Fitur Mekari Benefit Solusi Gratis Bantu Perusahaan Fasilitasi Kebutuhan Karyawan Saat WFH

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Mei 2020 - 13:55 WIB

Suwandi Soh CEO Mekari
Suwandi Soh CEO Mekari

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pelaksanaan kebijakan work from home (WFH) yang telah berjalan selama dua bulan ini menghadirkan transisi baru bagi karyawan dan perusahaan ke new normal.

Di masa ini, karyawan diharuskan beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi secara menyeluruh untuk mendukung produktivitas kerja dari rumah, namun disisi lain juga tetap mengedepankan perannya di rumah.

Sementara dengan adanya social distancing, ruang gerak karyawan pun terbatas untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Dengan transisi ini, perusahaan dapat mengambil peran untuk membantu karyawan mengatasi tantangan selama WFH tersebut.

Misalnya dengan memberikan fasilitas benefit yang bisa digunakan karyawan memenuhi kebutuhan esensialnya selama WFH dengan akses yang mudah meskipun dari rumah.

 Menjawab kebutuhan baik dari sisi perusahaan (HR) dan dari sisi karyawan, Mekari, sebagai perusahaan software as a service untuk bisnis UKM dan mid-enterprise, melalui produknya Talenta, software HRIS & payroll berbasis cloud, menghadirkan fitur baru, yakni Mekari Benefit.

Mekari Benefit merupakan platform yang membantu perusahaan untuk mengelola benefit karyawan secara digital dan dapat diakses karyawan dari smartphone.

Karyawan dapat menggunakan fasilitas dari beragam vendor rekanan terpilih yang mendukung kebutuhan asuransi, kebutuhan pokok maupun penunjang kebutuhan WFH.

Selain itu, integrasi dengan teknologi payroll juga memungkinkan karyawan untuk mengakses benefit yang tersedia dengan opsi menggunakan gaji pribadi karyawan. Hal tersebut menjadikan Mekari Benefit sebagai platform benefit karyawan pertama di Indonesia yang dapat menerapkan skema salary sacrifice.

Suwandi Soh, CEO Mekari menjelaskan, pihaknya ingin memfasilitasi perusahaan dan karyawan dalam menyediakan serta mengakses benefit karyawan yang relevan, tepat guna dan tepat sasaran agar semangat dan produktivitas karyawan terjaga di masa sulit ini.

"Dengan Mekari Benefit, perusahaan dapat memberikan serangkaian kebutuhan yang esensial selama WFH kepada karyawan dengan harga yang lebih terjangkau tanpa harus mencari dan bernegosiasi dengan vendor atau penyedia layanan, karena sudah tersedia dan siap digunakan di platform kami. Rekanan terpilih merupakan vendor yang dapat menyediakan kebutuhan karyawan tanpa harus keluar rumah sehingga social distancing tetap terlaksana, mulai dari kebutuhan esensial seperti layanan pengantaran kebutuhan pokok, makanan, catering, obat-obatan. Termasuk juga kebutuhan penunjang WFH seperti paket data, kredit pulsa, dan token listrik," jelas Suwandi Kamis (28/5).

Dikatakannya, di masa pandemi seperti ini, banyak perusahaan yang cenderung menunda atau mengurangi program benefit karyawan karena alasan budget.

Menariknya, selain solusi ini bersifat gratis untuk diimplementasikan, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan budget dalam pemberian manfaat kepada karyawan.

Hal tersebut dikarenakan setiap transaksi pembelian di platform Mekari Benefit, pemakaian akan dibebankan tanpa tambahan biaya bunga, pada gaji karyawan yang bersangkutan di periode penggajian berikutnya, sehingga tidak melibatkan kas dari perusahaan, terlebih di masa sulit akibat pandemi.

Di sisi karyawan, selain dapat menghemat kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih murah, arus kas pribadi karyawan juga dapat terjaga tanpa harus melakukan pinjaman ke pihak lain ketika ada kebutuhan yang mendesak.

Selain karena permasalahan budget, beban pekerjaan administratif manual juga menjadi hambatan kebanyakan perusahaan untuk menerapkan program benefit karyawan.

Hal administratif tersebut meliputi pengadaan, pencatatan transaksi pemakaian per karyawan, menghitung sisa saldo, hingga pekerjaan administratif lainnya yang memakan waktu.

Namun, dengan mengedepankan automasi teknologi, beban administratif tersebut dapat dihindari apabila menggunakan platform Mekari Benefit karena karyawan cukup mengakses dari smartphone pribadi dan melakukan transaksi dari rekanan yang sudah tersedia di platform.

Setiap transaksi akan tercatat, mengurangi saldo, dan mengurangi gaji karyawan secara otomatis di periode berikutnya.

“Ada tiga manfaat yang dapat diperoleh karyawan dengan penggunaan platform Mekari Benefit. Pertama, kebutuhan esensial sehari-hari serta penunjang produktivitas tetap dapat terpenuhi dengan tetap menjalankan prinsip social distancing. Kedua, karyawan dapat menikmati penghematan dari belanja kebutuhan sehari-hari karena harga yang ditawarkan merupakan harga khusus rekanan yang lebih terjangkau. Terakhir, kas pribadi karyawan lebih terjaga karena pemakaian baru akan terpotong di periode gaji selanjutnya tanpa bunga.” rangkum Suwandi.

Untuk menggunakan platform Mekari Benefit, perusahaan dan karyawannya harus terdaftar di Talenta terlebih dahulu. Perusahaan yang belum menggunakan aplikasi HRIS & payroll Talenta, dapat melakukan pendaftaran secara gratis di website Talenta: https://www.talenta.co/.

 “Dalam waktu dekat, kami juga akan meluncurkan fitur yang merupakan pengembangan dari platform Mekari Benefit ini, yaitu flexible benefit. Nantinya, perusahaan dapat merancang program benefit karyawan yang lebih tepat sasaran sesuai dengan demografi dan kebutuhan personal setiap karyawan.” tambah Suwandi.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 20 rekanan yang sudah tersedia di platform Mekari Benefit diantaranya Sayurbox, Kulina, Kliknclean, Kitabisa.com, K24Klik, Houzcall, Fore Coffee, dll. Selain itu, karyawan juga dapat melakukan pembelian pulsa, paket data, dan token PLN untuk mendukung kelancaran WFH.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indonesia Fundraising Awards 2020

Jumat, 10 Juli 2020 - 07:15 WIB

Menapaki Perjalanan 27 Tahun, Dompet Dhuafa Kembali Sabet Penghargaan

Menapaki perjalanan 27 tahun Dompet Dhuafa menghadirkan berbagai progam kebaikan bersama para donatur dan juga penerima manfaat. Bahkan turut memunculkan harmoni kebaikan dengan melibatkan banyak…

Ilustrasi pembangunan rel kereta. (Pradita Utana/NurPhoto)

Jumat, 10 Juli 2020 - 07:10 WIB

Hai Pengguna Kereta Api Tolong Catat! Ini Daftar 10 KA Jarak Jauh yang Beroperasi Mulai 10 Juli 2020 Dari Area Daop 1 Jakarta

Jakarta-Untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan masa New Normal, PT KAI (Persero) kembali menambah 5 perjalanan Kereta Api (KA) Jarak Jauh…

Menteri Sosial Juliari B

Jumat, 10 Juli 2020 - 07:00 WIB

Mensos Juliari Restui Pemkab Sukabumi Mengubah Data Penerima BST

Menteri Sosial Juliari B mempersilahkan pemerintah kabupaten Sukabumi mengubah atau memperbaiki data penerima bantuan sosial tunai tahap berikutnya.

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Jumat, 10 Juli 2020 - 06:17 WIB

Cetak 2.657 Kasus per Hari Jadi Rekor Tertinggi COVID-19, Yurianto: Total Menjadi 70.736 Orang Positif

Gugus Tugas Mengumumkan jumlah penambahan kasus baru tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan Pemerintah pada 2 Maret 2020. "Kita mendapatkan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2.657,…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Jumat, 10 Juli 2020 - 06:00 WIB

TNI-Polri Luncurkan Program Kampung Tangguh Nusantara

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si. meresmikan secara langsung Program Kampung Tangguh Nusantara tahun 2020 dalam rangka mendukung program…