Tim Rescue KIK Lakukan Pertolongan Pertama Jatuhnya Heli MI 17 Milik TNI AD

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:00 WIB

Tim Rescue KIK Lakukan Pertolongan Pertama Jatuhnya Heli MI 17 Milik TNI AD
Tim Rescue KIK Lakukan Pertolongan Pertama Jatuhnya Heli MI 17 Milik TNI AD

INDUSTRY.co.id - Kendal - Sebuah helikopter gagal mendarat tidak jauh dari Kawasan Industri Kendal (KIK), Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah pada Sabtu sore (6/6/2020). 

Heli yang diketahui berjenis MI 17 milik TNI AD, sore tadi pukul 14.25 gagal mendarat darurat dan jatuh di lahan kosong di desa wonorejo kec kaliwungu Kab Kendal.

Pihak pengelola kawasan menerangkan, tim rescue KIK yang terdiri dari security, petugas TNI, Polri yg bertugas di kawasan, langsung bergegas datang ke lokasi sesaat setelah kejadian.

"Sesuai SOP, apabila ada kejadian bencana atau musibah, maka tim rescue KIK langsung memberikan pertolongan pertama, termasuk kejadian gagal mendarat heli didekat kawasan," ujar Purbadi pengelola KIK. 

"Tim tadi langsung melakukan sterilisasi lokasi menggunakan yellow line, lalu dibantu pekerja proyek mengevakuasi para korban dengan mobil patroli ke rumah sakit terdekat, dan unit pemadam kebakaran untuk memadamkan kobaran api di heli yang jatuh tersebut," jelasnya. 

Ia juga menegaskan, di lokasi tidak ada aset atau korban yang berasal dari para pekerja proyek, dan hingga saat ini areal jatuhnya heli telah dijaga oleh POM TNI dan petugas yang berwenang. 

"Kawasan tidak terdampak dengan kecelakaan heli tersebut, aktivitas dan kegiatan konstruksi proyek tetap berjalan seperti biasa, karena lokasi jatuhnya heli di lahan kosong dekat area tambak yang jauh dari kegiatan. Dan mudah-mudahan heli akan dievakuasi malam ini, kami akan terus berkoordinasi dengan pihak berwenang," jelasnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Nefra Firdaus, dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, setelah jatuh, Helikopter MI-17 ini terbakar dan menyebabkan 4 orang crew meninggal dunia, sementara 5 lainnya luka-luka. 

"Untuk korban luka-luka saat ini sudah evakuasi ke rumah sakit terdekat," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Nefra Firdaus, dalam keterangan tertulisnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sayaldi Saputra, Dirut Pefindo

Jumat, 10 Juli 2020 - 13:16 WIB

Stake Holder Berpengaruh Terhadap Kekuatan Perbankan dan Pembiayaan

Pandemi Corona diakui akan berpengaruh terhadap rating perbankan dan perusahaan pembiayaan. Namun permodalan yang kuat karena ditopang Grup masih dibilang cukup kokoh.

Program Pelatihan Ketenaga Listrikan untuk Pelajar SMK

Jumat, 10 Juli 2020 - 13:15 WIB

Dukung Program Listrik 35.000 MW, ExxonMobil Gelar Pelatihan Ketenagalistrikan untuk Pelajar SMK

PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) hadir sebagai bentuk kepeduliannya, dan dalam upaya mendukung program pemerintah untuk menghadirkan penyediaan listrik 35.000 MW, dengan memberikan…

 PT Pegadaian (Persero)

Jumat, 10 Juli 2020 - 13:07 WIB

Agen Komunitas dan Agen Prioritas Jadi Strategi Pegadaian Perluas Akses Produk dan Layanan

Pertumbuhan jumlah agen pegadaian yang signifikan tersebut menjadi salah satu pondasi Pegadaian meraih kinerja yang berkelanjutan.

KEK Mandalika (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 10 Juli 2020 - 13:05 WIB

ITDC Siap Sambut Implementasi New Normal Pariwisata

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB,…

Asetku Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis COVID 19

Jumat, 10 Juli 2020 - 12:58 WIB

Asetku Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis COVID 19

Asetku bersama Lender retail/individual menyerahkan bantuan untuk tenaga medis berupa alat pelindung diri untuk tenaga medis yaitu 1.400 pcs hazmat suit, 1.200 pcs face shield, 1.300 pcs masker…