Bakal Kembali Dibuka, 7 Ribu Lebih Toko di Pasar Tanah Abang Berlakukan Sistem Ganjil Genap

Oleh : Ridwan | Minggu, 07 Juni 2020 - 16:15 WIB

Pasar Tanah Abang (Foto: Okezone)
Pasar Tanah Abang (Foto: Okezone)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat akan kembali beroperasi mulai 15 Juni 2020. Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut atas PSBB masa Transisi yang diberlakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Promotion Manager Pengelola Pasar Tanah Abang, Hery Supriyatna, mengatakan operasional pasar bakal mengikuti sistem ganjil genap yang disarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebanyak 7 ribu lebih toko yang ada akan buka bergiliran sesuai nomor toko.

"Kami mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Sebanyak 7.833 kios buka ganjil genap, nomor genap di tanggal genap," jelas Hery dilansir Kumparan, Minggu (7/6/2020).

Hery menjelaskan, informasi dan aturan tersebut telah disosialisasikan kepada seluruh pedagang pasar tradisional ini.

Ia mengaku tak sedikit pula pedagang yang keberatan, tapi mau tidak mau akhirnya menerima untuk ikut kebijakan tersebut.

"Infonya sudah tersebar ke pedagang dan sudah kami tempel di lobi-lobi. Ada yang keberatan, tapi secara keseluruhan pedagang bisa menerima karena untuk kepentingan keselamatan dan kesehatan bersama," jelasnya.

Menurut Hery, operasional pasar hanya akan berjalan mulai pukul 07.00-14.00 WIB.

Dalam dokumen PSBB masa transisi yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta, terdapat sejumlah ketentuan mengenai syarat yang mesti diikuti pasar yang dibolehkan buka. Protokol yang mesti dipatuhi untuk pasar tradisional yakni mulai dari jumlah pengunjung maksimal hanya boleh 50 persen dari kapasitas, hingga transaksi yang diharuskan secara nontunai.

Selain itu, juga ditetapkan bahwa jam operasional hanya mulai dari pukul 06.00-14.00 WIB. Manajemen juga dituntut untuk menyediakan sarana pendukung pencegahan COVID-19 serta pengaturan pintu masuk dan keluar yang berbeda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Startup (Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 20:40 WIB

Bangga! Startup Binaan Kemenperin Raih Penghargaan Internasional di Jerman

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi kepada PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang terpilih sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman.

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

Senin, 13 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil pembangunan, sekaligus mengurangi…

Ikan Kakap Putih Ambon (Foto Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 17:30 WIB

Ikan Kakap Putih Ambon Sebagai Pemenuhan Gizi Bagi Pasien COVID-19

Ratusan ikan kakap putih atau barramundi dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, Sabtu (11/7/2020). Selain kakap putih, jenis ikan lainnya seperti kerapu dan kuwe juga dipanen…

Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan hadiah untuk penemu uang ratusan juta di KRL

Senin, 13 Juli 2020 - 17:05 WIB

BRI, BNI, Mandiri Hingga Telkomsel Ramai-ramai Beri Hadiah Ratusan Juta untuk Sang Penemu Uang Rp500 Juta di KRL

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara alias BUMN keroyokan memberi hadiah kepada petugas KRL Commuterline, Mujenih dan Egi Sandi yang menemukan uang Rp500 juta dan berhasil dikembalikan utuh ke…

Penguburan jenazah korban Corona

Senin, 13 Juli 2020 - 17:00 WIB

Kondisi Mengkhawatirkan, IHME Prediksi Hingga November akan Terjadi 40.000 Kematian di Indonesia

Sebagai bagian dari proyeksi perdana yang membandingkan berbagai tindakan pengendalian penularan COVID-19, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington, Seattle…