Kemenpora Siapkan Draf Olahraga di Era New Normal

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:00 WIB

Menpora Zainudin Amali (Foto Fok Jawa Pos)
Menpora Zainudin Amali (Foto Fok Jawa Pos)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menpora Zainudin Amali menegaskan dunia olahraga di Indonesia tidak boleh berhenti karena adanya Covid-19, pihaknya saat ini sedang merumuskan beberapa draft untuk menjadi protokol kesehatan di bidang olahraga menuju era New Normal di tengah pandemi. 

"Di tengah pandemi ini kita harus tetap produktif, saat ini kami sedang menyusun draft yang nantinya akan dijadikan protokol kesehatan di bidang olahraga setelah berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait seperti Kemenkes, Kemenko PMK, BNPB dan berbagai sektor terkait lainnya," kata Menpora saat jumpa pers secara virtual bersama media di Jakarta, Jumat (29/5/2020)  

Kompetisi/kejuaraan/pertandingan baik olahraga prestasi maupun olahraga-olahraga yang ada di tengah masyarakat, pelaksanaan pelatda maupun pelatnas akan dilaporkan kepada Presiden di dalam Rapat Terbatas Kabinet. 

Menurut Menpora, Kemenpora, KONI Pusat, NOC Indonesia dan Formi Nasional akan memberikan draft yang nanti akan menjadi keputusan resmi pemerintah. "Kemenpora tetap berpatokan pada Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 kita akan lihat tahap olahraga ini masuk ke tahap keberapa, kita tidak akan membuat aturan sendiri tanpa koordinasi dengan berbagai pihak lain jadi produk yang akan dikeluarkan nantinya sebagai protokol di bidang keolahragaan adalah produk resmi dari pemerintah," tuturnya. 

Ketua Umum FORMI Nasional Hayono Isman mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenpora yang sedang mempersiapkan draft protokol Covid-19 dalam rangka menyongsong New Normal. "Formi sebagai wadah berhimpun dari lebih 60-an induk organisasi yang anggotanya jutaan di seluruh Indonesia melihat langkah Kemenpora ini sebagai sesuatu yang penting," ujarnya. 

"Langkah ini selain untuk memutus dan pemulihan dari Covid-19 tetapi juga membuat olahraga berperan menjadi motor percepatan pemulihan dari pandemi selain didukung dengan disiplin masyarakatnya yang tinggi," kata Hayono. 

"Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah, Kemenpora dan semua stakeholder terkait dan apapun situasi ini adalah hasil perjuangan kita bersama harapannya kita bisa melewati dan tetap menjaga prestasi olahraga Indonesia," tambah Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. 

Turut hadir dalam jumpa pers virtual ini Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pembudayaan Olahraga R. Isnanta, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Wakil Ketum KONI Pusat Suwarno.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Senin, 13 Juli 2020 - 21:25 WIB

Kabar Gembira! Skuter Siap Mengaspal Kembali

Kementerian Perhubungan RI telah menerbitkan Peraturan Menteri yang mengatur skuter, otopet, dan sepeda listrik. Dalam beleid yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 45 Tahun…

Startup (Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 20:40 WIB

Bangga! Startup Binaan Kemenperin Raih Penghargaan Internasional di Jerman

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi kepada PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang terpilih sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman.

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

Senin, 13 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil pembangunan, sekaligus mengurangi…

Ikan Kakap Putih Ambon (Foto Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 17:30 WIB

Ikan Kakap Putih Ambon Sebagai Pemenuhan Gizi Bagi Pasien COVID-19

Ratusan ikan kakap putih atau barramundi dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, Sabtu (11/7/2020). Selain kakap putih, jenis ikan lainnya seperti kerapu dan kuwe juga dipanen…

Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan hadiah untuk penemu uang ratusan juta di KRL

Senin, 13 Juli 2020 - 17:05 WIB

BRI, BNI, Mandiri Hingga Telkomsel Ramai-ramai Beri Hadiah Ratusan Juta untuk Sang Penemu Uang Rp500 Juta di KRL

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara alias BUMN keroyokan memberi hadiah kepada petugas KRL Commuterline, Mujenih dan Egi Sandi yang menemukan uang Rp500 juta dan berhasil dikembalikan utuh ke…