Menperin Agus Gumiwang dan Danlanal Tegal Tinjau KIB Brebes

Oleh : Herry Barus | Minggu, 31 Mei 2020 - 07:00 WIB

Menperin Agus Gumiwang dan Danlanal Tegal Tinjau KIB Brebes
Menperin Agus Gumiwang dan Danlanal Tegal Tinjau KIB Brebes

INDUSTRY.co.id - Tegal -Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr.Hanla., CHRMP. pada kesempatannya menghadiri dan mengikuti rangkaian kunjungan kerja (Kunker) oleh Menteri Perindustrian RI Bapak  Agus Gumiwang Kartasasmita Beserta Rombongan Meninjau KIB (Kawasan Industri Brebes), Jumat Siang (29/5).

Turut hadir didalam acara tersebut diantaranya: Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Dirjen KPAII  Dody Widodo, Dirjen IKFT Mohamad Khayam, ADC Menteri Wahyu Suryodarsono, Asisten 2 Sekda Provinsi Jawa Tengah Dra. Peni Rahayu, M.Si, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, S.E., MH, Wakil Bupati Brebes Narjo, S.H., MH., Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr.Hanla., CHRMP., Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto, SIK., M.HP., Dandim 0713/Brebes Letkol Inf. Faisal Amri, S.E., Direktur PT. KIW (Kawasan Industri Wijayakusuma) Rahmat Nugroho, Direktur PT. Daehan Global Kab Brebes Mr. Lee dan Jajaran Rombongan Menteri Perindustrian RI serta jajaran SKPD Provinsi Jawa Tengah.

Mendarat di Nasmoko Klampok Brebes, rombongan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita turun dari Helikopter di sambut oleh Danlanal Tegal beserta  jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes.

Dalam sambutannya  Menteri Perindustrian RI mengatakan pemerintah pusat sangat serius untuk membangun Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) di Kabupaten Brebes dikarenakan dapat meningkatkan dalam banyak sektor yang positif untuk Pemerintah Daerah.

"Provinsi dan Pusat dan diharapkan dari kinerja kita semua dapat menarik Perusahaan-perusahaan yang ada di luar negeri dapat tertarik menanam investasi di Indonesia khususnya di KIW Brebes," ungkapnya seperti diinformasikan Dispen Lantamal V, kepada Industry.co.id melalui peaan digital, Minggu (31/5). 

Ia pun mengakui Memang disaat pandemi Covid-19 yang melanda di Dunia memberikan dampak yang signifikan di semua hal.

"Maka dari itu kita harus bekerja dengan keras supaya dapat meningkatkan dalam semua sektor serta Kecepatan yang kita lakukan sangatlah penting di karenakan, setiap negara melakukan banyak hal supaya tercapai, maka dari itu kita harus melampauinya," sebut Agus.

“Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) juga harus siap menerima tantangan itu supaya dapat memikat hati pada perusahaan yang ada di luar negeri dapat mendirikan perusahaan," tambahnya. 

Sementara pada bagian lain Komandan lanal tegal berharap agar kota Brebes bertambah maju dengan perekonomian yang pesat serta menjadi contoh pada kota lainya.

“Kunjungan ini dalam rangka ingin melihat kesiapan KI Brebes, karena kita ketahui peluangnya sangat besar yang ada di depan mata. Kalau kita tidak bisa pergunakan atau tangkap, sangat sayang sekali. Rencananya ada relokasi perusahaan industri dari Jepang dan AS yang akan keluar dari China,” katanya. 

KI Brebes ditargetkan menjadi core-industry untuk sektor industri tekstil dan produk tekstil, industri kulit dan alas kaki, industri makanan dan minuman, industri mebel, serta industri farmasi dan alat kesehatan.

“Khusus untuk sektor farmasi, kebutuhan yang disampaikan oleh industri itu yang akan relokasi dari China kepada kami adalah mereka ingin mengembangkan di pulau Jawa, sehingga Brebes menjadi tujuan yang memang sangat masuk akal untuk mengarahkan mereka ke sini,” ungkap Agus.

Menteri Agus menjelaskan, akselerasi pengembangan KI Brebes diawali dari hasil rapat terbatas dengan Presiden mengenai Percepatan Pembangunan Jawa Tengah pada Juli 2019, yang menyebutkan bahwa terdapat tiga proyek Quick Wins untuk mendongkrak pembangunan Jawa Tengah. Salah satunya adalah melalui peran KI Brebes.

“Hal ini pula yang menjadi dasar terbitnya Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Jawa Tengah, yang menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7%,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemerintah ingin memastikan kesiapan pengembangan KI Brebes, termasuk mengenai ketersediaan infrastruktur di dalam kawasan industri.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…