Saat Sri Mulyani Sebut Kesehatan dan Ekonomi Ibarat Bayi Kembar Siam

Oleh : Ridwan | Minggu, 24 Mei 2020 - 17:05 WIB

Sri Mulyani
Sri Mulyani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggambarkan kondisi kesehatan dan ekonomi ibarat bayi kembar siam yang tak terpisahkan. Menurutnya, tanpa kesehatan, ekonomi pun tidak akan ada.

Melalui akun Instagramnya (@smindrawati), menteri petahana ini menjelaskan hal tersebut menjadi alasan pemerintah mengunci anggaran sebesar Rp 75 triliun untuk kesehatan, sebagai langkah pertama dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Tidak ada trade-off (pertukaran) antara kesehatan dan ekonomi. Keduanya ibarat bayi kembar siam yang tidak dapat dipisahkan. Maka, kalau tidak ada kesehatan, tidak ada ekonomi. Begitu juga sebaliknya", ujarnya, seperti dikutip Minggu (24/5/2020).

"Itu sebabnya, pada saat terjadi pandemi, langkah pertama pemerintah adalah mengunci terlebih dahulu dana Rp 75 triliun khusus untuk kesehatan/ penyelamatan masyarakat dari Covid-19", lanjutnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, salah satu tugasnya sebagai bendahara negara adalah bertanggung jawab dalam formulasi kebijakan. Karenanya, Ia bersedia mendengar berbagai pandangan dan aspirasi di luar domain fiskal yang berdampak terhadap keuangan negara.

Adapun dirinya mengapresiasi seluruh masukan yang sudah diberikan hingga saat ini, yang akan dijadikan pertimbangan dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 terkhusus untuk reformasi di bidang kesehatan.

Selain itu, Sri Mulyani juga turut menyampaikan rasa kagumnya kepada seluruh tenaga medis atas dedikasi dan pengorbanan yang diberikan dalam melawan Covid-19. Ia juga menyampaikan rasa sedih dan belasungkawa terhadap tenaga medis yang telah gugur dalam melaksanakan tugas.

Meski berat, Ia berharap tenaga medis tak padam semangatnya dalam memerangi Covid-19. Menurutnya, semangat tersebut lah yang akan menjadi sinyal harapan bagi masyarakat.

"Kepada seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan yang ada di garis depan, saya dapat merasakan beratnya hari-hari yang dihadapi. Namun, jangan menyerah, dan teruslah menyuarakan semangat untuk melawan Covid-19 karena semangat untuk melawan adalah sinyal harapan bagi seluruh masyarakat", tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…