Covid-19 Hajar Habis Bisnisnya, Susi Pudjiastuti: Memang Saya Terlahir Harus Bekerja Keras, Kalau Saya Lemah Ya Saya Hancur

Oleh : Candra Mata | Selasa, 26 Mei 2020 - 15:03 WIB

Susi Pudjiastuti Menangis saat Sertijab Menteri Kelautan (dok Detikcom)
Susi Pudjiastuti Menangis saat Sertijab Menteri Kelautan (dok Detikcom)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menanggapi dampak Covid-19 terhadap industri penerbangan, dikatakan Susi Pudjiasturi, saat ini kondisi berbagai maskapai sangat berat karena mengakibatkan tertundanya traveling dan rute penerbangan yang dihentikan.

“Kalau airlines dengan Covid ini sangat berat sekali. Karena orang malas traveling, Tapi kalau perikanan saya yakin akan pulih walaupun bertahap. Saya melihat laut pangan yang tidak ada sampah, jadi mudah-mudahan ikannya tambah banyak, masyarakat juga bisa kerja,” katanya dilansir dari video live instagram IDX beberapa waktu lalu. 

Meski demikian, Susi merasa bahwa disaat wabah virus covid-19 sekarang ini membuat kehidupan bisnis yang dikembangkannya menyentuh fase terburuk.

“Sekarang saya sangat down. Jika dilihat dari segi ekonomi, penerbangan berhenti, karyawan kita tidak mungkin dirumahkan semua. Pesawat juga harus dimaintance, kalau tidak jadi besi tua. Tapi kalau bisnis sekarang ini, dalam kehidupan karier saya yang paling jelek ya sekarang ini. Tetapi kita tidak bisa juga nangis setiap hari, harus bangkit,” tandasnya.

“Saya melihat para pengusaha sekarang harus konsolidasi harus saving money untuk bisa bertahan. Kita jangan berpikir bahwa WFH atau PSBB adalah sebuah break atau liburan yang setelah ini dibuka semua akan sama saja seperti dulu,” tambahnya.

Bagi Susi, di tengah pandemi dan kebijakan WFH ini masyarakat dapat mengubah personal habit dan attidtudenya. Cara membawa diri dalam kehidupan sehari-hari juga harus berubah, karena Covid ini belum ada vaksin dan juga belum ada obat yang terbukti. Jadi masyarakat diimbau selalu waspada.

“Nanti saat kita memasuki fase The New Normal, personal higienic akan menjadi hal yang sangat utama. Kedua, disiplin diri dan mawas diri at all time. Kalau melakukan kegiatan diluar, anda harus hati-hati, cuci tangan sesudah dan sebelum, kemudian jaga jarak, tidak lagi ada pshiycal hangout di café dan bar lagi, tidak ada lagi big crowd, meeting of party,” kata Susi.

Melakukan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan Kementerian Kesehatan memang sangat diperlukan disaat pandemi ini. 

“Bahwa hal ini harus dilakukan, karena kalau tidak dilakukan lalu anda tertular atau menularkan ke yang lain, kemudian anda pulang lalu anda membawa virus itu ke keluarga anda,” imbuh Susi

Susi meminta agar masyrakat Indonesia mematuhi protokol kesehatan yan telah ditetapkan agar pandemi ini segera berhasil. Dan dengan adanya pandemic ini, ia berharap agar masyarakat terus bekerja keras.

“Saya terlahir memang harus bekerja keras, saya tidak punya pilihan. Kalau saya lemah, ya saya hancur. Saya harus protect, harus menjaga agar kita bisa terus berjalan. Karena kalau berhenti ya bahaya, sekarang cashflow kita juga sangat berbahaya di tengah covid-19. Kita juga harus memotong semua pengeluaran pribadi, rumah, and everything,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Pegadaian (Persero)

Jumat, 10 Juli 2020 - 13:07 WIB

Agen Komunitas dan Agen Prioritas Jadi Strategi Pegadaian Perluas Akses Produk dan Layanan

Pertumbuhan jumlah agen pegadaian yang signifikan tersebut menjadi salah satu pondasi Pegadaian meraih kinerja yang berkelanjutan.

KEK Mandalika (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 10 Juli 2020 - 13:05 WIB

ITDC Siap Sambut Implementasi New Normal Pariwisata

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB,…

Asetku Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis COVID 19

Jumat, 10 Juli 2020 - 12:58 WIB

Asetku Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis COVID 19

Asetku bersama Lender retail/individual menyerahkan bantuan untuk tenaga medis berupa alat pelindung diri untuk tenaga medis yaitu 1.400 pcs hazmat suit, 1.200 pcs face shield, 1.300 pcs masker…

Main Dealer Sepeda Motor Honda

Jumat, 10 Juli 2020 - 12:15 WIB

Hebat, Main Dealer Sepeda Motor Honda PT Wahana Makmur Sejati Miliki SMK Binaan ke 56

Peresmian Laboratorium Honda yang didukung langsung oleh PT. Astra Honda Motor serta disaksikan dinas pendidikan Jakarta Selatan ini menambah jumlah SMK binaan Wahana di Jakarta dan Tangerang.…

Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)

Jumat, 10 Juli 2020 - 12:00 WIB

Berwisata ke Danau Toba Segera Dipermudah Berkat Adanya Tol Kuala Tanjung-Parapat

Disamping meningkatkan konektivitas antar destinasi wisata dengan melakukan preservasi dan pelebaran jalan lingkar Pulau Samosir, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah…