Setelah Liga Jerman Kembali Bergulir Dilanjut Liga Portugal, Denmark Hingga Liga Ukraina

Oleh : Herry Barus | Jumat, 29 Mei 2020 - 16:00 WIB

Setelah Liga Jerman Kembali Bergulir Dilanjut Liga Portugal, Denmark Hingga Liga Ukraina
Setelah Liga Jerman Kembali Bergulir Dilanjut Liga Portugal, Denmark Hingga Liga Ukraina

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kembalinya Bundesliga Jerman sebagai liga besar sepak bola pertama di Eropa yang bertanding lagi sejak dua pekan lalu mulai disusul oleh liga-liga lain di Benua Biru itu yang siap bergulir setelah tertangguhkan sejak Maret karena pandemi COVID-19.

Sejumlah negara lebih kecil seperti Hongaria, Republik Ceko, Estonia dan Kepulauan Faroe juga sudah memainkan kembali kompetisi sepak bola mereka berdampingan dengan Bundesliga Jerman.

Kini sejumlah liga lain seperti Portugal, Denmark, Polandia, Serbia, Austria, Kroasia dan Ukraina bakal siap bergabung memainkan pertandingan musim ini lagi.

Sedangkan Liga Premier Inggris bakal jadi liga besar kedua yang menyusul pada pertengahan Juni, tepatnya tanggal 17 Juni, dengan asumsi prasyarat kesehatan yang dijadikan acuan bisa terpenuhi.


Menyusul Liga Premier Inggris, Serie A dapat lampu hijau melanjutkan kompetisi pada 20 Juni sejak tertangguhkan Maret karena pandemi COVID-19. Selain itu, Coppa Italia kemungkinan akan dimainkan lebih dulu sepekan sebelum Serie A.

Dalam catatan Antara, Liga-liga di Eropa tersebut akan menerapkan protokol yang kurang lebih serupa, termasuk pencegahan kesehatan berupa tes COVID-19 rutin bagi para pemain dan skuat semua klub, pembatasan 300 orang berada di stadion untuk setiap pertandingan serta pelarangan salaman, kehadiran maskot serta foto tim pralaga.

Kreativitas ditemukan dari cara masing-masing liga menghidupkan atmosfer pertandingan agar tak semata berisikan bunyi bola ditendang dan teriakan skuat yang bertanding.

Superliga Denmark yang dijadwalkan kembali berlanjut Kamis malam waktu setempat, memperlihatkan langkah serius dari AGF Aarhus yang akan menjamu Raiders dengan memasang layar-layar siaran langsung para penonton yang bergabung melalui platform konferensi video Zoom.

Sedangkan pemimpin klasemen Midtjylland bakal menjamu Horsens dengan menggelar nonton barena ala bioskop drive in bagi 2.000 mobil di luar markas mereka, MCH Arena.

Di Portugal yang menyisakan 10 pekan pertandingan Liga Primeira bakal memberikan pengalaman ala kompetisi musim panas dengan menggelar laga setiap hari.

Di Austria, kembalinya kompetisi ditandai dengan hukuman pengurangan enam poin membuat LASK Linz harus melorot dari puncak klasemen karena melanggar aturan "lockdown" dengan berlatih kelompok besar sebelum waktunya.

Pengurangan itu membuat Red Bull Salzburg kini berada di posisi terdepan dan berpeluang untuk meraih gelar juara tujuh musim beruntun.

Pada Jumat, Liga Ekstraklasa Polandia dan Liga Super Serbia juga akan melanjutkan musim. Ekstraklasa menyisakan 11 pekan pertandingan ditandai pemimpin klasemen Legia Warsawa melawat ke markas Lech Poznan.

Pada Sabtu (30/5/2020) Liga Premier Ukraina akan memulai kembali musim mereka dengan tiga pertandingan, sedangkan Kroasia baru akan memainkan laga lagi pada 5 Juni.

Bagaimana kompetisi Liga di Indonesia? Persija Jakarta telah mengambil sikap terkait lanjut atau tidaknya kompetisi musim ini. Manajemen Macan Kemayoran mempertimbangkan segala aspek baik dan buruk bila Liga Indonesia musim ini kembali bergulir ataupun sebaliknya.

Direktur Olahraga Persija Ferry Paulus menyatakan, jajaran Manajemen Persija berharap sepak bola tanah air segera dapat bergulir. Namun hal tersebut cukup mengkhawatirkan karena pertandingan sepak bola dinikmati oleh berbagi kalangan. Saat ini yang paling utama adalah kesehatan dan keselamatan banyak orang.

Sebagai informasi menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada 18 Mei 2020, kasus infeksi Covid-19 pada anak di Indonesia tertinggi se-Asia. Sekitar 3.400 anak Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan 584 anak terinfeksi. Hal ini cukup mengkhawatirkan karena sepak bola juga dinikmati keluarga dengan anak-anak.

“Manajemen Persija sangat berharap liga dapat berjalan kembali. Tentunya para suporter sudah rindu menyaksikan timnya berlaga di stadion, setelah hampir 3 bulan liga berhenti dan jika liga bergulir kembali ekonomi rakyat akan kembali tumbuh serta para pemain bisa beraktivitas untuk memberikan tontonan dan hiburan bagi rakyat. Namun Persija ingin semuanya benar-benar telah kondusif terlebih dahulu,” tutur Ferry Paulus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.