Sungguh Prihatin! Akan Ada PHK Besar Besaran di Industri Sepatu Terbesar Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 27 Mei 2020 - 07:05 WIB

Pabrik Sepatu/ ilustrasi, Foto: REUTERS/Ann Wang
Pabrik Sepatu/ ilustrasi, Foto: REUTERS/Ann Wang

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Pandemi Covid 19 bukan hanya menggerogoti sisi kesehatan tetapi telah menghantam sektor ekonomi di seluruh dunia. Masifnya penyebaran Covid 19, telah berdampak merosotnya pertumbuhan ekonomi nasional hingga lesunya dunia usaha.

Terpuruknya dunia usaha itu,  kemudian berdampak pada banyaknya karyawan yang jadi korban PHK atau orang-orang yang kehilangan usaha. 

Kini pekerja dari pabrik sepatu kembali jadi korban. Teranyar, PT Victory Chingluh di Pasar Kemis Kabupaten Tangerang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal dalam jumlah besar, yakni sebanyak hampir 5.000 pegawai.

Mengutip dari CNBC Indonesia, Selasa (26/5/2020), produsen sepatu dengan buyer merek terkenal seperti Nike ini sempat dikabarkan melakukan PHK massal akibat kondisi pandemi Covid-19. Namun ternyata, ada dua faktor yang menjadi penyebab terjadinya PHK tersebut.

Faktor utama atau jangka panjang adalah rencana relokasi pabrik ke daerah lain. Ini terkait rencana jangka panjang perusahaan.

"Iya akan pindah juga, akan pindah. Tapi tentu perencanaan jangka panjang. Prinsipnya mereka akan pindah juga," sebut Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko kepada CNBC Indonesia, Selasa (26/5/2020).

Eddy menyebut kebijakan diambil melalui pertimbangan yang matang. Yakni memperhitungkan pola distribusi, ongkos kirim hingga biaya pegawai.

Mengenai waktu pindah, Eddy menjelaskan saat ini perusahaan dari anggotanya masih mengukur waktu yang tepat. Namun bayangan waktu dan lokasi yang akan ditempati sudah ada.

"Tahun depan mungkin," katanya.

Sementara faktor kedua adalah menurunnya pendapatan akibat masa pandemik Covid-19. Meski beberapa kontrak proyeknya bersama brand kenamaan dunia masih jalan, kontrak dengan brand lainnya harus kandas di tengah jalan.

"Di luar merek besar seperti Nike dan Adidas, yakni dengan PO (Pre Order) lain, ada 47% dibatalkan PO-nya," kata Eddy.

Pembatalan itu sangat berdampak signifikan terhadap cashflow perusahaan yang sudah cukup terganggu akibat masa pandemi. Impaknya, PT Victory Chingluh Indonesia tercatat melakukan PHK terhadap 4.985 karyawannya, berdasarkan laporan mereka ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang sebagaimana dikutip dari detik.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ganjar Pranowo

Jumat, 12 Agustus 2022 - 13:52 WIB

Bupati Pemalang Dikabarkan Kena OTT, Ganjar: Ini Peringatan, Hentikan Kejahatan Korupsi

Semarang – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Pemalang, MAW. Kabar tersebut diketahui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo…

Salah satu yang mendapatkan penghargaan dari Majalah SWA

Jumat, 12 Agustus 2022 - 13:38 WIB

SWA Ganjar Dua Penghargaan ke Para Perusahaan Ini

Majalah SWA dan Business Digest menyelenggarakan penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2022, yaitu program untuk memilih perusahaan yang memiliki tim terbaik dalam bidang customer…

Halus Lembut Band

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:20 WIB

Halus Lembut Band Meriahkan FMR 2022, Sebelum Rilis Single ke 2

Halus Lembut, Band asal Jakarta yang merilis single pertama bertajuk "Kapal Miring" pada tahun 2018 lalu. Kini Halus Lembut kembali setelah lama vakum dengan mempersiapkan single kedua mereka…

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:08 WIB

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Memberikan apresiasi terhadap diri sendiri menjadi hal yang penting untuk kita lakukan. Hal ini dikarenakan ketika kita memberikan apresiasi pada diri, kita akan menjadi lebih bersemangat serta…

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau kesiapan Atta Halilintar bersama #TeamAshiap mengikuti Blackstone Live Modz 2022 'Perang Bintang' OLX…