Empat Kategori Favorit Alami Lonjakan Selama Puncak Big Ramadhan Sale

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Mei 2020 - 11:00 WIB

Handhika Jahja Direktur Shopee Indonesia
Handhika Jahja Direktur Shopee Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta -- Shopee, perusahaan e-commerce perusahaan terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, mencatatkan kategori Pakaian Muslim, Perlengkapan Rumah, Makanan & Minuman, dan Kebutuhan Ibu & Bayi mengalami kenaikan transaksi 4 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

Perubahan pola perilaku serta gaya hidup masyarakat sudah terlihat pada Ramadhan kali ini mulai dari cara bekerja, kegiatan usaha hingga tren belanja online. Di tengah situasi pandemi COVID-19, penjual serta mitra brand berupaya mengembangkan usaha dalam kanal online dan di saat yang sama, masyarakat memilih belanja online sebagai destinasi utama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sehubungan dengan diberlakukannya kebijakan social distancing selama bulan Ramadhan tahun ini, kampanye Big Ramadhan Sale bertujuan untuk memberikan akses yang lebih baik lagi ke berbagai kebutuhan esensial melalui #ShopeeDariRumah, dengan cara memberikan fasilitas yang dapat menghubungkan mitra brand maupun penjual kepada para pengguna. Sebagai bentuk nyata dari inisiatif tersebut, mitra brand dan penjual yang menawarkan produk gamis, masker, dan baju koko selama Ramadhan menjadi produk paling dicari selama kampanye berlangsung.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia menyampaikan apresiasi atas partisipasi pengguna selama rangkaian kampanye Big Ramadhan Sale, “Kami berterima kasih atas antusiasme dan kesetiaan para pengguna dalam memilih Shopee sebagai destinasi untuk berbelanja online sekaligus berbagi di bulan Ramadhan. Pencapaian terbaru kami dengan adanya 4 kategori favorit yang mengalami peningkatan sebesar 4x lipat dibandingkan hari biasa, turut menjawab komitmen kami dalam melaksanakan tugas dan fungsi sosial secara optimal dalam menyediakan kebutuhan pengguna. Hasil yang luar biasa ini juga tidak luput dari dukungan mitra brand dan para penjual yang telah berpartisipasi.”

Shopee telah mengamati beberapa tren e-commerce dalam beberapa waktu terakhir mendekati bulan Ramadhan dimana tercatat lebih dari 10 juta chat per hari yang berlangsung di fitur Shopee Live Chat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cenderung lebih sering membeli, menjual serta berinteraksi secara online di tengah upaya social distancing. Tidak hanya itu, selama Ramadhan tercatat 40% transaksi menggunakan ShopeePay.

Selama kampanye berlangsung, Shopee memberikan penawaran dan keuntungan terbaik dalam periode yang lebih lama, seperti Shopee Tanam dengan Total Hadiah THR 10 Miliar, Gratis Ongkir XTRA untuk toko bertanda khusus, dan Pasti Diskon 50% yang dapat dinikmati oleh para pengguna. Terlihat antusiasme pengguna melalui in-app game Shopee Tanam THR dimana terdapat lebih dari 90 juta pohon yang telah berhasil ditanam hingga 15 Mei kemarin.

Selain kemeriahan belanja, Shopee sekaligus mengumumkan total zakat dan donasi dari para pengguna yang akan disalurkan melalui BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan Benihbaik. Sebanyak Rp 730,063,429 dana telah terkumpul sejak kampanye Big Ramadhan Sale dimulai hingga tanggal 15 Mei. Sebagian dari total donasi yang terkumpul digunakan oleh BAZNAS untuk berbagi dengan ribuan mustahik di Jabodetabek. Sedangkan sebagiannya lagi disalurkan melalui BenihBaik, termasuk dalam program Dukungan Sembako untuk COVID-19’ untuk membagikan kebutuhan sembako bagi orang yang tidak dapat melakukan kegiatan ekonomi di tengah pandemi ini.

M. Arifin Purwakananta, Direktur Utama BAZNAS mengatakan, “Kami senantiasa membuka berbagai peluang baik demi terealisasinya komitmen kami untuk dapat selalu berbagi dengan sesama. BAZNAS sudah menjalankan kolaborasi bersama Shopee sejak Ramadhan  beberapa tahun lalu hingga saat ini, dan telah menerima antusiasme yang sangat positif dari para pengguna Shopee. Hasil pembayaran Zakat Fitrah dan Donasi melalui Shopee, kami salurkan ke ribuan mustahik di berbagai wilayah di Jabodetabek. Kami senang dapat selalu memberikan akses secara luas kepada masyarakat, khususnya pengguna Shopee yang ingin berbagi kebaikan terhadap sesama hingga saat ini. Kami berharap inisiatif baik ini dapat terus terlaksana, guna memberikan dampak positif di kemudian hari.”

Setelah pencapaian yang tercatat hingga hari puncak kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah yang berlangsung pada 15 Mei lalu, pengguna masih bisa menikmati kampanye ini hingga 25 Mei, juga sekaligus berkesempatan untuk tetap berbagi kebaikan melalui pembayaran Zakat Fitrah dan Donasi hingga akhir Mei 2020. Adanya inisiatif Shopee dengan menghadirkan kampanye Big Ramadhan Sale di setiap tahunnya, diinisiasi sebagai upaya Shopee dalam menjadi destinasi belanja online pilihan masyarakat Indonesia di segala momentum spesial untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play, dan aktifkan ShopeePay

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…