Dampak 'PSBB', Ramayana Terpaksa Tutup Sejumlah Gerai dan PHK 421 Karyawan

Oleh : Candra Mata | Kamis, 28 Mei 2020 - 14:18 WIB

Ramayana Departemen Store Resmi Tutup Sejumlah Gerai (FAJAR. co. id)
Ramayana Departemen Store Resmi Tutup Sejumlah Gerai (FAJAR. co. id)

INDUSTRY co.idJakarta, Dampak kebijakan pemerintah dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PT Ramayana Lestari Sentosa (RALS) terpaksa menutup sejumlah gerainya dan pembatasan operasional selama April-Mei 2020, dan telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 421 karyawan sejak Januari 2020.

"Jumlah karyawan di PHK sebanyak 421 (kondisi karyawan periode Januari 2020 hingga saat ini), dengan perkiraan dampak rugi bersih bisa mencapai lebih dari 75% setelah adanya penutupan disejumlah department store," ungkap perseroan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (28/5).

Dalam laporan yang sama di di Keterbukaan Informasi BEI, Ramayana memproyeksikan bahwa total pendapatan (konsolidasi) perseroan akan terimbas sekira 25% - 50%.

Saat ini total karyawan Ramayana baik berstatus tetap maupun tidak tetap tercatat sebanyak 5.896 orang per 31 Desember 2019. Namun setelah adanya Covid-19, maka jumlahnya tercatat 5.475 orang.

Sementara itu ditegaskan perseroan, bahwa Ramayana akan menerapak strategi penjualan secara online melalui berbagai macam platform mulai dari website, WhatsApp hingga partner e-commerce, demi kelangsungan usaha di tengah pandemi covid-19.

"Strategi lainnya yaitu fokus pada penjualan supermarket," tandas pernyataan perseroan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Senin, 28 September 2020 - 17:00 WIB

Coach RD Tetap akan Tambah Pemain Muda Perkuat Laskar Sape Kerrab

Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini masih butuh tambahan, setidaknya dua pemain muda U20. Bahkan, Coach RD membocorkan, posisi yang paling dibutuhkan ialah penyerang. Diketahui, Madura United…

Pemanfaatan PLTS

Senin, 28 September 2020 - 16:56 WIB

Harga Kian Kompetitif, Pemerintah Optimis Mampu Capai Target Satu Juta PLTS Atap

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) optimis dengan target satu juta pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. Optimisme ini di dorong dari perkembangan harga PLTS…

Ilustrasi Pengunjung restoran di Mal (foto Detik.com)

Senin, 28 September 2020 - 16:46 WIB

Anies Kembali Perpanjang PSBB, Pengusaha 'Geleng-geleng': Ratusan Ribu Pekerja Sudah di PHK, Restoran Seperti Mau Innalillahi

Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kembali memperpanjang Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat hingga 11 Oktober 2020 mendatang membuat pengusaha kelimpungan…

Migas Ilustrasi

Senin, 28 September 2020 - 16:35 WIB

SKK Migas-Chevron Pacific Indonesia Tandatangani Heads of Agreement Transisi WK Rokan

Perjanjian tersebut, menurut Dwi, bersifat win-win bagi kedua pihak, karena dengan adanya kejelasan pengembalian investasi maka harapannya produksi WK Rokan tidak menurun.

25 Rumah Adat Sumba Terbakar/ Foto: Emanuel Dapaloka

Senin, 28 September 2020 - 16:29 WIB

25 Rumah Adat Sumba Terbakar, Masyarakat Sangat Butuh Bantuan

Sumba-Setelah musibah kebakaran yang menimpa kampung tradisional Umbu Koba, Sumba, NTT pada Minggu 27/9/20, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) mulai menyalurkan bantuan.