Kuartal Pertama 2020, Laba Bersih Energi Mega Persada Tumbuh 58,20 Persen

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Juni 2020 - 11:21 WIB

PT Energi Mega Persada (Ist
PT Energi Mega Persada (Ist

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada kuartal I-2020, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) mencatat laba bersih sebesar USD11,832 juta atau tumbuh sekitar 58,20% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu yakni sebesar USD7,479 juta.

Chief Executive Officer ENRG, Syailendra S. Bakrie mengatakan pencapaian tersebut ditopang oleh menguatnya penjualan sekitar 51,54% dari USD52,563 juta menjadi USD79,658 juta.

Pendapatan operasi juga meningkat sebesar 104,083% menjadi USD36,484 juta dalam tiga bulan pertama tahun ini dari kurun waktu serupa tahun sebelumnya hanya USD17,877 juta.

"Dua faktor utama yang telah berkontribusi terhadap perbaikan kinerja perseroan, yakni peningkatan penjualan bersih yang disebabkan oleh kenaikan produksi gas dari blok Bentu di Riau, Sumatera, dan penurunan pinjaman yang berdampak terhadap turunnya beban bunga perseroan," kata Syailendra, Rabu (3/6/2020).

Terlepas dari risiko pandemi COVID-19 dan penurunan harga minyak dunia, lanjut Syailendra, perseroan cukup bergantung karena lebih dari 90% dari jumlah produksi dan cadangan perseroan adalah dalam bentuk gas. Gas memiliki harga jual yang lebih stabil dan jangka waktu kontrak yang lebih panjang dibandingkan dengan minyak yang harga jualnya cenderung berfluktuatif.

"Blok Kangean di Jawa Timur dan blok Bentu di Riau, Sumatera merupakan pemberi kontribusi utama dari produksi gas di portfolio aset perseroan," tambah Syailendra.

Selain kinerja operasional dan keuangan yang baik, perseroan tetap mengutamakan langkah-langkah kesehatan, keselamatan kerja dan lindungan lingkungan dalam setiap aktivitas perseroan baik di kantor pusat maupun di lapangan. Hal ini terkait dengan resiko pandemi COVID-19 yang tengah berlangsung.

Prioritas perseroan adalah mengutamakan keselamatan dan kesehatan para karyawannya, komunitas di sekitar lingkungan kerja dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Senin, 28 September 2020 - 17:00 WIB

Coach RD Tetap akan Tambah Pemain Muda Perkuat Laskar Sape Kerrab

Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini masih butuh tambahan, setidaknya dua pemain muda U20. Bahkan, Coach RD membocorkan, posisi yang paling dibutuhkan ialah penyerang. Diketahui, Madura United…

Pemanfaatan PLTS

Senin, 28 September 2020 - 16:56 WIB

Harga Kian Kompetitif, Pemerintah Optimis Mampu Capai Target Satu Juta PLTS Atap

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) optimis dengan target satu juta pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. Optimisme ini di dorong dari perkembangan harga PLTS…

Ilustrasi Pengunjung restoran di Mal (foto Detik.com)

Senin, 28 September 2020 - 16:46 WIB

Anies Kembali Perpanjang PSBB, Pengusaha 'Geleng-geleng': Ratusan Ribu Pekerja Sudah di PHK, Restoran Seperti Mau Innalillahi

Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kembali memperpanjang Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat hingga 11 Oktober 2020 mendatang membuat pengusaha kelimpungan…

Migas Ilustrasi

Senin, 28 September 2020 - 16:35 WIB

SKK Migas-Chevron Pacific Indonesia Tandatangani Heads of Agreement Transisi WK Rokan

Perjanjian tersebut, menurut Dwi, bersifat win-win bagi kedua pihak, karena dengan adanya kejelasan pengembalian investasi maka harapannya produksi WK Rokan tidak menurun.

25 Rumah Adat Sumba Terbakar/ Foto: Emanuel Dapaloka

Senin, 28 September 2020 - 16:29 WIB

25 Rumah Adat Sumba Terbakar, Masyarakat Sangat Butuh Bantuan

Sumba-Setelah musibah kebakaran yang menimpa kampung tradisional Umbu Koba, Sumba, NTT pada Minggu 27/9/20, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) mulai menyalurkan bantuan.