Peringati Hari Lahir Pancasila, Jokowi Ajak Segenap Bangsa Indonesia Berjuang Tampil sebagai Pemenang

Oleh : Ridwan | Senin, 01 Juni 2020 - 11:45 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Upacara peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2020 berlangsung secara virtual. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya, mengajak bangsa Indonesia agar berjuang tampil sebagai pemenang.

"Peringatan hari kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat," ujar Jokowi.

Jokowi bilang, tantangan yang dihadapi Indonesia tidaklah mudah. Dikatakan, pada tahun ini atau bahkan sampai tahun depan, situasi yang sulit masih akan dihadapi.

"Situasi yang memerlukan daya juang kita sebagai bangsa. Yang memerlukan kerja keras agar kIta mampu melewati masa sulit itu," bebernya.

Kendati demikian, Jokowi menyebut bahwa Indonesia tidak sendirian. Ada 215 negara di dunia berada dalam kondisi seperti serupa, semua dalam kesulitan.

"Tapi kita juga harus menyadari semua negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi memenang. Menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya," tuturnya.

Karena itu, lanjut kepala negara, sebagai bangsa yang besar, Indonesia juga harus tampil sebagai pemenang. Dia ingin bangsa Indonesia optimis, mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan.

"Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19. Mari kita buktikan ketangguhan kita. Mari kita menangkan masa depan kita. Kita wujudkan cita cita luhur para pendiri bangsa. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air, mari kita terus memperkokoh persatuan," urainya.

"Kekurangan dan kelemahan tidak menghalangi kita untuk terus maju. Kekurangan dan kelemahan harus sama sama kita perbaiki. Harus kita jadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan. Agar kita menjadi bangsa yang kuat dan mandiri yang berdiri di atas kaki sendiri," lanjutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…