Halofina-Rumah Zakat Informasikan Financial Planning Class Bantu Peningkatan Literasi Keuangan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 24 Mei 2020 - 07:00 WIB

Halofina-Rumah Zakat Informasikan Financial Planning Class Bantu Peningkatan Literasi Keuangan
Halofina-Rumah Zakat Informasikan Financial Planning Class Bantu Peningkatan Literasi Keuangan

INDUSTRY.co.id - Bandung–  Perkembangan keuangan syariah di Indonesia saat ini dinilai memiliki pertumbuhan yang menjanjikan. Berdasarkan Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia (LPKSI) 2018, Indonesia menduduki peringkat 8 di dunia sebagai Negara dengan Keuangan Syariah Terdepan, dengan total aset USD 82 miliar pada tahun 2017.

Sedangkan dilihat dari Indeks Finansial Islami (Islamic Financial Index), Indonesia mengalami peningkatan dalam 2 komponen, diantaranya pada indeks tanggung jawab sosial (CSR) dan pengetahuan & kesadaran (Knowledge) di 2019. Indeks Finansial Islami ini dikeluarkan oleh Thomson Reuters memiliki lima komponen dalam mengukur kesehatan dan pertumbuhan keuangan syariah di seluruh dunia secara keseluruhan, yaitu pengembangan kuantitatif, pemerintahan, tanggung jawab sosial, pengetahuan dan kesadaran.

Namun disisi lain, masih banyak masyarakat Indonesia yang minim pengetahuan mengenai keuangan dan produknya (atau biasa disebut literasi keuangan) dan hal ini membuat masyarakat mudah tertipu ataupun terjebak dalam angan-angan kosong atas kemudahan dan imbal balik dari produk keuangan yang ditawarkan.

Menurut hasil survey yang dilakukan OJK pada tahun 2019, terdapat gap yang sangat besar, dimana indeks literasi keuangan di Indonesia sebesar 38,3% 76,19%. Di negara tetangga, indeks literasi selalu lebih tinggi dibanding inklusi dan sudah mencapai angka 80%.Gap initentunya berpotensi memunculkan perilaku konsumtif dan cerminan dari pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia yang kurang baik

“Ramadhan adalah bulan dimana kita membuktikan wujud syukur, pada setiap kesempatan yang berlipat-lipat. Kebajikan adalah rasa syukur, berbagi adalah rasa syukur, menata hidup untuk lebih bijak adalah rasa syukur. Dengan adanya program Sharia Financial Planning Class diharapkan dapat membantu banyak orang untuk membuktikan wujud syukur, dari mulai berbagi hingga menata hidup dengan cara membuat perencanaan keuangan. 100% hasil penjualan tiket ini akan didonasikan melalui Rumah Zakat sebagai lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak dll harapannya partisipan yang mengikuti program ini menjadi kesempatan untuk belajar perencanaan keuangan dan juga untuk berdonasi,” Ungkap Adjie Wicaksana, CEO & Co-Founder Halofina dalam siaran persnya, Sabtu (23/5/2020)

Halofina sebagai Digital Financial Advisory ingin membantu pemerintah untuk memperbaiki gap ini, salah satunya melalui program “Sharia Financial Planning Class”.  Melibatkan 2 narasumber senior yang ahli di bidang keuangan yaitu Mohammad Teguh selaku Financial Expert Halofina & Eko Pratomo selaku Chairman & Co-Founder Halofina, program ini dibuat dengan tujuan agar masyarakat dapat mengelola keuangannya dengan baik, sesuai dengan nilai-nilai syariah.

Tidak hanya itu, Halofina dan Rumah Zakat turut mengundang 5 Guest Star yaitu Adrian Maulana (Public Figur & Praktisi Investasi) Teuku Wisnu (Public Figure), Nur Efendi (CEO Rumah Zakat), Zee Zee Shahab & Prabu Revolusi (Public Figur), dan  Arief Mediadianto (VP Syariah Investree) untuk turut meramaikan dan memberikan pengalamannya seputar tema keuangan yang diangkat pada program ini.

“Mengatur Keuangan bukan hanya penting untuk suatu perusahaan tapi juga penting untuk keluarga, karena sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita. Yang terpenting berdasarkan Al-qur’an dan sunahnya yang mana semua yang ada didunia ini sudah di atur semuanya di dalam Al-Qur’an dan agama islam, tergantung bagaimana kita mencari ilmunya dan kita terapkan di dalam keluarga kita” Ungkap Teuku Wisnu, Public Figur dan juga guest star pada Sharia Financial Planning Class.

Momentum Stay at Home dan Bulan Ramadhan kami yakini sebagai momentum yang tepat untuk menumbuhkan nilai-nilai keuangan syariah bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas adalah muslim. Dengan kondisi saat ini yang serba terbatas, Halofina dan Rumah Zakat berharap program ini menjadikan seluruh partisipan untuk tetap produktif walaupun di rumah aja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerbang Tol Cikampek

Kamis, 29 Oktober 2020 - 15:05 WIB

Wow! Lebih dari 300 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Saat Cuti Bersama

Jasa Marga┬ámencatat sedikitnya 336.929 unit kendaraan meninggalkan Jakarta selama dua hari libur cuti bersama dan Maulid Nabi 1442 H (27-28 Oktober 2020). Volume lalu lintas yang meninggalkan…

Anteraja Ekspansi Garap Pasar Traveller

Kamis, 29 Oktober 2020 - 15:00 WIB

Anteraja Ekspansi Garap Pasar Traveller

Anteraja, perusahaan jasa pengiriman barang berbasis teknologi di bawah PT Tri AdiBersama,terus melakukan terobosan baru dalam bidang logistik terintegrasi. Bekerja sama denganPT Angkasa Pura…

Menlu Retno Marsudi (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 29 Oktober 2020 - 14:15 WIB

Giring AS Tingkatkan Investasi, RI Tawarkan Pulau Terluar

Indonesia dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk memperkuat kerja sama di tengah pandemi covid-19. Sehingga, pemulihan ekonomi kedua negara semakin cepat.

Samsung Galaxy Note20 Series yang merupakan penyempurnaan Kemampuan Kerja Galaxy Note10 Series. (Foto: Samsung.com)

Kamis, 29 Oktober 2020 - 13:17 WIB

Kinerja Galaxy Note10 Series Kini Disempurnakan Samsung Galaxy Note20 Series

Jakarta - Peluncuran dua varian Samsung Galaxy Note20 Series beberapa waktu lalu menandai peningkatan kemampuan kerja sebuah perangkat phablet keluaran PT Samsung Electronics Indonesia dibandingkan…

Ahyudin, Ketua Dewan Pembina ACT/Presiden Global Wakaf bicara pentingnya pangan

Kamis, 29 Oktober 2020 - 11:50 WIB

Wakaf Perkuat Kedaulatan Pangan Masyarakat

Wakaf Pangan menjadi kekuatan energi pangan Bangsa Indonesia, dengan wakaf ini produksi pangan dapat didistribusikan ke masyarakat kecil ataupun yang mengalami bencana.