Empat Tips Perlu Diperhatikan Saat Belanja Online Gadget dengan Aman

Oleh : Herry Barus | Rabu, 03 Juni 2020 - 11:49 WIB

Empat Tips Perlu Diperhatikan Saat Belanja Online Gadget dengan Aman
Empat Tips Perlu Diperhatikan Saat Belanja Online Gadget dengan Aman

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Di tengah situasi upaya memutus rantai penyebaran wabah COVID-19, pemerintah sebelumnya telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan sedang menyiapkan era normal yang baru untuk beraktivitas di tengah pandemi virus COVID-19. Kondisi ini banyak merubah pola perilaku serta kegiatan masyarakat dalam kehidupan sosial sehari-hari maupun dalam dunia usaha.

Salah satu perubahan pola perilaku masyarakat yang terlihat adalah dalam pemilihan metode belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi memenuhi berbagai kebutuhan termasuk bagi keperluan gadget elektronik. Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang masih takut untuk berbelanja online khususnya jika ingin membeli barang-barang elektronik maupun gadget. Kekhawatiran tersebut muncul karena masih ada keraguan mengenai keaslian produk, perbedaan harga, keamanan pengiriman hingga garansi.

Guna menjawab kekhawatiran sebagian orang tersebut, Samsung sebagai perusahaan teknologi ternama di dunia bersama Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan memberikan solusi melalui Samsung Official Shop di Shopee yang memberikan ragam keuntungan dengan menjamin keaslian, pasti sampai dengan garansi dan harga terjamin bahkan terdapat penawaran diskon s/d 1 JT.

Untuk menghindari penipuan saat belanja online dan agar konsumen gadget tetap memenuhi kebutuhan gadget terbaru mereka di masa pandemi ini, Samsung dan Shopee mengajak kepada seluruh pengguna untuk memanfaatkan beberapa tips pintar berbelanja gadget aman secara online dari rumah:

1.            Belanja di Official Shop. Jika ingin berbelanja di e-commerce, sebaiknya pilih penjual yang memiliki toko resmi (official shop). Berbelanja di official shop tentu lebih aman karena penjual tersebut menjual produk resmi dan telah terverifikasi dari suatu brand, seperti Samsung Official Shop di Shopee yang menjual berbagai gadget dan perangkat elektronik resmi dari Samsung.

2.            Pastikan penjual menawarkan garansi resmi. Penting untuk memastikan gadget yang akan kita beli memiliki garansi resmi karena akan mempengaruhi layanan purna jual jika ada kerusakan di kemudian hari. Adanya garansi resmi juga bisa meyakinkan pembeli bahwa produk tersebut bukan barang ilegal dan IMEI produk terdaftar sesuai dengan regulasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Jadi, lebih baik membeli yang resmi saja demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3.            Mencari promo terbaik. Saat ingin berbelanja gadget secara online, carilah toko online di platform e-commerce yang menawarkan promo voucher potongan harga. Dengan adanya potongan harga, tentunya kamu bisa membeli sebuah gadget dengan total harga yang jauh lebih ekonomis. Untuk itu, selalu perhatikan penawaran promo terbaik saat ingin membeli sebuah barang, seperti yang ditawarkan di Samsung Official Shop di Shopee yang menawarkan diskon hingga 1 juta rupiah untuk berbagai produknya.

4.            Gunakan metode transaksi dan pengiriman yang aman. Memilih metode transaksi dan pengiriman merupakan tahap akhir yang akan dilakukan saat berbelanja online di sebuah platform e-commerce. Berapapun harga barang yang dibeli, pastikan agar transaksinya diselesaikan melalui platform e-commerce agar riwayat pemesanan terekam di sistem dan tentunya menjamin keamanan transaksi. Seperti garansi pembayaran yang ditawarkan Shopee yang merupakan suatu perlindungan untuk Pembeli, dimana dana pembeli belum akan diteruskan ke penjual sampai ada konfirmasi dari Pembeli bahwa barang sudah diterima dengan baik.

Desny Tjung, Head of Online Business Samsung Electronics Indonesia Rabu (3/5/2020) mengatakan, “Dalam situasi pandemi seperti ini, kami harus terus berupaya untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan konsumen, terutama bagi yang ingin membeli gadget terbaru dengan aman dari rumah mereka. Shopee sebagai platform e-commerce telah dipercaya banyak pengguna dan menawarkan berbagai program promo menarik. Melalui kerjasama ini, diharapkan pelanggan Shopee dapat juga menikmati inovasi produk Samsung original melalui Samsung official shop kami di Shopee.”

Sementara itu Daniel Minardi, Head of Brands Management Shopee Indonesia menyatakan, “Sebagai perusahaan berbasis teknologi, merupakan tugas dan fungsi sosial kami untuk berupaya bukan hanya memenuhi kebutuhan pengguna tetapi juga membantu pengguna dalam menghadapi the new normal baik dalam kehidupan sosial maupun dalam dunia usaha. Kami berharap dengan melalui program terbaru kami 6.6 Shopee Mall Great Sale, pengguna bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang aman dari mitra brand terpercaya dan dapat menjadi destinasi berbelanja online terpercaya dalam memenuhi kebutuhan para pengguna. Selain itu, Shopee bersama mitra-mitranya juga terus memperbanyak ragam produk, seperti kerjasama kami dengan Samsung yang membantu kami menyediakan berbagai produk-produk elektronik seperti smartphone yang berkualitas.”

Nikmati pengalaman berbelanja di Mall Jaman Now bersama 6.6 Shopee Mall Great Sale. Hingga 7 Juni, dapatkan kesempatan untuk belanja produk incaran dari toko resmi dengan diskon hingga 90%! Tidak hanya itu saja! Ada Late Night Sale, Gratis Ongkir XTRA, serta Brand Clearance hingga 80% setiap harinya! Untuk melengkapi keuntungan, gunakan metode pembayaran dengan ShopeePay dan dapatkan tambahan gratis ongkir dan cashback voucher.

“Dengan adanya rangkaian program kampanye ini, kami harapkan pengguna dapat menemukan barang-barang yang terjamin orisinalitasnya di Shopee dengan kualitas terbaik dan promo menarik tanpa perlu keluar dari rumah,” tutup Daniel Minardi, Head of Brands Management Shopee Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 14 Juli 2020 - 06:06 WIB

Hore...IHSG Diperkirakan di Zona Hijau

Secara teknikal sendiri IHSG membentuk pola wedge pattern dengan 2 kemungkinan. Saat ini bergerak mencoba pada track positif yakni bullish trend line jangka menengah sebagai konfirmasi momentum…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Selasa, 14 Juli 2020 - 06:00 WIB

Direktur Latihan Bakamla RI Arahkan Personel Special Response Team (SRT)

Sebelum Pelatihan dan Pembinaan Aspek Dasar Laut bagi Personel yang tergabung dalam Special Response Team (SRT) yang secara resmi akan dibuka Selasa (14/7/2020), terlebih dahulu Direktur Latihan…

Satgas Yonif 125 Berikan Pelayanan Kesehatan kepada Warga Perbatasan

Selasa, 14 Juli 2020 - 05:30 WIB

Satgas Yonif 125 Berikan Pelayanan Kesehatan kepada Warga Perbatasan

Kehadiran Satuan Tugas Batalyon Infanteri 125/Simbisa (Satgas Yonif 125/SMB) di wilayah perbatasan harus senantiasa bermanfaat bagi warga sekitar, terutama dalam membantu memberikan pelayanan…

BaksosKors Marinir Terkait Peanggulangan Wabah Covid-19

Selasa, 14 Juli 2020 - 04:30 WIB

BaksosKors Marinir Terkait Peanggulangan Wabah Covid-19

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., membuka secara resmi bakti sosial (Baksos) Korps Marinir TNI AL di Desa Tambak Cemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Senin (13/07/2020)

Denkavud Satuan Siap Berkuda Kavelari Setiap Saat

Selasa, 14 Juli 2020 - 04:00 WIB

Denkavud Satuan Berkuda Kavelari Siap Setiap Saat

Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Brigjen TNI Wawan Ruswandi, S.I.P., M.Si., melaksanakan kunjungan kerja ke satuan Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud), Parongpong dalam rangka bertatap…