Jangan Tinggalkan Kebugaran Tubuh Saat WFH

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Mei 2020 - 18:00 WIB

Samantha Clayton Herbalife
Samantha Clayton Herbalife

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan kebijakan "di rumah saja", termasuk bekerja dari rumah atau Work From Home. Kebijakan ini mempengaruhi rutinitas kegiatan sehari-hari, sehingga dapat menyebabkan munculnya stres atau kecemasan.

Atlet Olimpiade Inggris sekaligus Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife Nutrition, Samantha Clayton mengatakan, bagi sebagian orang bekerja dari rumah adalah sebuah pengalaman baru dimana ternyata kita lebih sibuk sepanjang hari dibanding waktu normal sehingga melewatkan kesempatan untuk tetap menjaga kebugaran. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menemukan cara-cara kreatif agar dapat tetap berolahraga di tengah kewajiban anda bekerja dari rumah.

 Mempertahankan Rutinitas

Sama seperti pentingnya melakukan latihan yang konsisten guna mencapai tingkat kebugaran yang stabil, saat ini perlu untuk terus mengembangkan atau paling tidak menjaga "rutinitas/budaya kerja" anda secara konsisten. Hal ini untuk menghindari munculnya kebiasaan buruk yang akan menghambat motivasi bekerja Anda.

 Mungkin Anda akan merasa ‘tergoda’ untuk bekerja dari atas tempat tidur dengan masih menggunakan baju tidur Anda. Tapi sebelum anda melakukannya, perlu diketahui bahwa apa yang akan anda lakukan ini dapat merusak kebiasaan kerja dan menciptakan suasana kerja yang kurang bagus.

 Lebih baik anda tetap konsisten melakukan rutinitas kerja ‘normal’ anda dengan tetap bangun pagi, mandi, berpakaian kerja, minum kopi atau teh, mengatur meja kerja Anda dan bekerja seperti biasanya. Menjaga rasa ‘normal’ ini akan membantu Anda tetap fokus pada tugas-tugas Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kebugaran di sela bekerja dari rumah:

 Prioritaskan Olahraga untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Meskipun Anda lebih mempedulikan untuk menyelesaikan pekerjaan daripada melakukan olahraga, sebenarnya Anda tetap perlu menyediakan waktu selama 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Jika Anda menjadikan olahraga sebagai bagian dari jadwal harian Anda, nantinya olahraga akan menjadi sesuatu yang anda butuhkan di tengah hari-hari kerja yang monoton.

 

Sebagai tambahan, ada penelitian yang menghubungkan duduk untuk waktu yang lama dengan sejumlah masalah kesehatan yang dapat timbul seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan nyeri punggung.

Bahkan jika ‘menjaga kesehatan’ bukan menjadi prioritas bagi Anda, ketahuilah bahwa tubuh akan secara alami melakukan pelepasan endorfin selama melakukan olahraga sehingga akan meningkatkan mood Anda. Oleh karena itu, selama masa penuh tekanan seperti ini salah satu manfaat terbesar dari melakukan olahraga teratur adalah membuat anda dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dan  melalui kehidupan dengan perasaan yang lebih ringan.

 Berolahraga selama Bekerja

Berikut adalah lima latihan mudah yang bisa dilakukan saat bekerja dari rumah bahkan tidak perlu meninggalkan meja kerja Anda:

  • Atur Alarm. Di bagian utama, tengah atau akhir setiap jam, atur alarm di ponsel Anda selama beraktivitas beberapa menit. Entah apakah Anda memilih untuk melakukan 1 menit untuk sit-up, 60 berjongkok atau 20 kali push-up - mengatur waktu untuk istirahat dari pekerjaan Anda untuk membuat tubuh Anda bergerak tidak hanya akan membantu Anda merasa lebih kuat dari waktu ke waktu, tetapi juga akan membantu menjaga energi Anda sepanjang hari .
  • Meregangkan Tubuh Bagian Atas. Panaskan otot-otot Anda dengan peregangan tubuh bagian atas — angkat lengan ke atas kepala, regangkan sampai Anda merasakannya di dada dan bisep. Peregangan membantu menghilangkan stres dan mengencangkan otot.
  • Menerima Telefon sambil Berdiri. Cobalah untuk menerima telefon sambil berjalan-jalan atau melakukan squat, gunakan waktu ini untuk menggunakan handsfree di telinga Anda dan bergerak. Menekuk lutut juga bisa melatih otot dan paha Anda. Gerakan ke depan dengan menjatuhkan pinggul Anda ke lantai, berganti-ganti kaki.
  • Sit-up duduk. Gerakkan perut Anda sambil duduk di kursi Anda. Jaga punggung Anda lurus dan tangan Anda di belakang kepala, lalu angkat lutut ke siku, berganti-ganti kaki.
  • Gerakkan Pergelangan Kaki. Pertahankan aliran darah Anda dengan melakukan beberapa pergelangan kaki sederhana untuk mendukung sirkulasi kesehatan.

Jangan Lupa Lakukan Diet Seimbang

Mengelola rutinitas olahraga, mengonsumsi makanan sehat dan cukup istirahat adalah beberapa cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan hasil fisik dan emosional terbaik. Mengkonsumsi cemilan sehat sepanjang hari dengan asupan buah-buahan, keju, dan yogurt tidak hanya akan membuat Anda kenyang, tetapi juga mudah untuk dinikmati ketika Anda lupa waktu karena bekerja sepanjang hari. Selain itu, diet seimbang dengan banyak protein akan membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda tidak terus-menerus mengunjungi lemari es.

 “Jangan lupa bahwa bekerja dari rumah bukan berarti Anda tidak boleh melampaui batas, pastikan Anda meluangkan waktu ekstra ini di rumah untuk beristirahat dan bersantai,” tutup Samantha.

 

---

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Startup (Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 20:40 WIB

Bangga! Startup Binaan Kemenperin Raih Penghargaan Internasional di Jerman

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi kepada PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang terpilih sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman.

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

Senin, 13 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil pembangunan, sekaligus mengurangi…

Ikan Kakap Putih Ambon (Foto Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 17:30 WIB

Ikan Kakap Putih Ambon Sebagai Pemenuhan Gizi Bagi Pasien COVID-19

Ratusan ikan kakap putih atau barramundi dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, Sabtu (11/7/2020). Selain kakap putih, jenis ikan lainnya seperti kerapu dan kuwe juga dipanen…

Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan hadiah untuk penemu uang ratusan juta di KRL

Senin, 13 Juli 2020 - 17:05 WIB

BRI, BNI, Mandiri Hingga Telkomsel Ramai-ramai Beri Hadiah Ratusan Juta untuk Sang Penemu Uang Rp500 Juta di KRL

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara alias BUMN keroyokan memberi hadiah kepada petugas KRL Commuterline, Mujenih dan Egi Sandi yang menemukan uang Rp500 juta dan berhasil dikembalikan utuh ke…

Penguburan jenazah korban Corona

Senin, 13 Juli 2020 - 17:00 WIB

Kondisi Mengkhawatirkan, IHME Prediksi Hingga November akan Terjadi 40.000 Kematian di Indonesia

Sebagai bagian dari proyeksi perdana yang membandingkan berbagai tindakan pengendalian penularan COVID-19, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington, Seattle…