PT Sari Aditya Loka Peduli Pendidikan Masyarakat Orang Rimba

Oleh : Herry Barus | Jumat, 29 Mei 2020 - 14:50 WIB

PT Sari Aditya Loka Peduli Pendidikan Masyarakat Orang Rimba
PT Sari Aditya Loka Peduli Pendidikan Masyarakat Orang Rimba

INDUSTRY.co.id - Merangin-Kepala Dinas Sosial PPK Kabupaten Merangin, Jambi Junaidi mengatakan, pemerintah melalui Dinas Sosial membantu dan membimbing Orang Rimba di Jambi untuk meningkatkan taraf hidup salah satunya  membangun rumah.

 “Tidak hanya itu, dalam masa pandemi covid-19 ini, pemerintah juga aktif melakukan sosialiasi serta membantu Orang Rimba dalam memenuhi kebutuhan berupa pembagian sembako,” kata Junaidi menjawab pertanyaan wartawan belum lama  ini.

Selain Pemerintah, Junaidi memperhatikan hubungan antara Orang Rimba dengan perusahaan sawit PT Sari Aditya Loka (SAL), yang operasinya berdampingan dengan permukiman Orang Rimba cukup harmonis.

“Selain melakukan pendampingan di sejumlah budidaya seperti pertanian, dan peternakan, dalam masa pandemi akibat Covid-19 perusahaan sawit ikut menjaga ketahanan pangan dengan menyalurkan bantuan bagi Orang Rimba disini,” kata Junaidi.

 Menurut Junaidi, memang sempat terjadi perselisihan antara perusahaan dan orang Rimba, namun keduanya telah berdamai.  Perdamaian terjadi antara dua perwakilan Tumenggung yakni Sikar dan Pakjang dengan perusahaan sawit .

 “Kedua belah pihak sepakat berdamai dan saling memaafkan. Mereka berharap kedepan persoalan serupa tidak lagi terjadi,” kata Junaidi.

Dalam kesepakatan damai itu turut menyaksikan Kapolres Merangin AKBP Mokhamad Lutfi SLK dan Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tommy Radya Diansyah Lubis S.Ap.M. Han.

Sementara Kapolsek Tabir Selatan Iptu Sejati mengingatkan LSM pendampingan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan hutan harus membantu pendampingan terhadap orang rimba di Jambi.

 “LSM pendampingan harus membantu orang rimba untuk  memahami hukum  agar masyarakat, pemerintah dan perusahaan  dapat hidup berdampingan. “kata Sejati.

Menurut Sejati, dalam kesepakatan damai itu, dua perwakilan Tumenggung yakni Sikar dan Pakjang secara terbuka meminta maaf atas pemukulan yang dilakukan anggotanya terhadap Satpam PT SAL I Hitam Ulu.

“Mereka telah meminta maaf dan berjanji untuk membina warganya agar tidak melakukan tindak pidana maupun tindakan lain yang meresahkan masyarakat,” kata Sejati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Jumat, 10 Juli 2020 - 06:17 WIB

Cetak 2.657 Kasus per Hari Jadi Rekor Tertinggi COVID-19, Yurianto: Total Menjadi 70.736 Orang Positif

Gugus Tugas Mengumumkan jumlah penambahan kasus baru tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan Pemerintah pada 2 Maret 2020. "Kita mendapatkan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2.657,…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Jumat, 10 Juli 2020 - 06:00 WIB

TNI-Polri Luncurkan Program Kampung Tangguh Nusantara

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si. meresmikan secara langsung Program Kampung Tangguh Nusantara tahun 2020 dalam rangka mendukung program…

Satgas 754 Kostrad Tegakkan Protokol Kesehatan di Kiliarma Mimika Papua

Jumat, 10 Juli 2020 - 05:30 WIB

Satgas 754 Kostrad Tegakkan Protokol Kesehatan di Kiliarma Mimika Papua

Dalam mencegah penyebaran Covid-19, Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 754/ENK/20/3 Kostrad menegakkan protokol kesehatan terhadap masyarakat yang datang dari timika di Distrik Agimuga.…

Danyonmarhanlan IX Panen Raya Dukung Program Ketahanan Pangan

Jumat, 10 Juli 2020 - 05:00 WIB

Danyonmarhanlan IX Panen Raya Dukung Program Ketahanan Pangan

Kegiatan panen raya ini dalam rangka mewujudkan masyarakat produktif dan meningkatkan ketahanan pangan di Kota Ambon. dengan memanfaatkan lahan kosong di Dusun Taeno, Desa Rumah Tiga kec. Teluk…

Atlet Binsat Yonif 1 Marinir Surabaya Latihan Menembak

Jumat, 10 Juli 2020 - 04:30 WIB

Tingkatkan Kemampuan, Atlet Binsat Yonif 1 Marinir Surabaya Latihan Menembak

Atlet Binsat Batalyon Infanteri 1 Marinir yang disiapkan untuk mengikuti lomba Batalyon Unggul Brigif 2 Marinir melaksanakan latihan menembak pistol di lapangan tembak F.X. Soepramono Bhumi…