PT Sari Aditya Loka Peduli Pendidikan Masyarakat Orang Rimba

Oleh : Herry Barus | Jumat, 29 Mei 2020 - 14:50 WIB

PT Sari Aditya Loka Peduli Pendidikan Masyarakat Orang Rimba
PT Sari Aditya Loka Peduli Pendidikan Masyarakat Orang Rimba

INDUSTRY.co.id - Merangin-Kepala Dinas Sosial PPK Kabupaten Merangin, Jambi Junaidi mengatakan, pemerintah melalui Dinas Sosial membantu dan membimbing Orang Rimba di Jambi untuk meningkatkan taraf hidup salah satunya  membangun rumah.

 “Tidak hanya itu, dalam masa pandemi covid-19 ini, pemerintah juga aktif melakukan sosialiasi serta membantu Orang Rimba dalam memenuhi kebutuhan berupa pembagian sembako,” kata Junaidi menjawab pertanyaan wartawan belum lama  ini.

Selain Pemerintah, Junaidi memperhatikan hubungan antara Orang Rimba dengan perusahaan sawit PT Sari Aditya Loka (SAL), yang operasinya berdampingan dengan permukiman Orang Rimba cukup harmonis.

“Selain melakukan pendampingan di sejumlah budidaya seperti pertanian, dan peternakan, dalam masa pandemi akibat Covid-19 perusahaan sawit ikut menjaga ketahanan pangan dengan menyalurkan bantuan bagi Orang Rimba disini,” kata Junaidi.

 Menurut Junaidi, memang sempat terjadi perselisihan antara perusahaan dan orang Rimba, namun keduanya telah berdamai.  Perdamaian terjadi antara dua perwakilan Tumenggung yakni Sikar dan Pakjang dengan perusahaan sawit .

 “Kedua belah pihak sepakat berdamai dan saling memaafkan. Mereka berharap kedepan persoalan serupa tidak lagi terjadi,” kata Junaidi.

Dalam kesepakatan damai itu turut menyaksikan Kapolres Merangin AKBP Mokhamad Lutfi SLK dan Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tommy Radya Diansyah Lubis S.Ap.M. Han.

Sementara Kapolsek Tabir Selatan Iptu Sejati mengingatkan LSM pendampingan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan hutan harus membantu pendampingan terhadap orang rimba di Jambi.

 “LSM pendampingan harus membantu orang rimba untuk  memahami hukum  agar masyarakat, pemerintah dan perusahaan  dapat hidup berdampingan. “kata Sejati.

Menurut Sejati, dalam kesepakatan damai itu, dua perwakilan Tumenggung yakni Sikar dan Pakjang secara terbuka meminta maaf atas pemukulan yang dilakukan anggotanya terhadap Satpam PT SAL I Hitam Ulu.

“Mereka telah meminta maaf dan berjanji untuk membina warganya agar tidak melakukan tindak pidana maupun tindakan lain yang meresahkan masyarakat,” kata Sejati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Preaiden Joko Widodo (Jokowi)

Senin, 28 September 2020 - 15:10 WIB

Jokowi Minta Jajarannya Serahkan Perencanaan Vaksinasi Covid-19 Dalam Waktu Dua Minggu Kedepan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajaran di bawahnya merencanakan program secara detail terkait keseluruhan pelaksanaan vaksin pada saat nanti disuntikkan ke orang per orang.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan

Senin, 28 September 2020 - 15:02 WIB

Asiiik...Menteri Luhut Pastikan Pemerintah Bakal Kasih Diskon 50% untuk Perjalanan Wisata

Industri pariwisata akan mendapatkan stimulus dari pemerintah agar dapat bangkit dari Covid-19. Salah satunya berupa diskon paket wisata perjalanan sebesar 50 persen.

Program CSR PT PP (Persero) TBK (Photo by BUMN)

Senin, 28 September 2020 - 14:30 WIB

Era Pandemi Covid-19, PTPP Salurkan Ribuan Masker Medis

PT PP Persero Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia Perseroan telah menyalurkan bantuan dalam rangka penanganan Covid-19 di Polda.

PT Bio Farma (Persero) (Foto ist)

Senin, 28 September 2020 - 14:22 WIB

Kabar Gembira! Menlu Retno Pastikan Uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac Lancar dan Tak Ada Efek Samping

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menegaskan bahwa tidak ditemukan efek samping dari uji klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac dan Bio Farma beberapa waktu lalu. "Laporan yang…

Tangkapan layar salah satu alun sosial media Facebook yang menyebut Ijazah Jokowi palsu

Senin, 28 September 2020 - 14:02 WIB

Ijazah Jokowi dari UGM Disebut palsu? Begini Faktanya...

Benarkah ijazah Jokowi palsu? Cek faktanya Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali di isukan memiliki ijazah palsu. Hal tersebut diunggah oleh salah satu pemilik akun media sosial Facebook…