Digilas COVID-19, Perusahaan Raksasa Rental Mobil Asal AS Ini Bangkrut

Oleh : Hariyanto | Senin, 25 Mei 2020 - 13:03 WIB

Rental mobil Hertz (ist)
Rental mobil Hertz (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan raksasa rental mobil asal Amerika Serikat, Hertz Global Holdings Inc mengajukan permohonan pailit atau bangkrut di AS dan Kanada. Hal tersebut terjadi karena selama pandemi COVID-19 bisnis penyewaan mobil hancur dan Hertz gagal mendapatkan kucuran kredit.

Dikutip dari Reuters, Senin (25/5/2020) menyebutkan, manajemen Hertz telah menyetujui perusahaan untuk mengajukan pernyataan kebangkrutan ke pengadilan di Delaware.

Selama ini pendapatan terbesar Hertz adalah dari penyewaan mobil di bandara. Namun akibat pandemi COVID-19, bandara dan maskapai tidak beroperasi sehingga berdampak pada operasional rental.

Dengan cashflow yang macet, Hertz masih harus menyelesaikan utang sebesar US$ 19 miliar dan menanggung sebanyak 38.000 pegawai di seluruh dunia.

Salah satu perusahaan mitra Hertz yakni Estero yang berbasis di Florida juga terdampak pandemi ini. Perusahaan tersebut juga telah melakukan pembicaraan dengan para kreditor untuk restrukturisasi kredit yang jatuh tempo pada bulan April 2020.

Nilai aset kendaraan yang dimiliki Hertz pun terus merosot akibat pandemi. Meskipun demikian, perusahaan ini memiliki opsi untuk menjual 30.000 mobilnya dalam satu bulan untuk mendapatkan dana segar US$ 5 miliar.

Akibat kondisi kritis tersebut, CEO Hertz Paul Stone telah memutuskan untuk memberhentikan 10.000 pegawai. Selain itu utang yang sangat besar juga turut menekan kondisi perusahaan. Saat ini, Hertz juga memiliki kredit bank, obligasi yang berpotensi gagal bayar dengan kondisi seperti ini.

Namun, Stone meyakini, Hertz tak akan bangkrut jika berhasil mendapatkan kredit atau bantuan keuangan dari pemerintah AS. Pasalnya, pemerintah AS juga mulai memberikan stimulus kepada perusahaan-perusahaan besar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 14 Juli 2020 - 06:06 WIB

Hore...IHSG Diperkirakan di Zona Hijau

Secara teknikal sendiri IHSG membentuk pola wedge pattern dengan 2 kemungkinan. Saat ini bergerak mencoba pada track positif yakni bullish trend line jangka menengah sebagai konfirmasi momentum…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Selasa, 14 Juli 2020 - 06:00 WIB

Direktur Latihan Bakamla RI Arahkan Personel Special Response Team (SRT)

Sebelum Pelatihan dan Pembinaan Aspek Dasar Laut bagi Personel yang tergabung dalam Special Response Team (SRT) yang secara resmi akan dibuka Selasa (14/7/2020), terlebih dahulu Direktur Latihan…

Satgas Yonif 125 Berikan Pelayanan Kesehatan kepada Warga Perbatasan

Selasa, 14 Juli 2020 - 05:30 WIB

Satgas Yonif 125 Berikan Pelayanan Kesehatan kepada Warga Perbatasan

Kehadiran Satuan Tugas Batalyon Infanteri 125/Simbisa (Satgas Yonif 125/SMB) di wilayah perbatasan harus senantiasa bermanfaat bagi warga sekitar, terutama dalam membantu memberikan pelayanan…

BaksosKors Marinir Terkait Peanggulangan Wabah Covid-19

Selasa, 14 Juli 2020 - 04:30 WIB

BaksosKors Marinir Terkait Peanggulangan Wabah Covid-19

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., membuka secara resmi bakti sosial (Baksos) Korps Marinir TNI AL di Desa Tambak Cemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Senin (13/07/2020)

Denkavud Satuan Siap Berkuda Kavelari Setiap Saat

Selasa, 14 Juli 2020 - 04:00 WIB

Denkavud Satuan Berkuda Kavelari Siap Setiap Saat

Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Brigjen TNI Wawan Ruswandi, S.I.P., M.Si., melaksanakan kunjungan kerja ke satuan Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud), Parongpong dalam rangka bertatap…