Sejak Januari, Bank Indonesia Telah Beli SBN di Pasar Capai Rp200,25 Triliun

Oleh : Arya Mandala | Sabtu, 30 Mei 2020 - 07:53 WIB

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (ist)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (ist)

INDUSTRY co.idJakarta, Sejak awal tahun hingga saat ini, Bank Indonesia (BI) membeli Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp200,25 triliun yang dibeli di pasar perdana dan pasar sekunder.

Dikatakan Gubernur BI Perry Warjiyo, sebelum terbitnya Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020, BI membeli Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) jangka pendek di bawah satu tahun sebesar Rp10,7 triliun di pasar perdana.

Dijelaskan Perry, pembelian tersebut diperbolehkan karena SBSN tersebut langka dan dibutuhkan untuk mengendalikan keuangan syariah.

"Kenapa boleh? Karena langka dan BI perlu instrumen moneter untuk mengendalikan keuangan syariah," ujar Perry dalam konferensi pers virtual seperti dikutip iNews, Sabtu (30/5).

Selanjutnya setelah diterbitkannya UU Nomor 2 Tahun 2020, BI memborong SBN di pasar perdana sebesar Rp23,98 triliun.

Sementara itu, jumlah tersebut terdiri dari pembelian ditahan non-competitive bidder dan green shoe option (GSO) sebesar Rp 20,31 triliun dan lewat private placement sebesar Rp 3,68 triliun.

Kemudian, BI juga membeli SBN di pasar sekunder sebesar Rp166,20 triliun. Hal ini dalam rangka stabilisasi pasar di tengah ketidakpastian akibat Covid-19. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…