Alhamdulillah! Laju Penyebaran COVID-19 Menurun Dalam 7 Hari Terakhir

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:01 WIB

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (Foto Poskota)
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (Foto Poskota)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Angka penyebaran COVID-19 di Indonesia dalam 7 hari terakhir  telah menurun. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya tes Corona di masyarakat. “Sekarang sudah di atas 10 ribu tes dan Presiden Joko Widodo meminta dijadikan jadi 20 ribu tes per hari. Demikian diutarakan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, ketika bicara soal laju kasus COVID-19 di Indonesia, dalam diskusi online via Zoom, Jumat (5/6/2020).

Menurutnya, semua ambil keputusan basisnya data, laju penyebaran COVID-19 ini terus menurun dalam 7 hari terakhir. Semua karena tes, ini malah mungkin 2 hari terakhir sudah diatas 10 ribu lebih tes, Presiden minta naik ke 20 ribu.

"Karena kita punya modelling yang bagus juga, jadi sudah mulai kemungkinan penurunan Corona," katanya.

Luhut pun bicara soal data infeksi baru, data kesembuhan dan data kematian Corona. Dari data yang dia sampaikan per 4 Juni recovery rate alias data kesembuhan Corona naik jadi 30,9%, per hari ini dia memprediksi mungkin bisa naik jadi 31-32%.

Sementara itu data daily infected alias penambahan kasus harian di data yang dia paparkan per 4 Juni jumlahnya 11%. Kemudian, angka kematian atau fatality rate disebut Luhut terus menurun menjadi 6%.

"Data ini per 4 Juni, kita lihat daily infected rate menurun, recovery rate naik mungkin sekarang 31-32%. Lalu fatality rate terus menurun jadi 6%. Semua indikasi ini menurun," papar Luhut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi

Selasa, 14 Juli 2020 - 11:02 WIB

Amanat Presiden Jokowi, Prabowo Borong Sebanyak 500 Unit Rantis Maung Dari Pindad

komitmen pembelian 500 unit Maung tersebut merupakan pembelian tahap pertama. Artinya ada kemungkinan Prabowo akan membeli lebih banyak lagi.

Presiden Jokowi (ist)

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:40 WIB

Alhamdulillah! Jokowi Bagi-bagi Bantuan Modal Kerja untuk Sejumlah UMKM, Segini Besarannya

Presiden┬áJoko Widodo (Jokowi)┬ámemberikan bantuan modal kerja (BMK) kepada 60 pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM). Adapun setiap pedagang masing-masing mendapat bantua senilai Rp…

Chief Executive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi (paling kanan) dan Country Director HOPE worldwide Indonesia, Lily Salim (paling kiri) dalam Acara Penyerahan Donasi Secara Simbolis

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:30 WIB

Citi Foundation Berikan Bantuan Senilai Rp2 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia

Citi Foundation kini menyalurkan bantuan untuk penanganan COVID-19 senilai lebih dari Rp 2 miliar (US$150,000). Bantuan tersebut akan disalurkan melalui HOPE worldwide Indonesia ke beberapa…

Dukungan Menuju Indonesia Cashless Society di Era New Normal

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:15 WIB

Shopee: Pembayaran Digital Meningkat di Era New Normal

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, melihat adanya peningkatan masyarakat Indonesia memilih opsi pembayaran digital dalam memenuhi kebutuhan harian secara online.

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:00 WIB

Home Industri Modifikasi Otomotif Berkembang Signifikan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong berkembangnya home industri motor dan mobil custom (modifikasi otomotif) sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif. Terlebih orang nomor satu di…