormen Barus | Senin, 08 Juni 2020 - 11:00 WIB

Monumen Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur. (Antara/Risky Andrianto)
Monumen Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur. (Antara/Risky Andrianto)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Sekolah Politik Indonesia (SPI) memiliki komitmen untuk berkontribusi menguatkan sendi-sendi identitas ke-Indonesia-an. SPI melakukan pendidikan politik kebangsaan lewat berbagai kegiatan mulai seminar, pelatihan hingga short course. Dalam aktivitasnya, SPI mengedepankan keterlibatan banyak kelompok dari berbagai latar belakang.

Dalam menanggapi isu mutakhir, di tengah pandemi, Jumat 05 Juni 2020, SPI mengelar webinar dengan tema "Pancasila di Era Disrupsi". Diskusi ini di dilakukan dalam rangka soft launching SPI. Menghadirkan dua pembicara utama, Aria Bima (politisi) dan Soni Sumarsono (birokrat). Diskusi online itu dihadiri 50 peserta.

Dalam paparannya, Aria Bima  menyampaikan, sebenarnya nilai-nilai Pancasila di masyarakat kita terlihat sangat jelas di masa kita menjalani PSBB. Menurutnya, PSBB adalah pilihan yang tepat, dibanding lockdown. Masyarakat masih bisa saling membantu dan bergotong-royong. Itu yang membedakan lockdown di negara-negara liberal atau sosialis.

Di sisi lain, Aria Bima menyadari, bahwa banyak nilai-nilai Pancasila yang terkoyak di era disrupsi teknologi. "Disrupsi akibat teknologi komunikasi  semakin mengoyak nilai-nilai Pancasila. Di Indonesia, polaritas ideologi terbangun karena adanya narasi-narasi kebohongan, terlebih yang terjadi saat kampanye pilkada maupun pilpres" ujar Aria Bima.

Soni Sumarsono, mantan Plt. Gubernur di 3 provinsi selaku birokrat melihat apa yang dilakukan pemerintah hingga saat ini terus berupaya membangun nilai-nilai Pancasila lewat berbagai pendekatan kebijakan. Salah satunya ia mencontohkan perbaikan sistem pelayanan. Serta pola komunikasi pembangunan dari yang bersifat top down ke bottom up.

Namun ia juga berpandangan, kerja reformasi birokrasi itu masih memerlukan upaya terus menerus. Menurutnya, dari kacamata birokrat perlu dilakukan berbagai hal untuk penguatan fondasi Pancasila, seperti dalam bentuk pembinaan SDM birokrasi hingga dalam bentuk reformasi birokrasi.

Sementara Direktur SPI Hendrasmo mengatakan, lembaga ini akan menjadi tempat pesemaian politisi muda dari latar belakang partai maupun kelompok, untuk penguatan ke-Indonesiaan. Di masa depan tantangan ancaman segregasi politik akan mungkin sekali terjadi, sehingga mulai dari saat ini perlu dibangun imunitas atau ketahanan terhadap ancaman itu.

"Lihat Amerika, yang menjadi sokoguru demokrasi, sudah kuat secara kelembaagaannya pun, bisa tergoncang karena faktor leadership. Amerika tergoncang karena memiliki presiden yang tidak memiliki 'sense' yg kuat terhadap demokrasi maupun rasa kemanusiaan," ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:13 WIB

Presiden Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 20 Mei 2022. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…

Petugas Dokter dan Perawat tangani Virus Corona (ist)

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:54 WIB

PDSI Dibentuk, Komisi IX Akan Bahas RUU Praktik Kedokteran

Jakarta-Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran bakal dibahas. Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan, penggodokan payung hukum praktik kedokteran itu…