Setelah Liga Jerman Kembali Bergulir Dilanjut Liga Portugal, Denmark Hingga Liga Ukraina

Oleh : Herry Barus | Jumat, 29 Mei 2020 - 16:00 WIB

Setelah Liga Jerman Kembali Bergulir Dilanjut Liga Portugal, Denmark Hingga Liga Ukraina
Setelah Liga Jerman Kembali Bergulir Dilanjut Liga Portugal, Denmark Hingga Liga Ukraina

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kembalinya Bundesliga Jerman sebagai liga besar sepak bola pertama di Eropa yang bertanding lagi sejak dua pekan lalu mulai disusul oleh liga-liga lain di Benua Biru itu yang siap bergulir setelah tertangguhkan sejak Maret karena pandemi COVID-19.

Sejumlah negara lebih kecil seperti Hongaria, Republik Ceko, Estonia dan Kepulauan Faroe juga sudah memainkan kembali kompetisi sepak bola mereka berdampingan dengan Bundesliga Jerman.

Kini sejumlah liga lain seperti Portugal, Denmark, Polandia, Serbia, Austria, Kroasia dan Ukraina bakal siap bergabung memainkan pertandingan musim ini lagi.

Sedangkan Liga Premier Inggris bakal jadi liga besar kedua yang menyusul pada pertengahan Juni, tepatnya tanggal 17 Juni, dengan asumsi prasyarat kesehatan yang dijadikan acuan bisa terpenuhi.


Menyusul Liga Premier Inggris, Serie A dapat lampu hijau melanjutkan kompetisi pada 20 Juni sejak tertangguhkan Maret karena pandemi COVID-19. Selain itu, Coppa Italia kemungkinan akan dimainkan lebih dulu sepekan sebelum Serie A.

Dalam catatan Antara, Liga-liga di Eropa tersebut akan menerapkan protokol yang kurang lebih serupa, termasuk pencegahan kesehatan berupa tes COVID-19 rutin bagi para pemain dan skuat semua klub, pembatasan 300 orang berada di stadion untuk setiap pertandingan serta pelarangan salaman, kehadiran maskot serta foto tim pralaga.

Kreativitas ditemukan dari cara masing-masing liga menghidupkan atmosfer pertandingan agar tak semata berisikan bunyi bola ditendang dan teriakan skuat yang bertanding.

Superliga Denmark yang dijadwalkan kembali berlanjut Kamis malam waktu setempat, memperlihatkan langkah serius dari AGF Aarhus yang akan menjamu Raiders dengan memasang layar-layar siaran langsung para penonton yang bergabung melalui platform konferensi video Zoom.

Sedangkan pemimpin klasemen Midtjylland bakal menjamu Horsens dengan menggelar nonton barena ala bioskop drive in bagi 2.000 mobil di luar markas mereka, MCH Arena.

Di Portugal yang menyisakan 10 pekan pertandingan Liga Primeira bakal memberikan pengalaman ala kompetisi musim panas dengan menggelar laga setiap hari.

Di Austria, kembalinya kompetisi ditandai dengan hukuman pengurangan enam poin membuat LASK Linz harus melorot dari puncak klasemen karena melanggar aturan "lockdown" dengan berlatih kelompok besar sebelum waktunya.

Pengurangan itu membuat Red Bull Salzburg kini berada di posisi terdepan dan berpeluang untuk meraih gelar juara tujuh musim beruntun.

Pada Jumat, Liga Ekstraklasa Polandia dan Liga Super Serbia juga akan melanjutkan musim. Ekstraklasa menyisakan 11 pekan pertandingan ditandai pemimpin klasemen Legia Warsawa melawat ke markas Lech Poznan.

Pada Sabtu (30/5/2020) Liga Premier Ukraina akan memulai kembali musim mereka dengan tiga pertandingan, sedangkan Kroasia baru akan memainkan laga lagi pada 5 Juni.

Bagaimana kompetisi Liga di Indonesia? Persija Jakarta telah mengambil sikap terkait lanjut atau tidaknya kompetisi musim ini. Manajemen Macan Kemayoran mempertimbangkan segala aspek baik dan buruk bila Liga Indonesia musim ini kembali bergulir ataupun sebaliknya.

Direktur Olahraga Persija Ferry Paulus menyatakan, jajaran Manajemen Persija berharap sepak bola tanah air segera dapat bergulir. Namun hal tersebut cukup mengkhawatirkan karena pertandingan sepak bola dinikmati oleh berbagi kalangan. Saat ini yang paling utama adalah kesehatan dan keselamatan banyak orang.

Sebagai informasi menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada 18 Mei 2020, kasus infeksi Covid-19 pada anak di Indonesia tertinggi se-Asia. Sekitar 3.400 anak Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan 584 anak terinfeksi. Hal ini cukup mengkhawatirkan karena sepak bola juga dinikmati keluarga dengan anak-anak.

“Manajemen Persija sangat berharap liga dapat berjalan kembali. Tentunya para suporter sudah rindu menyaksikan timnya berlaga di stadion, setelah hampir 3 bulan liga berhenti dan jika liga bergulir kembali ekonomi rakyat akan kembali tumbuh serta para pemain bisa beraktivitas untuk memberikan tontonan dan hiburan bagi rakyat. Namun Persija ingin semuanya benar-benar telah kondusif terlebih dahulu,” tutur Ferry Paulus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Perumahan

Jumat, 10 Juli 2020 - 07:48 WIB

Penempatan Dana Pemerintah Rp5 Triliun, Bank Pelopor KPR Ini Optimistis Bisa Salurkan Kredit Hingga Rp30 Triliun

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) optimistis penempatan uang negara di perseroan sebesar Rp5 triliun akan membuat ekspansi kredit tembus Rp30 triliun hingga akhir tahun ini. Namun jika…

Indonesia Fundraising Awards 2020

Jumat, 10 Juli 2020 - 07:15 WIB

Menapaki Perjalanan 27 Tahun, Dompet Dhuafa Kembali Sabet Penghargaan

Menapaki perjalanan 27 tahun Dompet Dhuafa menghadirkan berbagai progam kebaikan bersama para donatur dan juga penerima manfaat. Bahkan turut memunculkan harmoni kebaikan dengan melibatkan banyak…

Ilustrasi pembangunan rel kereta. (Pradita Utana/NurPhoto)

Jumat, 10 Juli 2020 - 07:10 WIB

Hai Pengguna Kereta Api Tolong Catat! Ini Daftar 10 KA Jarak Jauh yang Beroperasi Mulai 10 Juli 2020 Dari Area Daop 1 Jakarta

Jakarta-Untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan masa New Normal, PT KAI (Persero) kembali menambah 5 perjalanan Kereta Api (KA) Jarak Jauh…

Menteri Sosial Juliari B

Jumat, 10 Juli 2020 - 07:00 WIB

Mensos Juliari Restui Pemkab Sukabumi Mengubah Data Penerima BST

Menteri Sosial Juliari B mempersilahkan pemerintah kabupaten Sukabumi mengubah atau memperbaiki data penerima bantuan sosial tunai tahap berikutnya.

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Jumat, 10 Juli 2020 - 06:17 WIB

Cetak 2.657 Kasus per Hari Jadi Rekor Tertinggi COVID-19, Yurianto: Total Menjadi 70.736 Orang Positif

Gugus Tugas Mengumumkan jumlah penambahan kasus baru tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan Pemerintah pada 2 Maret 2020. "Kita mendapatkan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2.657,…